Pengumuman SBMPTN 2020 di Undur? Ini Jadwal Terbarunya!

5 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Pengumuman SBMPTN 2020 rasanya kini menjadi momen yang sangat ditunggu oleh siswa siswi SMA yang baru saja lulus. Pasalnya, beberapa perguruan tinggi negeri favorit tengah menjadi incaran banyak calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

pengumuman sbmptn 2020

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga menjadi salah satu gerbang, yang digunakan para calon mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi favorit yang mereka inginkan.

Terlebih, bagi mereka yang kemarin mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan belum beruntung untuk lolos dan diterima di jurusan serta universitas negeri yang mereka tuju, SBMPTN menjadi kesempatan yang wajib mereka coba.

Namun, apakah sebenarnya kamu tahu apa itu SBMPTN, bagaimana cara mengikuti proses seleksi serta pengumuman SBMPTN 2020?

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa hal terkait pengumuman SBMPTN 2020 dan serba-serbinya. Yuk, simak bersama-sama!

(Baca Juga: SNMPTN 2020, Brawijaya Pertahankan Gelar Universitas Paling Diminati)

Apa Itu SBMPTN?

Sebelum membahas lebih jauh dan mengetahui pengumuman SBMPTN 2020, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu SBMPTN.

Sejatinya, SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Di mana, SBMPTN ini merupakan salah satu jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri melalui tes berupa ujian tertulis.

Saat ini, ujian tertulis untuk bisa mengikuti SBMPTN disebut dengan UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer. UTBK sendiri dilaksanakan oleh lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi berstandar di Indonesia bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pemerintah menggunakan LTMPT dikarenakan lembaga tersebut akan memberikan hasil UTBK secara individu kepada setiap pesertanya. Hal tersebut yang juga menjadi keunggulan dari LTMPT.

Mulai tahun 2019, hasil UTBK digunakan sebagai penentu kelulusan SBMPTN. Namun, hal tersebut menyesuaikan dengan ketetapan perguruan tinggi negeri.

Sebab, ada beberapa PTN yang tidak hanya menggunakan hasil UTBK, tetapi juga memiliki kriteria lain yang digunakan sebagai penentu kelulusan SBMPTN.

Maka dari itu, UTBK menjadi syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. Untuk periode pendidikan 2020, UTBK bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020 dari jenjang SMA/MA/SMK sederajat. Selain itu, UTBK juga bisa diikuti oleh siswa-siswi lulusan Paket C tahun 2018, 2019 dan 2020.

Syarat Mengikuti UTBK

Sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi seputar SBMPTN dan UTBK yang menjadi syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. Namun, untuk mengikuti UTBK ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, diantaranya akan dipaparkan sebagai berikut.

  • Siswa-siswi SMA/MA/SMK kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020
  • Siswa-siswi lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2018 dan 2019 atau siswa-siswi lulusan paket C tahun 2018 dan 2019
  • Peserta UTBK hanya bisa mengikuti satu kali tes dengan beberapa ketentuan, di antaranya yaitu:
    • UTBK kelompok Saintek mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek, yang terdiri dari Matematika Saintek, Kimia, Fisika dan Biologi.
    • UTBK kelompok Soshum mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum, yang terdiri dari Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi.
    • UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum dan Saintek.
  • Hanya saja, karena mewabahnya pandemi virus Covid-19, maka materi tes yang diujikan hanya TPS
  • Peserta wajib membayar biaya UTBK sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih. Untuk informasi lengkap seputar biaya UTBK, kamu bisa mengetahuinya pada pembahasan di bawah ini.

Biaya UTBK

Adapun biaya UTBK yang perlu kamu penuhi di antaranya, yaitu:

  • Biaya untuk kelompok ujian yang dipilih, di mana biaya tersebut terbagi menjadi dua, yaitu:
    • Untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum, peserta harus membayar biaya ujian sebesar Rp200.000,-
    • Untuk kelompok ujian Campuran, peserta harus membayar biaya ujian sebesar Rp300.000, –

Biaya-biaya tersebut bisa kamu bayarkan melalui Bank BNI, Mandiri atau pun BTN. Perlu diingat, bahwa biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Selain itu, untuk calon peserta KIP Kuliah atau KIP-K yang sudah dinyatakan lolos persyaratan nantinya tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun.

Tahapan Mengikuti UTBK

Apabila semua persyaratan serta biaya untuk mengikuti UTBK sudah kamu penuhi, selanjutnya kamu perlu mengetahui dan memahami apa saja tahapan yang perlu dilakukan untuk UTBK.

Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa tahapan dalam mengikuti UTBK seperti yang dilansir pada ltmpt.ac.id, di antaranya yaitu:

  1. Melakukan pendaftaran atau registrasi akun siswa LTMPT pada laman https://prtal/ltmpt.ac.id menggunakan NISN, NPSN serta tanggal lahir peserta yang sudah bisa dilakukan sejak 17 Februari – 05 April 2020.
  2. Login akun LTMPT dengan memasukkan username/e-mail dan password ke laman ltmpt.
  3. Pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa. Pada menu tersebut kamu perlu mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru serta melakukan verifikasi biodata.
  4. Setelah itu, pilih menu Pendaftaran UTBK. Pada menu ini, kamu bisa memilih jenis ujian, sesi ujian serta lokasi Pusat UTBK PTN yang kamu inginkan untuk selanjutnya mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  5. Setelah semua dokumen dan beberapa hal lainnya sudah terisi lengkap, selanjutnya kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan slip pembayaran, melalui Bank BNI, BTN atau Mandiri hingga paling lambat 1 x 24 jam. Namun, proses pembayaran tersebut tidak berlaku untuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).
  6. Setelah proses pembayaran berhasil dilakukan, kamu bisa login kembali ke laman untuk memilih menu Pendaftaran UTBK agar bisa mencetak kartu peserta UTBK.
  7. Tahap terakhir, kamu tinggal menunggu waktu UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi serta lokasi Pusat UTBK PTN yang kamu pilih. Namun perlu diingat, bahwa kini tes UTBK dilakukan dalam empat sesi setiap harinya selama pandemi virus Covid-19.

Pengumuman SBMPTN 2020

Pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa hal seputar SBMPTN, mulai dari definisi, persyaratan, biaya hingga tahapan-tahapan apa saja yang perlu kamu lakukan selama UTBK agar bisa lolos SBMPTN.

Setelah mengetahui dan memahami beberapa hal tersebut, kini saatnya mengetahui jadwal dan pengumuman SBMPTN 2020. Untuk itu, yuk simak jadwal terbaru pengumuman SBMPTN 2020 yang tertunda karena pandemi Covid-19 seperti yang dilansir pada ltmpt.ac.id.

Adapun jadwal dan pengumuman SBMPTN 2020 terbaru di antaranya:

  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dilaksanakan pada 2 – 20 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK akan dilangsungkan pada 5 – 12 Juli 2020
  • Pengumuman SBMPTN akan dilangsungkan pada 25 Juli 2020

Nah, jadwal pengumuman SBMPTN 2020 tersebut bisa kamu catat sebagai patokan untuk mengetahui apa saja hal-hal yang perlu kamu persiapkan selama menunggu pengumuman SBMPTN.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu menjaga kesehatan mental dan fisik selama persiapan masuk PTN. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Selain itu, ada baiknya jika kamu juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Kamu tidak perlu khawatir jika belum memiliki asuransi kesehatan, sebab kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com. Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani