Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya, Kota Bandung mungkin sering dijadikan tujuan kota wisata, yang banyak memiliki destinasi unik dan kuliner khas yang legendaris. Tidak hanya terkenal dari destinasi dan wisata kulinernya, Bandung juga memiliki daftar oleh-oleh khas Bandung yang selalu menjadi incaran para wisatawan.

Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Udara yang sejuk dan struktur kota yang sudah mulai rapi, membuat Kota Bandung selalu menjadi salah sau tempat favorit, untuk melepas penat. Maka tak heran jika banyak warga Jabodetabek yang sering memadati Kota Kembang ini, ketika weekend tiba.

Tidak hanya itu, banyak juga para wisatawan yang kemudian kembali untuk berkunjung, karena beberapa oleh-oleh khas Bandung yang legendaris, mungkin tidak bisa ditemukan di kota lain.

Maka tak heran, jika banyak toko oleh-oleh khas Bandung yang selalu dipenuhi antrian para wisatawan. Apa kamu termasuk salah satu orang yang wajib banget nenteng oleh-oleh ketika berkunjung ke kota baru?

Deretan Oleh-oleh Khas Bandung

Nah, daripada bingung mau membawakan oleh-oleh apa, untuk keluarga di rumah, lebih baik intip beberapa oleh-oleh khas Bandung paling hits, enak, dn murah, ang paling direkomendasikan, berikut ini:

1. Batagor Kingsley

Batagor Kingsley - Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Oleh-oleh khas Bandung yang pertama ada Batagor Kingsley. Siapa sangka, jajanan yang sering kita temukan dipinggir jalan ini, ternyata adalah jajanan khas Bandung yang sering dijajakan untuk oleh-oleh.

Namun, bukan batgor biasa, Batagor Kingsley ini tentunya memiliki rasa yang berbeda, dari batagor pada umumnya. Pasalnya, batagor ini bukan hanya sekadar adonan tepung yang digoreng, akan tetapi adanya tambahan ikan yang membuat aroma dan rasa menjai sangat khas dan gurih.

Nah, buat kamu yang ingin menjadikan batagor ini sebagai oleh-oleh, kamu bisa take away yang belum digoreng. Sehingga kamu bisa menggoreng sendiri di rumah, agar lebih fresh.

Harga: Rp13.500 per biji
Alamat: Jl. Veteran No.25. Veteran, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, kecuali Kamis, 08.00-20.00
Peta menuju lokasi: Google Maps Batagor Kingsley

2. Kue Soes

Kue Soes - Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Tahukah kamu, kue soes ternyata telah menjadi oleh-oleh khas Bandung. Dimana toko kue soes paling legendaris di Bandung adalah toko Soes Merdeka Badranaya.

Toko kue soes yang berdiri sejak tahun 1918 ini, ternyata dahulunya dikelola oleh seorang Belanda bernama Menner Van Grafhorst. Namun, pada tahun 1969, toko kues soes ini berubah nama menjadi Soes Merdeka, dan diteruskan oleh para karyawan terdahulu.

Rasa kue soes ini pun tetap konsisten, dan tidak berubah, dengan isian berwarna putih susu, serta rum yang harus dan sangat khas.

Harga: Rp.36 ribu per pak (Soes Mini)
Alamat: Jl. Merdeka No.27, Bandung.
Jam buka: Setip hari, 07.00-21.00 WIB
Peta menuju lokasi: Google Maps Kue Soes Merdeka

3. Bolu Bakar

Bolu Bakar - Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Berbeda dengan brownies, bolu bakar yang menjadi oleh-oleh khas Bandung ini, juga sangat digemari para wisatawan. Untuk toko bolu bakar yang terkenal di Bandung, adalah Bolu Bakar Tunggal.

Namun, bolu bakar ini memang sangat nikmat jika dimakan hangat-hangat. Namun, jika untuk dijadikan oleh-oleh, kamu bisa menghangatkannya kembali di rumah, tanpa mengubah rasanya.

Di toko bolu bakar ini juga tesedia rasa dan isian bolu bakar, yakni dalam rasa manis dan gurih. Selain itu, bolu bakar khas Bandung juga terbilang langka, karena sulit ditemukan di kota lain.

Harga: Rp40 ribu (tergantung isian)
Alamat: Jl. Jendral Sudirman, No.570-574, Bandung
Peta menuju lokasi: Google Maps Bolu Bakar

4. Tahu Susu

Tahu Susu - Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Bukan sekadar tahu, tahu susu yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Dimana tahu ini sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas Bandung, yang paling dicari.

Terbuat dari kedelai berkualitas unggul dan susu sapi murni, sehingga membuat tahu ini terasa gurih dan lembut. Untuk oleh-oleh, kamu juga bisa membeli tahu yang masih mentah, dan digoreng ketika di rumah.

Harga: Mulai Rp15 ribu / 10 biji (matang)
Alamat: Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Bandung Barat.
Peta menuju lokasi: Google Maps Tahu Susu

5. Tape Singkong/Peuyeum

Tape Singkong Peuyeum - Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Biasa disebut tape singkong, peuyeum juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Bandung yang sangat legendaris. Meski sudah banyak dijual selain di kota Bandung, peuyeum singkong di Bandung ternyata memiliki tekstur yang lebih lembut.

Tidak hanya bisa dimakan langsung, karena memiliki rasa yang manis dan asam. Peuyeum juga bisa dijadikan bahan dasar membuat makanan lain, seperti bolu, gorengan, biji salak, dan lain-lain.

Harga: Mulai Rp10ribu-Rp20 ribu per kotak
Alamat: Bisa ditemukan di pasar tradisional atau sentra oleh-oleh terdekat di kota Bandung.
Peta menuju lokasi: Google Maps Tape Singkong / Peuyeum

6. Brownies Kukus

Brownies Kukus - Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Oleh-oleh khas Bandung yang sudah sangat terkenal ini adalah Brownies Kukus dan Panggang Amanda. Memiliki tekstur yang sangat lembut, dengan rasa manis yang pas, membuat brownies yang satu ini, selalu menjadi buah tangan wajib, ketika berkunjung ke Bandung.

Namun, kini Amada Brownies juga menawarkan beragam rasa baru yang sangat bervariasi. Mulai dari rasa keju, blueberry, cookies, hingga kopi.

Harga: Mulai Rp30 ribu-Rp50 ribu
Alamat: Jl. Rancabolang No.29, Margahayu Raya, dan masih banyak cabang yang bisa kamu temukan di Kota Bandung.
Peta menuju lokasi: Google Maps Brownies Kukus

7. Pisang Bollen

Pisang Bolen - Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Sangat hits dikalangan para wisatawan, bolu bollen juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Bandung paling terkenal. Dari sekian banyak merek, pisang bollen Kartika Sari adalah bollen yang paling populer.

Sudah ada sejak tahun 1970, pisang bollen Kartika Sari, selalu menggunakan resep turun temurun, sehingga selalu menciptakan rasa yang konsisten. Berbagai varian raa pun tersedia, seperti rasa keju, cokela, dan durian.

Harga: Mulai Rp50 ribu – Rp65 ribu / 10 roti pisang bollen
Alamat: Jl. H. Akbar. No.4, Kebon Kawung
Peta menuju lokasi: Google Maps Pisang Bollen

8. Cireng

Cireng - Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Oleh-oleh khas Bandung yang tak kalah hits berikutnya adalah cireng. Makanan yang terbuat dari tepung kanji ini, biasanya dinikmati denga sambal rujak pedas, atau bumbu kacang.

Namun, isian cireng kini semakin beragam dan selalu berinovasi. Mulai dari cireng isi keju, daging ayam, jamur, sosis dan lain-lain. Meski cireng kini tidak hanya dijual di Bandung, namun tidak ada salah jika kamu membeli cireng yang memiliki rasa yang sudah pasti lezat, langsung di Bandung seperti cireng Kamsia, Cipaganti, dan lain-lain.

Harga: Mulai Rp15 ribu hingga Rp25 ribu per pcs
Alamat: Jl. Pajajaran, Husen Sastranegara, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. (Cireng Kamsia)
Jam Buka: 10.00-17.00 WIB
Peta menuju lokasi: Google Maps Cireng Kamsia

9. Seblak

Seblak - Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Berbahan dasar kerupuk, makanan hits seblak ini ternyata berasal dari Bandung lo. Sehingga, seblak juga masuk ke dalam daftar oleh-oleh khas Bandung yang paling hits, enak, dan murah.

Bukan dimakan kering, kerupuk seblak merupakan makanan dari kerupuk basah yang dioleh dengan bumbu pedas, ditambah dengan kencur yang beraroma khas. Biasanya, seblak juga sering diberi tambahan makanan lainnya, seperti sayur, telur, daging, sosis, dan lain-lain.

Nah, untuk kamu yang mau dibawa untuk oleh-oleh, kamu bisa bisa membeli seblak mentah yang sudah dikemas. Sehingga, kamu bisa menyeduh atau memasaknya di rumah.

Harga: Mulai Rp10 ribu – Rp20 ribu (seblak mentah instan)
Alamat: Bisa ditemukan di beberapa toko oleh-oleh Bandung
Peta menuju lokasi: Google Maps Seblak Maleber

10. Surabi

Surabi - Oleh-oleh Khas Bandung Paling Hits, Enak dan Murah

Kuliner asal Bandung yang sering dijadikan oleh-oleh khas Bandung lainnya adalah surabi. Memiki cita rasa yang gurih, ditambang dengan kuah gula merah dan santan yang kental, membuat kue ini sangat dinikmati, ketika malam hari dan hujan.

Namun, sekarang topping surabi tidak hanya dengan kuah gula merah saja, karena kini tersedia beragam varian rasa surabi, mulai dari surabi keju, coklat, greentea, abon, telur, dan masih banyak lagi.

Harga: Mulai Rp7 ribu-Rp20 ribu per porsi (tergantung topping)
Alamat: Jl. Setiabudi, No.137, Bandung (Surabi Enhaii)
Peta menuju lokasi: Google Maps Surabi Enhaii

Bandung memang memiliki beragam kuliner oleh-oleh yang sangat beraneka ragam. Jika kamu berniat jalan-jalan ke Bandung dan belum memiliki kartu kredit yang menawarkan berbagai diskon menarik, segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu hanya melalui situs CekAja!