Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Panduan Belanja untuk Menghemat Biaya Umroh

by Ariesta on 5 Januari, 2017

umroh murah - CekAja.com

Apakah salah satu resolusimu tahun ini berangkat umroh? Kalau iya, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya secara matang.

Jangan pikir saat kamu sudah melunasi biaya umroh, persiapan umrohmu selesai. Sebab, kamu juga harus mempersiapkan bujet lain seperti belanja persiapan dan oleh-oleh. Untuk kamu yang hendak berangkat Umroh tahun 2017, berikut panduan belanja untuk menghemat biaya umroh.

Sebelum berangkat

Setidaknya kamu harus membeli barang-barang berikut:

  1. Perlengkapan ibadah berupa: mukena, tasbih digital (karena lebih praktis), kain ihram, dan sajadah. Untuk sajadah bawalah yang tipis saja karena seluruh masjid sudah dilengkapi oleh sajadah.
  2. Masker menjadi benda wajib sejak tahun 2014 karena kemungkinan penyakit MERS yang menyerang jamaah menular melalui udara.
  3. Payung, kacamata hitam, dan sarung tangan untuk melindungi tubuh dari panas menyengat.
  4. Celana dalam sekali pakai karena praktis dan tidak perlu dicuci. Namun Anda juga wajib membawa pakaian dalam dari katun.
  5. Pelembap kulit dan sunblock. Udara yang kering dan suhu ekstrem di malam hari membuat kulit kering dan pecah-pecah.
  6. Longjohn merupakan baju dalaman yang dipakai di musim dingin. Kamu wajib membawa ini jika umroh di musim dingin.
  7. Tas pinggang untuk menaruh barang-barang berharga.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas.jpg

Barang-barang tersebut bisa didapatkan di toko-toko keperluan Haji dan Umroh. Biasanya setiap kota punya area khusus, misalnya pasar Tanah Abang di Jakarta dan Empang di Bogor. Jika umroh bersama keluarga, kamu bisa mendapatkan harga lebih murah karena membeli dalam jumlah banyak sehingga bisa ditawar. (Baca juga: Ini Fasilitas Pemerintah yang Bisa Kamu Gunakan Agar Bisnis Lebih Untung)

Selama umroh

Orang Indonesia terkenal suka belanja. Tidak terkecuali saat sedang melaksanakan ibadah haji dan umrah. Di sekitaran Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, banyak sekali tempat perbenlanjaan mulai dari kaki lama sampai mal besar.

Berikut tips jika ingin berbelanja selama umroh.

  1. Kenali benar perbedaan uang 50 riyal dan 500 riyal. Sekilas uang ini tampak sama namun sebenarnya warnanya beda. Ketika kamu berbelanja 50 riyal tapi menyodorkan 500 riyal dan penjual tidak memberikan kembalian, kamu sudah melakukan pemborosan tanpa disadari.
  2. Sebelum belanja, tanya dulu harga pasaran pada pemandumu. Hal ini supaya kamu bisa langsung tahu bahwa penjual mematok harga terlalu tinggi karena tahu kamu seorang turis yang baru pertama kali ke sana.
  3. Jangan khawatir kalau kehabisan riyal. Petugas catering hotel biasanya menerima penukaran. Selain itu money changer dan ATM banyak tersebar. Pastikan kartu debitnya berlogo VISA atau CIRRUS. Untuk makin memudahkan gunakan kartu kredit saat bertransaksi di hotel maupun restoran.
  4. Kalau melihat barang made in Cina atau made in Indonesia, urungan niat untuk belanja dan beli saja di tanah air. Hal ini agar kamu tidak harus membayar kelebihan bagasi.
  5. Jangan ragu menawar. Pedagang di sana sering memberi harga hingga 200 persen lebih mahal karena tahu jamaah Indonesia sangat royal.
  6. Kalau kamu tipe yang senang melihat-lihat tapi suka banyak pertimbangan sebelum membeli, siap-siap dikatai ‘bakhil’ alias pelit saat keluar toko. Untuk yang satu ini, siapkan mentalmu dan cuek saja.

cekaja-dana-tambahan-akhir-tahun-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Sepulang umroh

Bagi orang Indonesia, haji dan umroh belum mabrur rasanya kalau tidak membawa oleh-oleh untuk tetangga dan kerabat. Oleh-oleh ini tidak harus semuanya dibeli di Mekkah atau Madinah karena hanya akan memberatkan koper. Kamu bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga lebih murah di toko khusus oleh-oleh haji.

Berikut alternatif oleh-oleh yang bisa kamu beli.

  1. Kurma
  2. Air zam-zam yang sudah dibagi-bagi dalam botol kecil
  3. Kismis
  4. Peci
  5. Sajadah
  6. Kacang arab
  7. Tasbih
  8. Penghitung dzikir digital

Jika membeli dalam jumlah banyak di toko khusus oleh-oleh, biasanya kamu akan ditawarkan kotak yang isinya mencakup barang dan makanan yang disebutkan di atas. Pastinya lebih praktis dan murah.

Butuh alat pembayaran yang berikan keuntungan saat berpergian ke luar negeri? Daftar kartu kredit terbaik sekarang juga di sini

Tentang Penulis