10 Pantai Terbaik Di Dunia 2021, Wajib Masuk Bucket List!

Tripadvisor, sebuah perusahaan perjalanan online di Amerika, sudah mengumumkan daftar pantai terbaik di dunia 2021. Nah, setiap waktu libur tiba, pasti banyak dari kamu yang memilih pantai, sebagai destinasi liburan untuk melepas penat, bukan?

Dampak Liburan ke Pantai untuk Psikologis

Dari hasil penelitian Washington University dan UC Irvine, liburan ke pantai mampu meningkatkan kreativitas, mengurangi depresi dan kecemasan, serta mengembalikan kesehatan mental.

Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah lain juga menyatakan bahwa pantai sangat baik untuk kesehatan otak dan mental karena membuat perasaan dan pikiran menjadi bahagia, tenang, dan kembali bersemangat.

(Baca Juga: Empat Alasan Mengapa Kamu Butuh Liburan)

Psikolog Richard Shuster, PsyD menjelaskan warna biru air laut ternyata mempengaruhi mengapa banyak orang memilih pantai.

Biru mempunyai efek menenangkan dan damai. Deburan ombak dan suara air laut juga memberikan kenyamanan sistem saraf sehingga orang bisa merasa rileks.

Bukan hanya itu, aroma pantai yang khas juga bisa menyeimbangkan ion negatif di dalam tubuh, lho.

Bahkan literatur lain menyatakan bahwa kecenderungan memilih pantai sebagai destinasi liburan ada kaitannya dengan kepribadian.

Biasanya, mereka yang suka ke pantai memiliki kepribadian ekstrovert atau suka melakukan hubungan sosial dan terbuka.

Christine Maguire, Wakil Presiden Tripadvisor, menyampaikan berdasarkan survei Tripadvisor baru-baru ini bahwa 60 persen wisatawan kemungkinan besar akan melakukan perjalanan pantai pada 2021.

Rekomendasi Pantai Terbaik di Dunia 2021 versi Tripadvisor

Tripadvisor merupakan perusahaan perjalanan online asal Amerika, ulasan mereka sering menjadi rujukan wisatawan dari seluruh dunia.

Berikut Tripadvisor mengumumkan daftar pantai terbaik di dunia secara global, Asia maupun Eropa.

1. Whitehaven Beach, Whitsunday Island

Pantai terbaik di dunia 2021 peringkat pertama jatuh pada Whitehaven Beach yang berada di Whitsunday Island, jaraknya sekitar 10 mil dari daratan negara Queensland.

Pantai ini pernah dianugerahi Pantai Terbersih di Queensland dalam Penghargaan Negara Pantai Bersih Australia Challenge 2008.

Pada Juli 2010, Pantai Whitehaven dinobatkan sebagai Pantai Ramah Lingkungan teratas di dunia oleh CNN.

Adapun penghargaan lainnya adalah Queensland Cleanest Beach 2008 oleh Keep Australia Beautiful dan Pantai Terbaik di Pasifik Selatan oleh situs pencarian traveling terkemuka TripAdvisor dalam kategori Tripadvisor Travellers’ Choice Awards 2015.

Jenis pasir di pantai ini adalah Silica, yang berarti pasir tak hanya berwarna cerah namun juga lembut.

Pantai ini juga terdapat ribuan biota laut. Jika beruntung kamu bisa melihat kura-kura dan lumba-lumba dan ragam biota lainnya saat menjelajahi pulau.

Kebersihan pantai semakin terjaga karena pantai ini memiliki aturan kebersihan yang ketat. Pengunjung dilarang membawa hewan peliharaan dan dilarang merokok di pantai ini.

Wah, gak heran kenapa pantai ini jatuh di peringkat pertama.

2. Australia Santa Maria Beach, Cayo Santa Maria

Pantai terbaik di dunia 2021 peringkat kedua ada pada Australia Santa Maria Beach.

Pulau Santa Maria terletak di lepas pantai utara Kuba dan merupakan bagian dari Kepulauan Taman Raja yang dilindungi oleh UNESCO.

Keindahan pantai lokal dan dunia bawah laut telah membuat pulau ini menjadi resor yang menakjubkan.

3. Cuba Baia do Sancho, Fernando de Noronha, Brazil

Pantai terbaik di dunia 2021 ketiga, Fernando de Noronha merupakan salah satu taman nasional sekaligus destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Brasil.

Taman nasional tersebut dinyatakan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2001 lalu.

Salah satu kepulauan terbaik di dunia kembali dibuka untuk wisatawan yang dinyatakan positif virus Covid-19.

Melansir dari CNN, pihak pengurus kepulauan, Guilherme Rocha, mengatakan untuk saat ini jika ingin mendarat di kepulauan ini wisatawan perlu menunjukkan hasil tes PCR positif.

Hasil tersebut minimal berlaku 20 hari, atau hasil uji serologis yang menunjukkan adanya antibodi terhadap Covid-19.

4. Grace Bay Beach, Providenciales

Penghargaan pantai terbaik di dunia 2021 bukan hanya dinobatkan oleh Tripadvisor untuk Grace Bay Beach.

Perusahaan konsultasi perjalanan wisata, Flight Network juga menobatkan Grace Bay sebagai pantai terindah di dunia.

Pantai yang berada di Kepulauan Turks and Caicos itu mendapat skor tertinggi untuk lima kategori penilaian, yakni; kelestarian alam, lokasi, kualitas pasir dan air, cuaca, dan suhu.

Pantai yang memiliki jumlah 319 hari cerah dan suhu rata-rata 29 derajat Celcius dalam setahun ini terbentang sepanjang 1,6 kilometer di bibir Turks and Caicos.

untuk penilaian tingkat kelestarian alam dan kualitas pasir serta airnya, dari skala 1-10 pantai ini diberi nilai 10!

5. Turks and Caicos Saint Pete Beach, Florida

Pulau ini menjadi pilihan pantai terbaik di dunia 2021 karena dapat memberikan suasana sunyi yang menenangkan, tepatnya di Taylor Bay dan Grace Bay.

Kamu juga bisa menyelam dan berenang untuk mengeksplorasi tebing karang yang indah. Sementara untuk pengantin baru, kamu bisa menemukan tempat sempurna nan romantis untuk berbulan madu.

6. United States Turquoise Bay, Exmouth, Australia

Pantai ini menduduki pantai terbaik di Australia Barat dan merupakan tempat snorkeling terapung bagi perenang dengan kemampuan expert, pemula tidak disarankan langsung mencoba arus air di pantai ini.

Turquoise Bay dianggap menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan sore hari dengan bersantai, berenang, dan snorkeling.

7. Eagle Beach, Aruba

Pantai terbaik di dunia 2021 ini menjadi daya tarik bagi wisatawan di wilayah Aruda, sebab Aruda beriklim kering sehingga wisata pantai sangat digandrungi.

Wilayah pantai ini termasuk dalam Oranjestad, sebuah kawasan yang dikenal memiliki banyak resort di sekitarnya.

Eagle Beach merupakan salah satu pantai terluas di Aruba yang membentang sepanjang 33 km di laut Karibia selatan.

Sahabat Silir bisa menghabiskan sebagian besar waktu dengan melakukan olahraga air di destinasi bahari yang satu ini.

8. Spiaggia dei Conigli, Lampedusa, Italia

Hamparan panjang pasir putih murni dipadukan dengan perairan biru kehijauan membuat pantai ini berhasil mempertahankan keindahannya sebagai pusat dari Riserva Naturale Isola di Lampedusa.

Pantai ini hanya dapat diakses dengan perahu atau berjalan kaki melalui jalan setapak selama 15 menit dari jalan utama.

Spiaggia dei Conigli adalah salah satu dari sedikit tempat di Italia di mana Caretta caretta (penyu tempayan) bertelur, dan dilarang keras berkunjung saat malam hari selama puncak musim bersarang (biasanya antara Mei dan Agustus).

9. Ka’anapali Beach, Hawaii

Panorama yang mempesona menanti kamu di Kaanapali Beach Club, surga resor di negeri yang dianggap memiliki keindahan sempurna.

Terletak di pantai barat Maui, Kaanapali Beach Club sebagai destinasi populer yang wajib dikunjungi wisatawan jika sedang berlibur ke Hawaii.

10. United States Baía dos Golfinhos, Praia da Pipa, Brazil

Pantai terbaik di dunia 2021 terakhir ada di Brazil, adapun ulasan salah satu pengunjung pantai ini, Alessandro Lima, yang dikutip dari laman Tripadvisor,

“Saya melihat banyak lumba-lumba berenang sangat dekat dengan saya! Pantainya sangat bersih dan indah. Saya rasa tidak perlu membeli tiket kapal untuk melihat lumba-lumba. Menurut saya ini adalah pantai terbaik.” ujarnya.

Hasil dari pantai terbaik ini didapat dari kualitas dan kuantitas ulasan lokasi di Tripadvisor. Juga dinilai berdasarkan jumlah pengguna yang ‘menyimpan’ lokasi pantai di akun mereka.

Nah, itu dia ulasan mengenai daftar pantai terbaik di dunia 2021 yang wajib masuk bucket list kamu untuk berlibur.

Daftar pantai terbaik tahun ini ada ada skala internasional, otomatis kamu akan melakukan penerbangan luar negeri.

(Baca Juga: Pengertian Asuransi Perjalanan Cashless dan Reimburse)

Berlibur skala internasional, pastinya kamu membutuhkan asuransi perjalanan untuk memberikanmu keamanan dan kenyamanan selama melakukan perjalanan.

CekAja.com menyediakan berbagai penawaran produk asuransi penerbangan luar negeri menarik.

Di CekAja.com juga kamu bisa langsung mengajukan produk asuransi yang diinginkan dengan premi mulai dari Rp25 ribu saja!

Yuk, tunggu apalagi? miliki asuransi penerbangan luar negeri dari CekAja.com dan nikmati setiap keuntungannya!