Perbedaan BRI Internet Banking dan BRI Mobile

Penasaran dengan apa sama perbedaan BRI internet banking dan BRI Mobile? Berikut CekAja coba ulas perbedaan dari kedua fitur dari Bank BRI tersebut. Yuk simak!

Kita pastilah sudah tak asing dengan fasilitas Internet Banking, bukan? Sebagian besar dari kita pasti sudah biasa melakukan transaksi seperti transfer atau pembelian melalui layanan website yang disediakan oleh pihak bank yaitu Internet Banking.

Sementara itu, apabila menggunakan aplikasi smartphone ataupun fitur mobile banking pada ponsel, kita sebut sebagai m-banking.

Kedua fasilitas tersebut merupakan bagian dari e-banking. Beragam transaksi perbankan dilakukan secara elektronik.

Nah, mari kita ulas lebih jauh apa perbedaan antara I-Banking dan m-banking, khususnya perbedaan BRI Internet Banking dan BRI Mobile.

Perbedaan BRI Internet Banking dan BRI Mobile

BRI Internet Banking

BRI Internet Banking sendiri cukup terlambat diluncurkan yakni pada penghujung tahun 2014 lalu.  Meski demikian, kita patut salut pada bank yang telah berdiri sejak tahun 1800-an di Indonesia tersebut.

Fasilitas Internet Banking yang dihadirkan oleh Bank BRI cukup unik. Berbeda dari bank-bank lainnya yang biasa menyediakan token berupa perangkat tambahan secara fisik, BRI menyediakan mTOKEN.

(Baca juga: Cara Mudah Daftar IB BRI dan BRI Mobile)

Jadi, akses penerimaan kode token untuk menyelesaikan transaksi Internet Banking adalah melalui SMS ke nomor handphone terdaftar.

Sebagaimana sudah disinggung di awal artikel, BRI Internet Banking adalah layanan transaksi perbankan yang dapat diakses melalui website IB BRI, yaitu pada laman https://ib.bri.co.id. 

Jadi, tak perlu mengunduh aplikasi BRI pada gadget, kamu sudah bisa mengaksesnya dari perangkat komputer maupun smartphone mana saja.

Tertarik untuk memiliki akun Internet Banking dari BRI? Cara daftarnya sangat mudah, kok. Daftarkan user-ID dan password melalui mesin ATM BRI. 

Setelah itu, datangi kantor cabang BRI terdekat untuk registrasi mTOKEN yang akan digunakan sebagai fasilitas keamanan berlapis ketika bertransaksi.

Kamu hanya perlu menyiapkan buku tabungan BRI, nomor handphone yang bekerja sama dengan BRI serta alamat e-mail sebelum berangkat ke kantor cabang terdekat.

BRI Mobile

BRI Mobile sebenarnya merupakan bagian dari e-banking. Namun, fasilitas mobile banking diakses melalui aplikasi yang diinstal pada gawai dan juga SMS. 

Mobile banking terdiri atas m-banking dan juga SMS Banking. Sesuai namanya, fasilitas ini memberikan layanan perbankan yang bergerak.

Fitur yang kamu peroleh dari BRI Mobile sendiri hampir sama dengan fitur Internet Banking BRI. Kamu bisa cek saldo, cek mutasi, isi ulang dan pembayaran. 

Fasilitas m banking dari bank ini cukup memudahkan kamu yang ingin melakukan transaksi perbankan.  Cukup dengan membuka aplikasinya, kamu sudah bisa menyelesaikan berbagai kebutuhan kamu. 

Untuk menikmati fasilitas ini, kamu dapat mendaftarkan nomor handphone yang kamu miliki melalui mesin ATM BRI.

Kemudian, kamu dapat mengajukan akses secara penuh melalui kantor cabang BRI terdekat. Jangan lupa untuk bawa buku tabungan ketika ke kantor cabang, ya!

Tak sulit untuk mendaftarkan maupun BRI Mobile, bukan? Kedua fasilitas ini memang punya banyak persamaan tetapi juga punya beberapa perbedaan.

(Baca juga: 15 Cara Transaksi Aman di KlikBCA)

Produk Tabungan Lainnya yang Bisa Menjadi Pilihan

Jika sudah memiliki tabungan BRI dan membutuhkan tabungan lainnya, kamu dapat mengajukan nya dengan mudah melalui CekAja.com 

Terdapat pilihan tabungan dari Danamon Save yang bisa menjadi pilihan untuk menjadi tabungan dana darurat atau lainnya.

Berbagai keuntungan telah disiapkan Danamon Save, mulai dari bebas biaya transfer online, tarik tunai, hingga bebas biaya administrasi bulanan.

Kamu juga bisa mendapatkan cashback hingga Rp450 ribu dengan menggunakan kode referal “NABUNGAJA” di halaman Danamon.

Proses pengajuan nya pun mudah, cepat, dan aman. Kamu bisa mengajukannya tanpa perlu keluar rumah.

Bagaimana? Menarik bukan? Jadi, yuk segera ajukan tabungan dari Danamon Save hanya melalui CekAja.com sekarang juga!