Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Pekerjaan Digital Marketing dan Serba-Serbinya yang Perlu Diketahui

by Kyla Damasha on 22 Januari, 2020

Sebagian dari kamu mungkin sudah tidak terlalu asing dengan pekerjaan digital marketing. Seiring dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat saat ini, memang pekerjaan digital marketing menjadi salah satu jenis pekerjaan yang cukup menjanjikan dengan peluang yang begitu luas.

pekerjaan digital marketing

Bagaimana tidak? Hampir sebagian besar aktivitas yang dilakukan oleh seluruh masyarakat di dunia memiliki hubungan yang erat dengan hadirnya internet dan teknologi, dan hal inilah yang mendukung alasan mengapa pekerjaan yang berhubungan dengan kemajuan internet dan teknologi sangatlah menjanjikan.

Sebenarnya, pekerjaan digital marketing itu sendiri tidak hanya bisa dilakukan untuk profesional saja, melainkan juga seorang pemula, namun tentunya dengan pembekalan ilmu yang sudah mumpuni.

Nah, apakah kamu tertarik untuk mempelajari tentang pekerjaan digital marketing lebih dalam lagi? Yuk kita pelajari dulu bersama-sama.

Serba-Serbi Pekerjaan Digital Marketing
Apa itu Digital Marketing?

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya bahwa perkembangan teknologi dan internet yang begitu pesat membuat pekerjaan digital marketing menjadi turut berkembang. Mulai dari beriklan, membangun citra sebuah produk, hingga membangun bisnis sudah dapat dilakukan sepenuhnya secara online.

Bahkan, konsumen pun sudah tidak perlu lagi berbelanja secara konvensional atau datang ke toko secara langsung. Hanya dengan satu buah perangkat teknologi dan koneksi internet, kamu sudah bisa membeli beraneka ragam barang yang kamu inginkan tanpa perlu keluar rumah barang semeter pun.

Lalu, apa sih sebenarnya pengertian dari digital marketing itu? Secara garis besar, digital marketing adalah sebuah aktivitas, usaha, ataupun proses dalam mempromosikan atau mengiklankan produk atau layanan dengan menggunakan media digital (elektronik) untuk dapat menjangkau seluruh konsumen potensial secara real time, personal, dan relevan.

Tugas Utama Pekerjaan Digital Marketing

Setelah mengetahui definisi dari digital marketing itu sendiri, sekarang saatnya kamu mengetahui tentang tugas utama dari pekerjaan digital marketing. Nah, pekerjaan digital marketing itu sendiri memiliki berbagai proses dan teknik yang cenderung kompleks.

Maka dari itu, tak heran apabila profesi satu ini berpeluang untuk meraup penghasilan berlimpah dan banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan di berbagai bidang.

Secara garis besar, digital marketing bertanggung jawab dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran dan branding suatu produk secara digital atau online.

Banyak sekali cara-cara atau teknik-teknik yang bisa dilakukan dalam mengiklankan sebuah produk, mulai dari teknik Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Media Sosial, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing, dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh, ada beberapa teknik pemasaran yang termasuk ke dalam pekerjaan digital marketing dan perlu kamu ketahui, diantaranya yaitu:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization SEO - Pekerjaan Digital Marketing dan Serba-Serbinya yang Perlu Diketahui

Dilansir dari situs Niagahoster, Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat sebagai SEO adalah salah satu pekerjaan digital marketing yang berfokus pada optimasi sebuah situs atau website agar bisa mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google.

Dengan mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian, maka potensi trafik organik pun menjadi turut meningkat.

Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga akan membantu dalam mendapatkan trafik yang tepat, sehingga tujuan utama dari situs tersebut dapat tercapai atau sesuai seperti yang diharapkan.

Agar bisa mendapatkan trafik yang tinggi dan tepat sasaran, ada beberapa aturan yang harus kamu ikuti yang telat ditetapkan oleh Google selaku mesin pencari utama. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus memahami tentang cara kerja dari SEO itu sendiri, algoritma Google, serta indikator utama SEO.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing SEM - Pekerjaan Digital Marketing dan Serba-Serbinya yang Perlu Diketahui

Masih dilansir dari situs Niagahoster, Search Engine Marketing atau yang biasa disebut sebagai SEM merupakan sebuah strategi marketing dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian.

Cara kerja dari SEM ini adalah pemasang iklan memiliki beberapa kata kunci yang berkaitan dengan produk yang tengah dijual dan ketika orang mencari kata kunci tersebut, maka mesin pencari Google akan menampilkan hasil pencarian berbayar.

SEM harus membayar ke Google Ads dengan biaya per klik sesuai dengan harga kata kuncinya yang bervariasi, tergantung dari tingkat kompetisi kata kuncinya itu sendiri.

Nah, pengelolaan iklan harus dikelola oleh digital marketer yang berpengalaman agar biaya yang dikeluarkan bisa benar-benar mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

3. Social Media Marketing

Social Media Marketing - Pekerjaan Digital Marketing dan Serba-Serbinya yang Perlu Diketahui

Pekerjaan Digital Marketing selanjutnya adalah Social Media Marketing. Jenis pekerjaan satu ini adalah sebuah proses pemasaran yang dilakukan melalui pihak ketiga, yaitu media sosial. Ada berbagai jenis media sosial yang bisa digunakan untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk atau jasa.

Nah, diantara berbagai jenis media sosial yang ada saat ini, biasanya Twitter, Facebook, dan Instagram lah yang paling sering digunakan di dalam aktivitas social media marketing. Melalui media-media ini, perusahaan atau brand dalam melakukan promosi yang lebih terstruktur dan tepat sasaran.

Tentu pekerjaan social media marketing bisa dikatakan sebagai salah satu jenis pekerjaan digital marketing paling menjanjikan karena sudah banyaknya orang-orang yang menggunakan media sosial di dalam aktivitas sehari-hari, sehingga mempromosikan sebuah produk atau jasa melalui media sosial dinilai sangat efektif dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional.

4. Website Marketing

Website Marketing - Pekerjaan Digital Marketing dan Serba-Serbinya yang Perlu Diketahui

Selanjutnya ada yang dinamakan sebagai Website Marketing. Seorang website marketer diharuskan untuk memiliki kemampuan dalam memberikan suggest atau saran dan arahan agar sebuah website bisa menjadi alat marketing yang baik untuk mendatangkan banyak visitor atau pengunjung.

Banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengarahkan sebuah website dan landing page, mulai dari dalam segi penampilan, desain, navigasi, copywriting, serta hal-hal lainnya yang sekiranya dapat menarik perhatian konsumen.

Perlu diketahui bahwa seorang digital marketing tidak membuat website, mereka hanya membantu agar website tersebut memiliki banyak pengunjung. Sedangkan untuk yang membuat website itu sendiri bisa disebut sebagai web developer programer, yang mana kedua profesi ini saling berhubungan dan bekerja sama demi mencapai tujuan yang diharapkan.

(Baca Juga: Evolusi Industri Radio: Beradaptasi dengan Digitalisasi)
Bagaimana Cara Masuk ke Pekerjaan Digital Marketing?

Bagi kamu yang ingin mencoba untuk masuk ke jenis pekerjaan satu ini, mungkin akan bertanya-tanya “kira-kira bagaimana cara masuk ke pekerjaan jurusan digital marketing?”.

Nah, perlu diketahui bahwa sebenarnya masuk ke pekerjaan digital marketing tidaklah terlalu sulit. Hanya saja, mungkin kamu harus memahami atau menguasai beberapa keahlian terlebih dahulu.

Namun, dengan hadirnya internet yang sudah bisa diakses begitu mudahnya, pastinya mencari ilmu-ilmu baru tidak akan terlalu sulit, bukan? Ada beberapa keahlian digital marketing yang bisa kamu pelajari secara otodidak melalui internet.

Jika kamu ingin mencoba masuk ke dunia digital marketing, kira-kira keahlian seperti apa saja sih yang dibutuhkan oleh perusahaan?

·     Mengelola Media Sosial

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial merupakan senjata paling ampuh untuk bisa meraup segudang keuntungan. Hal tersebut dikarenakan mencari pelanggan tidak kenal jarak dan waktu. Dengan menggunakan media sosial, kamu bisa menjangkau konsumen dengan lebih luas lagi.

Banyak orang yang saat ini lebih aktif di dunia maya seperti Facebook dan Twitter sehingga akan sangat sayang apabila kamu melewatkan pelanggan yang memiliki potensi besar seperti itu. Maka dari itu, apabila kamu berniat untuk terjun ke profesi digital marketing, maka menguasai media sosial akan sangat diharuskan.

·     Google AdWords dan Bing

Biasanya, pembeli atau konsumen akan mencari produk atau layanan yang mudah untuk dibeli dibandingkan yang hanya terpapar iklan saja. Maka dari itu, mereka akan cenderung memilih produk yang mudah ditemukan di pasaran, dan inilah fungsi dari Google AdWords.

·     Kemampuan Menulis

Perlu diketahui bahwa kemampuan menulis yang baik memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap keberhasilan dari aktivitas digital marketing. Bukannya tanpa alasan, menulis blog dan konten website memang tidak bisa dihindari di dalam digital marketing.

Karena di atas keterampilan apapun, kemampuan untuk berkomunikasi melalui tulisan dengan jelas dan bersifat persuasif akan membuat orang menjadi lebih tertarik untuk membeli suatu produk.

Walaupun kamu pada nantinya akan memiliki video marketing ataupun podcast, tetap kedua hal tersebut akan didasari dari tulisan terlebih dahulu.

·     WordPress

Menguasai WordPress untuk digital marketer mungkin sama pentingnya dengan menguasai Microsoft Word pada jaman dulu. Perlu diketahui bahwa aktivitas digital marketing tidak bisa dipisahkan dengan blogging, karena itu menguasai pengoperasian mesin blog paling dominan dan menjadi acuan yang sangat penting.

Selain itu, semakin lengkap dan fleksibelnya sistem yang terdapat di WordPress membuat banyak situs-situs bersifat komersial yang dibangun dengan menggunakan sistem ini sebagai dasarnya.

·     SEO

Dapat dilihat bahwa saat ini, keahlian SEO sudah menjadi salah satu yang paling dibutuhkan di hampir seluruh perusahaan dari berbagai bidang. Bagaimana tidak? Meskipun kamu menggunakan kemampuan wordpress dan menulis, namun tanpa adanya keahlian SEO, maka aktivitas digital marketing yang tengah kamu lakukan belum tentu dalam membuahkan hasil yang maksimal.

Meskipun sebenarnya ada AdWords yang memungkinkan kita untuk langsung mendapatkan ranking tanpa perlu menunggu lama, tetapi biasanya AdWords ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar tanpa adanya jaminan bahwa seluruh konsumen potensial akan tertarik dengan produk atau jasa yang tengah kita iklankan.

(Baca Juga: 5 Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika Beserta Gajinya)

Sedangkan untuk SEO, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar, cara satu ini juga dinilai lebih efektif dalam menarik minat masyarakat terhadap produk yang tengah kita jual. Saat ini, mempelajari SEO sudah bisa kamu temukan dengan mudahnya melalui internet, bahkan bagi pemula sekalipun.

Dalam waktu jangka panjang, kemampuan SEO bisa dikatakan sebagai salah satu kemampuan yang cukup banyak dicari oleh berbagai perusahaan dengan jenjang karir yang menjanjikan.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda