Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Perbedaan BRI Internet Banking dan BRI Mobile

by Dudung Rahmanto on 2 April, 2016

Anda penasaran dan sering bertanya dalam hati atau pada teman antara perbedaaan BRI internet banking dan BRI Mobile, CekAja mencoba mengulasnya untuk anda.

Kita pastilah sudah tak asing dengan fasilitas Internet Banking, bukan? Sebagian besar dari kita sudah biasa melakukan transaksi perbankan seperti transfer ataupun bahkan pembelian melalui layanan website yang disediakan oleh pihak bank. Dan, kita sebut aktivitas tersebut sebagai Internet Banking. Sementara itu, apabila menggunakan aplikasi smartphone ataupun fitur mobile banking pada ponsel, kita sebut sebagai m-banking.

Ya, istilah tersebut memang benar. Kedua fasilitas tersebut merupakan bagian dari e-banking. Beragam transaksi perbankan dilakukan secara elektronik. Nah, mari kita telaah lebih jauh apa perbedaan antara I-Banking dan m-banking, khususnya perbedaan BRI Internet Banking dan BRI Mobile.

Jika sekarang kamu sedang membuat rekening BRI ataupun sudah pernah, kamu pasti pernah ditawarkan untuk membuat akun pada kedua fasilitas tersebut, bukan?

Perbedaan BRI Internet banking dan BRI Mobile

bri mobile

BRI Internet Banking

Mari kita mulai dari fasilitas perbankan daring ini. BRI Internet Banking sendiri cukup terlambat diluncurkan yakni pada penghujung tahun 2014 lalu. Meski demikian, kita patut salut pada bank yang telah berdiri sejak tahun 1800-an di Indonesia tersebut.

Fasilitas Internet Banking yang dihadirkan oleh Bank BRI cukup unik. Berbeda dari bank-bank lainnya yang biasa menyediakan token berupa perangkat tambahan secara fisik, BRI menyediakan mTOKEN. Jadi, akses penerimaan kode token untuk menyelesaikan transaksi Internet Banking adalah melalui SMS ke nomor handphone terdaftar.

Sebagaimana sudah disinggung di awal artikel, BRI Internet Banking adalah layanan transaksi perbankan yang dapat diakses melalui website IB BRI, yaitu pada laman https://ib.bri.co.id. Jadi, tak perlu mengunduh aplikasi BRI pada gadget milik kamu. Pun kamu bisa akses dari perangkat komputer ataupun smartphone mana saja.

Tertarik untuk memiliki akun Internet Banking dari BRI? Cara daftarnya sangat mudah, kok. Daftarkan user-ID dan password melalui mesin ATM BRI. Lalu, datangi kantor cabang BRI terdekat untuk registrasi mTOKEN yang akan digunakan sebagai fasilitas keamanan berlapis ketika bertransaksi. Siapkan buku tabungan BRI kamu, nomor handphone yang bekerja sama dengan BRI serta alamat e-mail sebelum berangkat ke kantor cabang terdekat.

BRI Mobile

BRI Mobile sebenarnya adalah bagian dari e-banking. Namun, berbeda dari Internet Banking, fasilitas mobile banking diakses melalui aplikasi yang diinstal pada gawai dan juga SMS. Mobile banking terdiri atas m-banking dan juga SMS Banking. Sesuai namanya, fasilitas ini memberikan layanan perbankan bergerak.

Fitur yang kamu peroleh dari BRI Mobile sendiri hampir sama dengan fitur Internet Banking BRI. Kamu bisa cek saldo, cek mutasi, isi ulang dan pembayaran. Hanya saja ada jenis isi ulang dan pembayaran pada m-banking BRI tak selengkap Internet Banking-nya. Contohnya saja, kamu tak bisa isi ulang e-Money melalui BRI Mobile ataupun membayar tagihan dari multifinance.

Meski demikian, fasilitas mobile banking dari bank ini cukup memudahkan kamu yang ingin melakukan transaksi perbankan. Cukup buka aplikasinya, kamu sudah bisa menyelesaikan berbagai kebutuhan kamu. Untuk memiliki fasilitas ini, daftarkan nomor handphone yang kamu miliki melalui mesin ATM BRI. Kemudian, kamu dapat mengajukan akses secara penuh melalui kantor cabang BRI terdekat. Unduh aplikasi mobile banking BRI dan kamu bisa segera menggunakan beragam fitur m-banking melalui gawai iOS, Android ataupun Blackberry yang kamu daftarkan. Jangan lupa untuk bawa buku tabungan ketika ke kantor cabang, ya!

Tak sulit untuk mendaftarkan BRI Internet Banking maupun BRI Mobile, bukan? Kedua fasilitas ini memang punya banyak persamaan tetapi juga punya beberapa perbedaan.

Produk Bank BRI :

Tentang Penulis

Jika ingin dibantu orang, maka bantulah orang lain terlebih dulu.