Pentingnya Asuransi Laptop Untuk Anak Kos Agar Terhindar dari Risiko Ini

3 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Laptop merupakan gadget yang dibutuhkan oleh hampir semua anak kos. Di zaman sekarang, benda ini wajib diasuransikan, lho. Mau tahu kenapa asuransi laptop sangat penting untuk anak kos? Simak penjelasannya berikut ini.

Pentingnya Asuransi Laptop Untuk Anak Kos

Pentingnya Asuransi Laptop Untuk Anak Kos

Anak kos, baik yang berprofesi sebagai pekerja profesional maupun mahasiswa pasti memiliki gadget berupa laptop. Tak mengherankan memang, sebab fungsi laptop yang beragam membuat kita sangat terbantu dalam mengerjakan apa saja.

Mulai dari bekerja, mengerjakan tugas kuliah, membuat desain untuk berbagai kebutuhan, berkomunikasi melalui chat dan e-mail, hingga fungsi hiburan seperti menonton film atau bermain game bisa kita lakukan berkat adanya laptop.

Zaman sekarang, sebagian orang tidak lagi takut untuk memilih laptop dengan harga sedikit mahal atau bahkan sangat mahal untuk menunjang kebutuhannya. Apalagi jika pengerjaan pekerjaanmu membutuhkan laptop dengan peforma prima, seperti desainer, teknisi, seniman, ahli IT, dan lain sebagainya.

Sayangnya, kesadaran untuk mengasuransikan laptop bagi anak kos masih sangat rendah. Padahal, ada sederet risiko yang bisa kamu alami saat menggunakan laptop, khususnya di rumah kos yang kamu huni.

Beberapa risiko itu di antaranya sebagai berikut:

  • Risiko pencurian. Banyak rumah kos yang tidak memiliki tingkat keamanan yang memadai dan memungkinkan terjadinya pencurian barang.
  • Risiko kerusakan. Memiliki laptop memang tak terlepas dari risiko ini. Tapi, bagaimana jika kerusakan terjadi akibat hal yang tidak disengaja seperti gangguan korsleting listrik yang memicu kerusakan laptop.
  • Risiko bencana alam, kebakaran, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, asuransi laptop sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi terjadinya segara kerusakan yang bisa menimbulkan kerugian di masa mendatang. Sebab, tidak ada yang bisa menjamin kondisi laptopmu akan selalu dalam keadaan baik-baik saja.

(Baca Juga: 5 Tips Pilih Asuransi Untuk Gadget)

Asuransi Elektronik Sebagai Pelindung Laptop

Asuransi Elektronik Sebagai Pelindung Laptop

Kamu mungkin bertanya-tanya soal jenis asuransi apa yang dapat memberikan perlindungan pada laptop. Ya, jawabannya adalah asuransi elektronik. Asuransi elektronik memberikan perlindungan untuk gadget hingga barang elektronik dengan tenaga listrik berskala besar.

Asuransi elektronik juga terbagi dalam tiga jenis, yakni asuransi untuk HP, Asuransi Peralatan Elektronik atau Electronic Equipment Insurance (EEI) untuk alat elektronik bertenaga listrik rendah hingga menengah, dan Asuransi Peralatan Elektronik Industri untuk mesin bertenaga listrik skala besar.

Asuransi elektronik yang bisa kamu pilih untuk laptop adalah jenis EEI, yang mana asuransi ini akan melindungi gadget bertenaga listrik rendah hingga menengah seperti laptop. Inilah asuransi laptop yang pas untukmu.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi laptop antara lain manfaat penggantian biaya untuk kerusakan laptop akibat bencana alam, kebakaran, ledakan, salah sakit, salah rancang, sabotase, pencurian, perampokan, risiko tak terduga dan tak disengaja, serta kerusakan komponen laptop.

Namun, ada pula beberapa risiko yang tidak termasuk sebagai tanggungan. Yakni kerusakan laptop akibat pemberontakan atau perang, reaksi nuklir dan radioaktif, dan kerusakan akibat kesalahan yang disengaja.

Dari penjelasan ini, kamu tentu bisa menyimpulkan bahwa asuransi laptop memberi manfaat yang luar biasa penting untuk laptopmu. Sebab, laptop merupakan barang bernilai tinggi yang juga menyimpan banyak data-data penting milikmu.

(Baca Juga: Daftar Pinjaman untuk Kredit Laptop Proses Cepat)

Besaran Premi Asuransi Laptop

Besaran Premi Asuransi Laptop

Besaran premi asuransi laptop sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp100.000-an saja per bulan. Dengan premi itu, kamu bisa mendapat perlindungan terhadap risiko-risiko umum.

Sedangkan untuk perlindungan tambahan, kamu akan dikenakan biaya penambahan premi sesuai dengan kesepakatanmu dengan pihak perusahaan asuransi.

Beberapa perlindungan tambahan yang ditawarkan yakni kerusakan laptop akibat gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, angin ribut, angin topan, dan badai angin lainnya, serta kerusakan akibat aksi huru-hara.

Syarat Pengajuan Asuransi Laptop

Syarat Pengajuan Asuransi Laptop
  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia di atas 17 tahun
  • Memiliki laptop baru (kurang dari 14 hari sejak pembelian), atau bekas pakai (sudah dipakai kurang dari 6 bulan)
  • Melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Seperti fotokopi KTP, faktur asli pembelian laptop, kartu garansi, materai Rp6000, dan lain sebagainya.
  • Membayar premi bulan pertama

Cara Membeli Asuransi Laptop

Cara Membeli Asuransi Laptop

Pembelian asuransi elektronik untuk perlindungan laptop bisa dilakukan dengan beberapa cara. Yakni dengan menghubungi nomor customer service perusahaan asuransi yang kamu pilih atau datang langsung ke kantor cabang perusahaan asuransi di daerahmu.

Tapi, kedua cara itu masih terbilang kurang simple. Untuk pengajuan asuransi elektronik termudah, kamu bisa mengajukannya lewat media pembanding produk asuransi seperti CekAja.com. Dengan sistem online, kamu tak akan lagi dibuat ribet dengan pengajuan tatap muka.

CekAja.com akan terlebih dulu membantumu membandingkan beberapa asuransi elektronik terbaik sesuai dengan kebutuhan dan jenis laptop. Setelah kamu memilih, kamu bisa langsung mengajukan pembelian asuransi dengan mengisi data diri.

Selanjutnya, akan ada petugas yang menghubungimu untuk memberikan informasi terkait persyaratan dan dokumen yang perlu dilengkapi. Pengecekan dan pengambilan dokumen akan dilakukan oleh kurir yang datang langsung ke rumahmu. Praktis banget, kan?

Jika semuanya sudah lengkap, tunggu proses penerimaan asuransi selama tiga sampai tujuh hari kerja.

Yuk, segera asuransikan laptopmu agar terlindung dari risiko buruk di masa depan. Cek, bandingkan, dan ajukan hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah