Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pilihan Tabungan Haji dengan Setoran Awal Cuma Rp50.000!

by Tisyrin N. T on 22 Juli, 2019

Kalau kamu punya uang Rp50.000, bakal dipakai buat apa? Kalau kamu jajan di coffee shop tenar, uang segitu cuma habis buat secangkir kopi ya kan? Nah, mumpung lagi musim haji, gimana kalau uang segitu kamu alihkan buat mulai menabung agar bisa naik haji? Cek pilihan tabungan haji dengan setoran ringan!

tabungan haji

Musim haji tahun ini terdapat 231.000 orang jamaah Indonesia yang berangkat. Sebanyak 214.000 merupakan jemaah haji reguler dan sisanya 17.000 merupakan jemaah haji khusus. Untuk pemberangkatan haji gelombang pertama berlangsung pada tanggal 6 – 19 Juli 2019, selanjutnya gelombang kedua pada tanggal 20 Juli hingga 5 Agustus 2019.

Tahun ini, jemaah haji rata-rata membayar Rp 35.235.602. Angka ini rupanya tak mengalami kenaikan dari Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2018. Nah, buat sebagian orang, uang segitu adalah jumlah yang kecil. Namun, buat sebagian orang lainnya, mungkin termasuk kamu, jumlah segitu adalah jumlah yang besar dan untuk mengumpulkannya perlu waktu bertahun-tahun.

Maka dari itu, penting sekali memiliki tabungan haji kalau sudah punya niatan pergi ke Tanah Suci. Dari sekian banyaknya tabungan haji, ada beberapa tabungan yang setoran awalnya sangat ringan yaitu mulai dari Rp50.000 saja. Ini dia beberapa diantaranya:

  • Tabungan iB Hijrah Haji

Tabungan dari Bank Muamalat ini bisa kamu mulai dengan dana yang ringan cuma Rp50.000 saja. Apalagi Bank Muamalat adalah bank umum syariah pertama di Indonesia, yang tentunya sangat bisa dipercaya.

Serta Bank Muamalat merupakan salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) yang terdaftar di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kementerian Agama Republik Indonesia. Ini merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan dalam memilih bank untuk membuat tabungan haji ya!

Beberapa keuntungan Tabungan iB Hijrah Haji antara lain lebih praktis, karena tidak perlu membawa uang tunai berlebihan, mengapa? Karena nasabah akan mendapatkan pilihan kartu Shar-E Debit Muamalat. Kartu dapat digunakan untuk transaksi ATM dan pembayaran belanja di seluruh dunia lewat jaringan ATM Bank Muamalat, ATM Plus/Visa, ATM Bersama, ATM Prima, MEPS, dan merchant Visa.

Bukan cuma itu, Tabungan iB Hijrah Haji juga lebih ringan karena tidak dikenakan biaya administrasi atau juga biaya pemindahan dana ke rekening Tabungan iB Hijrah Haji. Kamu juga akan dapatkan suvenir eksklusif berupa perlengkapan haji.

Kalau kamu tertarik buka tabungan ini, siapkan syarat-syaratnya yaitu untuk orang dewasa berupa fotokopi KTP/SIM dan NPWP. Sementara untuk anak-anak, syaratnya yaitu identitas orang tua (KTP dan NPWP) serta akte kelahiran atau Kartu Keluarga.

(Baca juga: Cek Saldo Bank Muamalat dan Siapkan Dana Tambahan Ini Sebelum Naik Haji)
  • Tabungan Haji BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga punya tabungan haji. Setoran awalnya pun ringan hanya Rp50.000 saja. Salah satu keuntungan kalau kamu punya Tabungan Haji BRI adalah gratis biaya administrasi.

Kamu juga bisa dapetin asuransi gratis berupa asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa. Dan, kamu akan mendapatkan suvenir berupa perlengkapan haji.

Pastinya, tabungan ini juga terintegrasi dengan SISKOHAT Kemenag. Ketika saldo telah mencapai Rp25 juta, akan dibantu penginputan data Calon Jemaah Haji agar memperoleh nomor validasi pendaftaran haji.

Kalau tertarik, kamu dapat mengisi form aplikasi pembukaan rekening. Lalu siapkan identitas diri kamu. Untuk WNI, siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis NIK dan NPWP. Sementara untuk WNA berupa Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung.

(Baca juga: Ini Berbagai Jenis Haji dan Biayanya!)
  • Tabungan Haji BRI Syariah iB

Pilihan lainnya yaitu Tabungan Haji BRI Syariah iB. Tabungan ini setoran awalnya ringan yaitu Rp50.000. Keunggulan lainnya adalah gratis biaya administrasi bulanan serta gratis asuransi jiwa dan kecelakaan.

Tabungan ini juga online dengan SISKOHAT untuk mendapatkan kepastian porsi keberangkatan haji. Enaknya lagi, kamu bebas setiap saat untuk menambahkan saldo. Setoran selanjutnya minimum hanya Rp10.000 aja lho!

Kalau tertarik, siapkan syarat-syaratnya yaitu fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan fotokopi Kartu Keluarga (untuk pembukaan bagi anak-anak).

Khusus untuk anak-anak, datanya dapat didaftarkan ke SISKOHAT setelah anak berusia di atas 12 tahun.

Nah, selain lewat tabungan, kamu juga dapat menyiapkan biaya haji lewat investasi. Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami