Peluang Bisnis Baju Thrifting, Solusi Terbaik Dalam Meraih Cuan!

Ingin memulai bisnis tetapi masih bingung dalam memilih jenis bisnis yang ingin digeluti? Intip dulu peluang bisnis baju thrifting yang mungkin bisa kamu jadikan pilihan.

Peluang Bisnis Baju Thrifting

Generasi millennial masa kini umumnya cenderung lebih cepat bosan ketika memiliki suatu barang. Dan dikarenakan hal itulah, peluang bisnis baju thrifting hadir, untuk mempermudah para pelaku usaha dalam meraih cuan.

Dibandingkan jenis-jenis bisnis lainnya yang ada, dapat dikatakan bahwa peluang ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

(Baca Juga: 10 Penyebab Bisnis Gagal)

Maka dari itu, untuk kamu yang saat ini tengah bingung memilih jenis bisnis yang ingin digeluti namun belum memiliki modal yang besar, peluang bisnis baju thrifting bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan.

Lantas, apa sih yang disebut sebagai ‘thrifting’ itu sendiri? Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang peluang bisnis baju thrifting yang sedang booming dikalangan para pengusaha.

Apa itu Bisnis Thrifting?

Peluang Bisnis Baju Thrifting, Solusi Terbaik Dalam Meraih Cuan - Apa itu Bisnis Thrifting.jpg

Sebelum kita membahas tentang peluang bisnis baju thrifting, alangkah lebih baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang definisi dari bisnis thrifting itu sendiri.

Dilansir dari accurate.id, di dalam bahasa Indonesia, kata ‘thrifting’ dapat diartikan sebagai ‘hemat’.

Sehingga, apabila didefinisikan ke dalam dunia bisnis, Thrifting memiliki arti ‘upaya dalam menjual barang bekas dengan kualitas yang masih sangat baik’.

Meskipun barang-barang tersebut sudah berusia tahunan, selama masih memiliki kondisi yang baik dan layak digunakan, maka barang tersebut tetap bisa dijual.

Thrifting store itu sendiri mulai hadir sejak adanya tren preloved, dimana seseorang menjual barang pribadi miliknya yang masih dalam kondisi baru karena berbagai alasan.

Nah, semenjak itulah, tren ini terus berlanjut hingga adanya sejumlah orang yang mulai membuat akun media sosial, seperti instagram dan facebook untuk menawarkan jasa penjualan barang preloved dengan menggunakan sistem bagi hasil.

Mulai dari baju, tas, sepatu, hingga barang-barang antik semuanya bisa dijual di thrifting store ini. Akan tetapi, keinginan masyarakat untuk terus selalu up-to-date dengan tren fashion terkini membuat thrifting store kebanyakan lebih berhubungan dengan fashion.

Melihat hal tersebut, peluang bisnis baju thrifting layak untuk kamu jadikan sebagai salah satu pilihan dalam meraih cuan.

Mengapa Harus Peluang Bisnis Baju Thrifting?

Peluang Bisnis Baju Thrifting, Solusi Terbaik Dalam Meraih Cuan - Mengapa Harus Peluang Bisnis Baju Thrifting.jpg

Sebelum kamu memutuskan untuk memanfaatkan peluang baju thrifting untuk meraih cuan, mungkin kamu akan bertanya, diantara semua jenis bisnis mengapa harus bisnis baju thrifting?
Bagi yang masih ragu, berikut beberapa hal yang membuat peluang bisnis baju thrifting layak dijadikan sebagai pilihan, yaitu adalah:

  • Digemari Oleh Usia Tertentu

Ketika kamu ingin mulai memanfaatkan peluang bisnis baju thrifting, ketahuilah bahwa bisnis seperti ini digemari oleh kalangan masyarakat tertentu, yang mana umumnya berada di kalangan usia produktif, seperti remaja dan generasi muda.

Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir mengenai hal ini. Sebab, meskipun biasanya digemari oleh kalangan usia tertentu, sebagian besar penduduk Indonesia itu sendiri memang dipenuhi oleh usia produktif.

  • Memiliki Banyak Peminat

Alasan selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan ketika ingin memanfaatkan peluang bisnis baju thrifting adalah, bahwa percaya atau tidak, kehadiran dari thrifting shop itu sendiri terbilang sudah mulai memiliki banyak peminat.

Seperti yang telah sempat dibahas sebelumnya, kebanyakan penggemar dari thrifting shop datang dari kalangan usia produktif, seperti remaja dan generasi muda.

Nah, dan bagi mereka yang gemar membeli barang-barang bekas, terutama pakaian, hal ini sudah bukan sekedar kebutuhan primer saja, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka.

Tak hanya itu, kalangan usia produktif ini juga umumnya masih bersifat impulsif dalam menggunakan uang, karena senang mengikuti trend yang sedang terjadi.

Sehingga, kehadiran dari thrifting store jelas sangat membantu dalam memenuhi gaya hidup mereka, bukan? Sebab mereka tetap bisa mengikuti trend fashion yang ada tanpa harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli barang baru.

  • Modal Kecil Untung Besar

Tahukah kamu? Ternyata pakaian bekas bisa dijual di thrift store dengan harga Rp25.000 – Rp150.000 saja lho.

Sedangkan untuk satu karung pakaian bekas, umumnya kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp1 juta saja dengan isi 50 sampai dengan 100 piece pakaian secara acak.

Bayangkan saja, kamu bisa mendapatkan 50 helai pakaian hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp1 juta saja.

Dari sini saja, kamu sudah bisa melihat bahwa peluang bisnis baju thrifting terdengar begitu menggiurkan, bukan?

Ditambah lagi setiap baju bekas yang ada, kamu bisa menjualnya kembali dengan harga Rp50.000. Jika dihitung-hitung, kamu bisa mendapatkan kembali modal beserta keuntungannya sebesar Rp2.500.000. Jauh lebih besar dibandingkan modal yang harus kamu keluarkan.

Cara Memulai Peluang Bisnis Baju Thrifting

Peluang Bisnis Baju Thrifting, Solusi Terbaik Dalam Meraih Cuan - Cara Memulai Peluang Bisnis Baju Thrifting.jpg

Apakah kamu sudah mulai tertarik untuk memanfaatkan peluang bisnis baju thrifting dalam meraih cuan?

Jika jawabannya sudah, sekarang saatnya kita membahas tentang tips dan cara memulai bisnis baju thrifting itu sendiri.

Walaupun tidak membutuhkan modal besar, memulai bisnis tentu menjadi kendala tersendiri bagi para pelaku usaha pemula.

Maka dari itu, agar bisnis baju thrifting kamu dapat berjalan dengan lancar, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu adalah:

  • Menjual Satu Produk Spesifik

Dengan semakin banyaknya jenis-jenis fashion yang ada saat ini, alangkah lebih baiknya apabila kamu memilih produk fashion manakah yang terlebih dahulu ingin kamu jual.

Misalkan kaos, hoodie, celana, sweater, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa memfokuskan produk pada 1 model fashion saja bisa menjadi identitas atau ciri khas yang akan membedakan toko kamu dengan toko lainnya.

Di samping itu, fokus terhadap satu produk spesifik juga bisa membuat toko kamu menjadi rujukan konsumen ketika mereka tengah ingin mencari produk dengan model tertentu.

  • Memilih Target Pasar

Tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan ketika memanfaatkan peluang bisnis baju thrifting adalah, dengan memilih pangsa pasar atau target sasarannya.

Sebab, hal ini juga akan berhubungan dengan produk yang pada nantinya akan kamu jual. Sebelum mengeluarkan modal untuk membeli produk yang akan kamu jual, luangkanlah sedikit waktu untuk melakukan riset kecil-kecilan.

Siapa yang kira-kira akan tertarik membeli produk tersebut? Biasanya mereka mencari produk tersebut melalui saluran apa?

Selain akan membantu kamu dalam memilih produk spesifik yang akan dijual, cara ini juga sangat membantu kamu dalam menentukan strategi marketing paling tepat dalam menarik minat calon konsumen.

Dari riset ini, kamu juga akan mengetahui marketplace apakah yang paling cocok untuk memasarkan produk.

  • Tentukan Asal Produk

Di dalam peluang bisnis baju thrifting, kamu juga harus menentukan dari mana akan mengambil produk atau barang yang pada nantinya akan dijual.

Jika memungkinkan, carilah tempat jual baju preloved yang memiliki kualitas terbaik. Kamu bisa mencarinya melalui online maupun secara langsung di toko-toko yang memang dikhususkan dalam menjual berbagai fashion item bekas yang masih memiliki kualitas baik.

Selain kondisi barang, tentu yang tak boleh ketinggalan adalah perihal harga. Apalagi jika kamu memiliki modal terbatas, cobalah untuk mencari toko yang menjual produk berkualitas namun dengan harga yang relatif masih terjangkau.

  • Perhatikan Kebersihannya

Nah, tips terakhir yang perlu kamu perhatikan ketika memanfaatkan peluang bisnis baju thrifting adalah kebersihan dari produknya itu sendiri.

Sebelum dijual, pastikan bahwa baju-baju bekas tersebut sudah dicuci dengan bersih dan dalam keadaan wangi. Bila perlu, kamu juga bisa menyetrikanya.

Untuk menghilangkan bakteri dan kuman, sebaiknya kamu rendam terlebih dahulu baju-baju tersebut ke dalam air panas.

Jika dirasa kamu tidak mampu membersihkannya sendiri, kamu bisa memasukkannya ke laundry. Walaupun barang bekas, alangkah lebih baiknya jika kamu mengemasnya menjadi pakaian baru yang layak pakai.

Butuh Modal Usaha? CekAja.com Saja!

Jadi, itulah hal-hal yang setidaknya perlu kamu ketahui mengenai peluang bisnis baju thrifting. Hanya saja, meskipun tidak membutuhkan modal besar, tentu yang namanya bisnis akan selalu membutuhkan modal untuk menjalankannya.

Nah, apabila kamu ingin memulai bisnis baju thrifting namun belum memiliki modal yang cukup, tak perlu khawatir! Sebab, CekAja.com hadir untuk memberikanmu solusi.

Melalui CekAja.com, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar cicilan.

(Baca Juga: 10 Ide Usaha Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga)

Tak hanya itu, di sini kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis pinjaman manakah yang paling sesuai.

Seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online, sehingga kamu bisa melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun tanpa perlu repot meluangkan waktu ke luar rumah.

Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam mencairkan dana? Setelah pengajuan kamu disetujui, maka dana akan langsung masuk ke rekening pribadi kamu dalam waktu hitungan hari saja. Sangat cepat dan mudah kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman modal usaha di CekAja.com dan raih cuan dari bisnis yang kamu jalankan!