10 Ide Usaha Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga nampaknya mesti kamu ketahui guna menambah pemasukan. Sebab, menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti hanya mengerjakan tugas rumah saja.

Karena, kamu pun boleh memiliki usaha sampingan agar keuangan keluarga tak hanya berpusat pada suami.

Usaha sampingan ini dapat dijalani jika memang tidak memungkinkan untuk kamu bekerja di kantor.

Tak perlu langsung besar, kamu dapat memulainya dengan usaha modal kecil yang cocok digeluti oleh ibu rumah tangga.

Ide Usaha Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Lewat artikel ini, CekAja bakal kasi tahu beberapa ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga, jika sekiranya kamu bingung untuk memulai dari mana.

Tanpa berlama-lama, yuk langsung pantengin informasinya berikut ini.

1. Freelance writer

Ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga yang pertama bisa kamu geluti adalah dengan menjadi seorang penulis lepas atau freelance writer.

Bisnis yang satu ini berpotensi besar, sebab di “masa sulit” seperti sekarang lebih banyak perusahaan yang membutuhkan seorang pekerja lepas ketimbang pekerja tetap, apalagi di bidang menulis.

Nah, kalau kebetulan kamu memiliki pengalaman cukup panjang dibidang ini, terlebih jika kamu menguasai basic dari SEO Content Writer, maka tak ada salahnya lho untuk menjadi seorang freelance writer.

Kamu bisa mencari lowongan freelance writer di situs pencari kerja seperti LinkedIn.

Di situs itu biasanya banyak sekali perusahaan besar yang menawarkan pekerjaan serupa, dengan ketentuan biaya jasa yang tak sama, tergantung dari persetujuan keduanya.

Kamu dapat mematok harga tinggi, jika memiliki pengalaman lebih.

Misal, dengan mematok harga sebesar Rp50 hingga Rp100 ribu untuk satu artikel, dengan ketentuan wording minimal 1000 kata.

(Baca Juga: 5 Jenis Bisnis Unik untuk Mahasiswa)

2. Bisnis catering

Kamu gemar memasak? Kalau iya, cobalah ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga yang satu ini.

Bisnis catering boleh jadi usaha yang paling ideal untuk kamu geluti, karena keuntungan yang didapat cukup menjanjikan.

Apalagi nih, kalau masakan kamu memang sudah terkenal di kalangan kerabat terdekat atau kolega-kolegamu saat menjadi pegawai kantoran dulu.

Nah untuk memulainya, kamu bisa terlebih dulu memasarkannya kepada tetangga, teman, maupun keluarga terdekat.

Jika dirasa berkembang, bolehlah kamu memperluas jaringan bisnismu ini secara online maupun lewat kenalan teman yang bekerja di kantor.

Siapa tahu dari usaha kecil-kecilan ini, kamu bisa membuka jasa catering besar nantinya. Pundi-pundi uang yang didapat juga pastinya bakal melimpah lho.

3. Bisnis kue kering dan dessert kekinian

Belajar dari kesuksesan owner Bittersweet by Najla, yakni Najla Bisyir, kamu yang juga hobi membuat kue kering maupun dessert kekinian boleh lho “mencoba-cobanya” menjadi sebuah usaha rumahan.

Pasalnya, Najla Bisyir pun dahulu hanya mencoba-coba membuat kue kesukaannya ketimbang harus membeli setiap hari.

Alhasil dari coba-coba itu, perempuan yang dijuluki sebagai pelopor dessert box di Indonesia ini, berhasil meraup untung besar dari bisnisnya.

Nah, kamu juga bisa kok untuk memulai bisnis kue kering dan dessert kekinian ini asal memang ‘diniatkan’.

Tak perlu langsung besar, kamu bisa mencobanya dulu secara rumahan dan pasarkan ke kerabat terdekat.

Jika mereka tertarik untuk membeli kembali, barulah kamu bisa memperluas bisnis tersebut secara luas, dengan memasarkannya lewat sosial media seperti Instagram, Twitter, dan TikTok, yang memang dikenal sebagai tempatnya berjualan.

4. Toko kelontong

Ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga yang berikutnya bisa kamu cobai adalah dengan membuka toko kelontong.

Meski kecil-kecilan, toko kelontong nyatanya dapat meraup untung besar, terutama jika membukanya di kawasan perumahan yang padat penduduk.

Sediakan berbagai barang yang memang dibutuhkan sehari-hari. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan beberapa jenis makanan dan minuman untuk menarik minat anak-anak maupun remaja untuk membelinya.

Apabila memungkinkan lagi, kamu juga dapat berjualan pulsa, kuota internet, sampai voucher listrik di toko kelontongmu ini.

5. Bisnis tanaman hias

Bisnis tanaman hias sekarang ini ramai kembali digeluti oleh masyarakat.

Bukan tanpa sebab, pasalnya kini tanaman hias tak hanya digemari oleh kalangan orangtua saja, melainkan kaum milenial.

Mereka cenderung menyukai gaya hidup minimalis, di mana keberadaan tanaman hias dianggap dapat memunculkan kesan estetik di rumah maupun dalam ruangan seperti kamar.

Dari hal itulah, mengapa kamu tak mencoba memanfaatkan peluang usaha tanaman hias saja? Terlebih jika kamu juga menyukai tanaman dan paham akan seluk beluknya.

Kalau dijalani dengan telaten, mungkin saja tanaman hias yang kamu jual ini tak hanya dibeli secara eceran saja.

6. Guru les

Enggak kalah menjanjikan dari bisnis tanaman hias, ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga yang berikutnya adalah dengan menjadi guru les.

Kebutuhan akan tenaga pendidikan di Indonesia bisa dibilang cukup tinggi. Bahkan, banyak orangtua yang rela membayar lebih untuk seorang guru les, agar anaknya mendapat pelajaran tambahan diluar dari jam sekolah.

Apabila kamu termasuk orang yang pandai dalam mengajar anak-anak atau mungkin berprofesi sebagai guru, maka enggak ada salahnya untuk menjadi seorang guru les, guna menambah pemasukan rumah tangga.

Pendapatan yang kamu dapat tentu akan sangat lumayan lho.

Bayangkan saja, jika dalam satu minggu kamu dibayar Rp100 ribu per satu pertemuan, berarti untuk 3 kali pertemuannya sendiri kamu bisa mendapat Rp300 ribu.

Atau bayangkan pula bila tiap pertemuan itu dibayarkan per bulan. Gimana, menguntungkan bukan?

7. Bisnis laundry

Bisnis laundry beberapa tahun belakangan memang ramai digeluti, khususnya oleh pebisnis pemula.

Kalau ditinjau dari pemasukannya sendiri sih, memang usaha yang satu ini cukup menjanjikan, terlebih jika dibuka di lingkungan yang padat penduduk, seperti perumahan, daerah kantor dan kampus.

Nah dibalik keuntungannya itu, ternyata usaha laundry ini juga tak butuh modal besar lho untuk memulainya.

Itu berarti, kamu pun yang punya modal pas-pasan atau mungkin tidak lebih dari Rp10 juta, juga bisa menggeluti bisnis laundry kiloan.

Namun yang perlu diingat, bisnis yang satu ini hanya bisa berkembang pesat jika kamu membukanya di lokasi yang strategis. Jika tidak, bisa dipastikan bukan keuntunganlah yang kamu dapatkan.

8. Bisnis dropshipper

Tertarik berbisnis online tapi enggak mau mengeluarkan banyak modal? Dropshipper solusinya.

Ini adalah ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga, yang tentunya mudah untuk dijalankan.

Kamu hanya perlu menyalurkan barang-barang dari distributor dan mengirimnya ke konsumen saja untuk mendapatkan tambahan uang bulanan.

Namun, untuk menjalani bisnis ini, kamu juga harus lihai dalam melihat trend di masyarakat.

Untuk saat ini, beberapa trend usaha yang bisa dicoba adalah dengan berjualan tanaman hias, peraboran rumah tangga nan estetik, serta masker.

(Baca Juga: 8 Ide Bisnis Menjelang Tahun Baru, Layak Dicoba!)

9. Bisnis desain grafis

Ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga lainnya yang juga banyak dicari oleh perusahaan adalah bisnis desain grafis.

Serupa dengan menjadi freelance writer, kamu bisa mendapatkan tawaran untuk bisnis ini lewat situs pencari kerja seperti LinkedIn.

Di situs tersebut, kamu bisa memasang portfolio desain grafismu semenarik mungkin, agar pihak perusahaan tertarik untuk menggunakan jasamu.

Selain LinkedIn, manfaatkan pula Instagram, Website, maupun platform serupa sebagai media marketing bisnis.

Untuk feenya, kamu bisa menentukannya sendiri sesuai dengan jam kerjamu ya.

Biasanya sih untuk paket pribadi, seorang desain grafis akan mematok harga Rp50-Rp500 ribu. Lain halnya lagi dengan paket corporate alias perusahaan.

10. Bisnis aksesoris

Terakhir, ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga yang dapat kamu coba dan punya pangsa pasar cukup menjanjikan adalah dengan membuka bisnis aksesoris.

Bisnis aksesoris ini mencakup jam tangan, gelang, cincin, ikat rambut, topi ala-ala wanita Korea, dan pernak-pernik lucu lainnya.

Bisnis aksesoris sendiri dijamin tak akan mati, sebab tiap wanita akan selalu mengenakan aksesoris untuk menunjang penampilannya.

Sebagai pemula, kamu dapat memasarkan barang-barang yang akan dijual ke kerabat terdekat, sosial media, maupun marketplace seperti Shopee.

Kalau nantinya bisnismu berkembang pesat, pasarkan kembali namun dalam skala besar, misalnya dengan mencoba jasa endorsement dari influencer ternama.

Manfaatkan Tambahan Modal untuk Bisnismu dengan CekAja.com

Berangkat dari ide usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga, siapa yang tahu jika kedepannya kamu akan meraup untung besar.

Kalau hal tersebut sudah dialami, kamu bisa mulai melirik CekAja.com, sebagai partner untuk mendapatkan tambahan modal usahamu.

CekAja siap membantumu untuk memiliki modal usaha dengan sistem cicilan ringan dan bunga rendah.

Di CekAja pula, menariknya kamu bisa membandingkan dulu mana sekiranya produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan bujetmu.

Sehingga, saat masa mencicil pun kamu tak mengalami kesulitan finansial.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung kepoin produk pinjaman tanpa agunan di CekAja.com, dan nikmati segala manfaatnya untuk bisnismu.