Penyedia Pinjaman Dengan Plafon 15 Juta? Pilih KTA Permata Saja

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti pada

Bank dan lembaga pemberi pinjaman telah ada sejak lama, dan orang-orang telah meminjam dan meminjamkan uang selama berabad-abad.

penyedia pinjaman dengan plafon 15 juta

Jika kita melihatnya dalam istilah yang paling sederhana, seseorang ingin meminjam uang, seseorang memiliki uang yang ingin mereka pinjamkan. Kita mengambil pinjaman dari pemberi pinjaman, persyaratan dibahas seperti berapa lama akan membayar kembali pinjaman, dan pada tingkat bunga berapa. Jadi, dengan sistem ini kita akan memiliki uang yang dibutuhkan, dan pemberi pinjaman menghasilkan uang dari bunga, semacam win-win solution.

Jika pemberi pinjaman mengenakan tingkat bunga yang tinggi atau berlebihan, pinjaman tersebut dapat dikatakan riba. Banyak pinjaman yang diberikan berabad-abad yang lalu membawa tingkat bunga yang berlebihan, hampir sampai membuat seseorang terus-menerus berhutang. Namun ini berubah pada 1545, ketika Raja Henry VIII memainkan “An Act Against Usury”.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Untuk Kebutuhan Ramadhan)

Selain Undang-undang ini disahkan, ada banyak fakta menarik mengenai meminjam uang di sini dan di negara dan waktu lainnya.

  • Bangsa Romawi mengizinkan pinjaman, namun, mereka dikendalikan secara ketat oleh hukum.
  • Di Eropa Abad Pertengahan, membebankan bunga pada pinjaman dianggap riba.
  • Pada tahun 1860-an, penjaga toko membagikan koin bernomor yang terbuat dari kuningan atau tembaga, yang digunakan sebagai kartu kredit.
  • Hingga tahun 60-an, beberapa toko memiliki tag biaya untuk akun kredit. Tag disimpan di toko dan tidak dibawa pelanggan seperti kartu kredit dilakukan hari ini.
  • Agama Muslim tidak mengizinkan adanya bunga. Mereka merasa ini bisa menyebabkan hutang. Sebagian besar Muslim menggunakan kartu bank atau uang tunai. “Beberapa bank telah mulai menawarkan kartu kredit Syariah yang mengenakan biaya layanan bulanan sebagai pengganti bunga atas pembelian.”
  • Pada tahun 1950 kartu kredit pertama muncul, itu adalah kartu kredit Diner Club.

Jenis-jenis Pinjaman

Dalam melihat alasan mengapa kita meminjam uang, akan sangat membantu untuk memiliki gambaran umum tentang jenis pinjaman apa yang tersedia bagi kita. Alasan untuk pinjaman, akan memberi tahu kita jenis pinjaman apa yang mungkin memang di butuhkan.

Semua pinjaman dan pinjaman dapat di bagi menjadi dua kategori utama, pinjaman terjamin dan pinjaman tanpa jaminan. Pinjaman yang dijamin adalah pinjaman yang memiliki beberapa bentuk jaminan yang melekat padanya. Peminjam memberikan aset untuk mengamankan pinjaman. Contohnya adalah pinjaman hipotek untuk membeli properti.

Pinjaman hipotek

Pinjaman hipotek dijamin oleh properti, jika peminjam tidak melakukan pembayaran yang disepakati, pemberi pinjaman dapat mengambil kembali, atau mengambil kembali properti. Contoh lain mungkin pinjaman mobil, mobil menjadi jaminan pinjaman. Pinjaman yang dijamin kurang berisiko bagi bank dan pemberi pinjaman karena pada kenyataannya ada sesuatu yang bernilai yang dapat diambil kembali jika pinjaman itu tidak dibayar.

Sedangkan pinjaman tanpa jaminan atau KTA. Pinjaman tanpa jaminan hanyalah kebalikan dari pinjaman yang dijamin karena tidak ada jaminan atau barang yang dijaminkan untuk pinjaman tersebut. Contoh kredit atau pinjaman tanpa jaminan adalah kartu kredit, pinjaman pribadi, dan jalur kredit. Jenis pinjaman ini membawa risiko yang lebih tinggi kepada pemberi pinjaman, jadi biasanya suku bunga pinjaman tanpa jaminan lebih tinggi daripada pinjaman yang dijamin. Pinjaman pemberi pinjaman juga merupakan jenis pinjaman yang populer.

Jadi sudah menjadi rahasia umum kalau banyak orang yang mencari uang dengan cepat adalah dengan pergi ke bank. Tentu saja di sana kita akan meminjam uang. Jenis pinjaman yang populer akhir-akhir ini adalah KTA atau Kredit Tanpa Agunan.

Kredit Tanpa Agunan

KTA ini menjadi populer karena tidak menjaminkan apapun untuk mengajukannya. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa KTA banyak peminatnya. Meski tanpa memakai jaminan pemberian kredit ini juga tidak bisa sembarang orang loh. Pada KTA kelayakan calon debitur untuk bisa mendapatkan hutangnya adalah dengan melihat riwayat kreditnya. Riwayat kredit ini dilihat apakah kita mampu dan lancar saat membayar cicilan hutang-hutang kita. Jika kita tidak memiliki kredit macet maka kemungkinan besar bisa lolos mendapatkan KTA ini.

Biasanya orang-orang akan menggunakan KTA untuk banyak keperluan. Seperti biaya pendidikan, biaya pengobatan, biaya pernikahan, biaya liburan, biaya pembelian barang elektronik, biaya renovasi rumah dan biaya-biaya lainnya. jadi kita sebagai debitur bisa dengan bebas menggunakan dana dari KTA ini asalkan tidak untuk perbuatan yang melanggar hukum. Keuntungan-keuntungan dalam mengajukan KTA juga banyak loh. beberapa keuntungan yang bisa didapatkan antara lain:

  • Syarat yang mudah serta tidak ribet
  • Tidak perlu jaminan apapun
  • Dokumen yang harus dipenuhi sedikit
  • Bunga ringan
  • Cicilan tetap sampai akhir
  • Tenor bisa pendek atau panjang
  • Plafon bisa sampai ratusan juta rupiah
  • Dana bisa dipakai untuk keperluan apa saja.

(Baca Juga: Pinjaman Cicilan Ringan KTA CTBC)

Nah jika kita ternyata membutuhkan dana mendadak tapi hanya 15 juta rupiah saja. Misalnya saja kita butuh 15 juta rupiah untuk membayar biaya pengobatan di rumah sakit. Tapi apakah mungkin kita bisa mencari penyedia pinjaman dengan plafon 15 juta saja? Jawabannya tentu bisa. Saat kita tidak memiliki dana darurat untuk biaya pengobatan tersebut tapi kita juga tidak mau memiliki hutang yang banyak maka PermataKTA Online adalah pilihannya.

Memang KTA biasanya memiliki rentang dana pinjaman yang lumayan luas. Jadi kita bisa dengan bebas menentukan berapa jumlah dana yang ingin kita pinjam. Dengan PermataKTA Online ini bisa dengan mudah mendapatkan 15 juta dan syaratnya juga mudah. Jadi Bank Permata sebagai penyedia pinjaman dengan plafon 15 juta  sudah sangat pas buat kita yang memang hanya butuh dana yang tidak banyak.

Nah tulisan mengenai penyedia pinjaman dengan plafon 15 juta ini akan membahas tentang syarat dan ketentuan di PermataKTA online yang mungkin bisa kita pilih nanti saat membutuhkan. Apa saja itu yuk simak tentang PermataKTA Online ini ya.

Secara keseluruhan KTA dari Bank Permata ini lebih unggul dari produk-produk KTA bank lainnya. ini disebabkan karena KTA Permata banyak variasinya. Ada KTA Permata Online, KTA untuk nasabah payroll dan juga KTA untuk nasabah biasa. Jika dibandingkan dengan pinjaman online, plafon dari KTA Permata ini lebih besar yakni Rp300 juta. Jadi simak terus tulisan ini!

Permata KTA Online

Sejak berkembangnya teknologi maka semua aspek menjadi system online. Mulai dari ojek sampai dengan pinjaman seperti ini. Produk yang memiliki banyak peminatnya adalah Permata KTA Online ini. Besarnya dana pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp5 juta sampai dengan Rp300 juta dan jangka waktu yang diberikan untuk pelunasan sampai 36 bulan. Ketika kita memiliki kartu kredit maka kita bisa loh mendapatkan bunga serta biaya pinjaman yang lebih rendah. Meski begitu bagi kita yang tak punya kartu kredit juga bisa mengajukan KTA ini dengan bunga dan biaya pinjaman standar.

Kali ini penyedia pinjaman dengan plafon 15 juta yaitu Bank Permata memberikan kelonggaran bagi kita yang tidak memiliki kartu kredit untuk mengajukan pinjaman maksimal 15 juta melalui Permata KTA Online. Suku bunga yang diberikan adalah sebesar 2,99% dengan bunga flat tiap bulannya. Masa tenor atau jangka waktu yang diberikan hanya mulai dari 6 bulan dan 12 bulan saja.

Biasanya untuk KTA selalu ada biaya-biaya yang harus kita bayarkan saat menerima dana pinjaman seperti biaya provisi sebesar 3% atau minimal Rp150.000, biaya transfer ke bank lain sebesar 15 ribu, biaya keterlambatan sebesar 5% atau minimal Rp50.000. Jika kita ingin melunasi pinjaman tapi di waktu yang lebih cepat maka ada biaya pelunasan dipercepat sebesar 5%  dari sisa pokok pinjaman. Syarat umum untuk bisa mengajukan KTA ini adalah:

  • WNI
  • Bertempat tinggal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Bali dan Makassar
  • Usia minimal 21 dan maksimal 50 tahun saat pelunasan
  • Memiliki penghasilan minimal Rp5 juta
  • Mempunyai NPWP

Jika kita memiliki kartu kredit sebelumnya maka Permata KTA Online memberikan suku bunga sebesar 0,88% – 1,59% tiap bulannya. Biaya provisinya juga hanya diberikan sebesar 2% dan tenor bisa sampai 36 bulan. Jadi baik memiliki kartu kredit ataupun tidak memiliki kartu kredit bisa mengajukan KTA ke penyedia pinjaman dengan plafon Rp 15 juta ini yaitu Bank Permata. Tapi memang lebih  cocok untuk mengambil KTA Permata Online non credit card karena plafon maksimal hanya 15 juta saja.

Cara Pengajuan KTA Permata Online

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengajukan KTA Permata Online ini lo. Dari mulai menghubungi call center sampai datang ke kantor cabang Bank Permata terdekat. Tapi kali ini penyedia pinjaman dengan plafon 15 juta ini menyertakan system online juga layaknya fintech. Kali ini dengan memakai aplikasi Permata Mobile X kita akan lebih menghemat waktu dan energy untuk mengajukan hutang ke Bank permata. Yuk simak langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  1. Unduh aplikasi Permata Mobile X di Play Store atau Apple Store.
  2. Isi registrasi dengan nomor rekening, nomor telepon serta alamat email yang sudah terintegrasi di system Bank Permata.
  3. Masuk ke Menu KTA lalu klik “ajukan pinjaman tunai”
  4. Selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman KTA Reguler dan klik Apply Now
  5. Kemudian akan ada tulisan di keranjang kamu punya 1 produk dan klik bagian itu
  6. Kemudian klik “mulai pengajuan 1 produk”
  7. Aplikasi akan meminta akses ke smartphone kita untuk mengakses gambar, merekam video, dan akses foto, media serta file. Jika kita setujui berarti pihak Bank bisa melihat semua file kita.
  8. Setelah kita izinkan, maka saatnya unggah foto KTP serta NPWP. Data dalam foto akan tercatat secara otomatis ke dalam system karena aplikasi memakai teknologi ICR.
  9. Pilih plafon serta jangka waktu untuk pelunasan yang kita mau. Dan akan ada tabel tentang jumlah angsurannya yang harus dibayar nanti.
  10. Selanjutnya isi semua data yang diminta dengan benar dan lengkap yang berkaitan dengan pinjaman yang diajukan.
  11. Lakukan konfirmasi proses pengajuan saat sudah selesai mengisi semua data. Di hari yang sama kita mengajukan lewat aplikasi ini maka keputusannya bisa diterima juga.

Jadi itu dia cara mengajukan pinjaman ke penyedia pinjaman dengan plafon 15 juta yang paling mudah kita temukan. Dengan KTA dari Bank Permata ini kita bisa mengajukan kredit yang sesuai dengan kebutuhan kita saat ini. Semoga tulisan ini bisa membantu ya.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti