Perbedaan KTA dan Multiguna Bisa Dilihat dari 5 Indikator! Apa Saja?

Bingung ingin mengajukan pinjaman KTA atau Multiguna? Yuk, ketahui dulu perbedaan KTA dan Multiguna. Meski sama-sama memberikan pinjaman dana, namun persyaratan, proses pengajuan serta masa tenor pelunasannya berbeda.

KTA dan Multiguna sendiri, pada dasarnya merupakan bagian dari produk pinjaman bank. Sehingga, keduanya bisa diajukan langsung di kantor cabang bank terdekat.

Tetapi karena saat ini era sudah digital, maka kamu juga bisa melakukan pengajuan secara online, di beberapa situs perusahaan fintech yang bekerja sama dengan bank, dan menyediakan produk KTA serta Multiguna.

Namun sebelum melakukan pengajuan, pastikan kamu ketahui terlebih dahulu apa perbedaan KTA dan Multiguna, beserta keuntungannya.

Jika ingin tahu perbedaan KTA dan Multiguna dengan mudah, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa perbedaannya, secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Seputar KTA dan Multiguna

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan KTA dan Multiguna, ada baiknya kamu ketahui dulu informasi dasar dari KTA dan Multiguna, yang akan dibahas satu persatu berikut ini.

KTA

KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan jenis pinjaman yang bisa diajukan, tanpa memberikan agunan (jaminan) apapun.

Kamu hanya perlu memberikan dokumen seperti KTP dan NPWP, apabila nominal pinjaman yang diajukan sangat besar.

Jenis pinjaman KTA ini, biasanya diajukan oleh mereka yang membutuhkan dana tunai, namun tidak ingin memberikan jaminan aset apapun, seperti sertifikat kendaraan atau rumah.

Dana yang didapat dari KTA juga umumnya digunakan untuk tambahan biaya pernikahan, pendidikan, renovasi rumah, servis kendaraan dan lain sebagainya.

Ciri-ciri KTA

  • Suku bunga pinjaman relatif tinggi
  • Masa tenor yang diberikan pendek, yaitu sekitar 1 – 2 tahun
  • Proses pencairan dana cepat
  • Syarat yang dibutuhkan sedikit dan sederhana
  • Maksimal jumlah pinjaman yang bisa diajukan cenderung kecil
  • Lebih banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

(Baca Juga: Pinjaman KTA Bunga Rendah)

Multiguna

Berikutnya kamu akan mengetahui tentang kredit Multiguna (KMG). Ini merupakan jenis pinjaman yang membutuhkan aset untuk dijaminkan ke bank.

Adapun beberapa bentuk aset yang bisa dijaminkan, yaitu sertifikat tanah, rumah, kendaraan, dan lain sebagainya yang memiliki nilai tinggi.

Jadi, jika tidak ada aset yang bisa dijaminkan, maka kamu tidak bisa mengajukan kredit Multiguna.

Sebab, aset tersebut berguna untuk mempermudah dan mempercepat proses pengajuan, serta meringankan suku bunga cicilan.

Ciri-ciri Multiguna

  • Suku bunga pinjaman relatif rendah
  • Masa tenor yang diberikan lebih panjang, yaitu bisa sampai 25 tahun
  • Proses pencairan dana lebih lama, karena harus ada penilaian (appraisal) dari pihak bank
  • Syarat yang dibutuhkan lebih banyak dan kompleks
  • Maksimal jumlah pinjaman yang bisa diajukan lebih besar, bahkan mencapai miliaran
  • Lebih banyak digunakan untuk kebutuhan jangka panjang, seperti kredit usaha atau kredit pemilikan rumah (KPR).

Perbedaan KTA dan Multiguna

Selain mengetahui informasi dasar seputar KTA dan Multiguna, kamu juga perlu mengetahui perbedaan KTA dan Multiguna.

Pasalnya, walaupun sama-sama pinjaman, baik KTA dan Multiguna memiliki sejumlah perbedaan.

Di awal pembahasan telah disinggung, kalau perbedaan KTA dan Multiguna terletak pada persyaratan, proses pengajuan, serta masa tenor pelunasan cicilan.

Tetapi selain itu, masih ada banyak lagi perbedaan KTA dan Multiguna yang perlu kamu ketahui, di antaranya akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Masa tenor pinjaman

Perbedaan KTA dan Multiguna yang pertama, yaitu masa tenor pinjaman. Untuk KTA sendiri, masa tenor pinjaman yang diberikan cukup singkat, yaitu sekitar 1 – 2 tahun, atau maksimal 5 tahun.

Hal itu tentu sangat berbeda dengan kredit Multiguna, karena KMG memberikan masa tenor yang sangat panjang, bahkan hingga 25 tahun.

2. Proses pengajuan pinjaman

Selain dilihat dari masa tenor, perbedaan KTA dan Multiguna juga bisa dilihat dari proses pengajuan pinjamannya.

Yang mana, proses pengajuan KTA lebih mudah, sederhana dan cepat. Sebab, KTA juga bisa diajukan secara online, dengan proses verifikasi dan persetujuan yang hanya membutuhkan waktu beberapa jam.

Berbeda sekali dengan proses pengajuan kredit Multiguna, yang cenderung memakan waktu lama.

Sebab harus ada penilaian (appraisal) terlebih dahulu dari pihak bank, agar proses pinjaman bisa disetujui.

3. Persyaratan yang harus dipenuhi

Jika berbicara tentang persyaratan, tentu sudah jelas kalau KTA memberikan persyaratan yang jauh lebih sederhana dibandingkan Multiguna.

Karena secara umum, pengajuan KTA hanya membutuhkan KTP dan NPWP. Itu pun digunakan, ketika jumlah pinjaman yang diajukan sangat besar.

Apabila jumlah pinjaman yang diajukan kecil, biasanya syarat yang harus dipenuhi hanya KTP, slip gaji, dan beberapa syarat lainnya kecuali aset jaminan.

Sementara untuk pengajuan Multiguna, dibutuhkan syarat yang jauh lebih kompleks, salah satunya yaitu mewajibkan calon debitur memberikan aset sebagai jaminan, baik itu sertifikat tanah, rumah dan sebagainya.

4. Limit pinjaman yang diberikan

Ketika hendak mengajukan pinjaman, satu hal yang wajib diketahui adalah berapa limit pinjaman minimal dan maksimal yang bisa diberikan bank, atau lembaga pinjaman uang lainnya.

Seperti misalnya KTA, limit pinjaman yang bisa diberikan hanya berkisar Rp3 – Rp50 juta. Kalaupun ada KTA yang mencairkan dana hingga Rp200 juta, biasanya akan membutuhkan proses verifikasi dan persetujuan yang cukup lama.

Sedangkan untuk kredit Multiguna, limit pinjaman yang diberikan sangat besar. Para debitur bisa mengajukan pinjaman hingga ratusan juta, bahkan miliaran tergantung nilai aset yang diagunkan.

5. Suku bunga pinjaman

Terakhir ada suku bunga pinjaman, yang bisa dijadikan indikator untuk mengetahui perbedaan KTA dan Multiguna.

Pasalnya, suku bunga pinjaman yang diberikan KTA cenderung tinggi, yaitu sekitar 1 – 1,8 persen per bulan, meskipun sifatnya adalah tetap/flat.

Hal itu sangat berbanding terbalik dengan suku bunga kredit Multiguna, yang jika dilihat dengan baik hanya di bawah satu persen saja per bulannya.

Nah, perbedaan inilah yang tak jarang membuat orang-orang bingung ingin mengajukan pinjaman KTA atau Multiguna.

Karena baik KTA atau Multiguna, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga, perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum mengajukan pinjaman.

Manfaat KTA dan Multiguna

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui perbedaan KTA dan Multiguna dengan jelas, maka kini saatnya kamu mengetahui sederet manfaat dari KTA dan Multiguna.

KTA memberikan manfaat dalam bentuk proses pencairan yang sangat cepat, karena hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja.

Kemudian untuk persyaratannya, KTA tidak membutuhkan banyak dokumen serta agunan (jaminan), sehingga syarat yang harus dipenuhi sangat mudah dan sederhana.

KTA juga bisa diakses oleh siapa saja, baik itu pegawai biasa, karyawan perusahaan, wiraswasta maupun profesional. Inilah yang menjadi daya tarik dari KTA, dibandingkan kredit Multiguna.

Tetapi, bukan berarti kredit Multiguna tidak memberikan manfaat apapun. Jenis pinjaman yang satu ini juga memberikan manfaat, yaitu mampu mencairkan dana hingga miliaran rupiah.

Tentunya, hal itu disesuaikan dengan nilai aset yang diagunkan. Akan tetapi, besarnya jumlah dana yang dicairkan juga diimbangi dengan lamanya masa tenor yang diberikan.

Dengan demikian, hal itu tidak menjadi beban dan memberatkan pihak peminjam, dalam melunasi cicilannya setiap bulan.

(Baca Juga: Daftar Pinjaman Multiguna Terbaik)

Itulah perbedaan KTA dan Multiguna, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Dari semua informasi tersebut, kamu bisa mempertimbangkan dan memilih jenis pinjaman apa yang terbaik, serta sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Apabila kamu merasa KTA adalah pilihan yang tepat, maka kamu bisa langsung mengajukan KTA di bank yang dituju.

Namun jika belum menemukan bank yang sesuai, jangan khawatir. Langsung saja berkunjung ke situs CekAja.com.

Di sana, tersedia produk pinjaman KTA dari berbagai bank maupun lembaga peminjam, yang bisa kamu bandingkan terlebih dahulu, dan dipilih sesuai kebutuhan.

Jika sudah ditemukan satu yang terbaik, maka kamu bisa langsung mengajukannya di sana secara online.

Perlu diketahui, proses pengajuan KTA melalui CekAja.com sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sendiri sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan KTA terbaikmu sekarang juga!