Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit, Solusi Tepat Saat Butuh Uang Cepat

by Rafly Aditia on 21 Agustus, 2017

tips karier_kartu kredit - CekAja.com

Kredit Tanpa Agunan adalah produk keuangan yang memberikan pinjaman uang tanpa gunakan agunan atau jaminkan aset berharga. Pemilikan kartu kredit jadi syarat utama. Benarkah?

Kredit Tanpa Agunan biasanya memiliki persyaratan berupa kepemilikan kartu kredit, tetapi untuk beberapa produk tertentu, kita bisa mengajukan KTA tanpa kartu kredit atau histori kredit sebelumnya.

Memang betul, pada umumnya untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan secara online maupun offline biasanya ada persyaratan mengenai kepemilikan kartu kredit minimal 1 tahun untuk para calon debitur. Mengapa demikian?

Karena lewat kepemilikan kartu kredit ini, pihak bank dapat melacak data historis calon debitur atau peminjam untuk mempertimbangkan pemberian pinjaman uang dalam jumlah tertentu yang diajukan oleh sang debitur.

Lewat catatan kredit yang didapatkan dari data penggunaan kartu kredit calon peminjam inilah pihak bank dapat melacak bagaimana perilaku calon peminjam dalam menggunakan kartu kreditnya.

Kartu Kredit Sebagai Alat Untuk Melihat Jejak Rekam Historis

Apakah dia memiliki kebiasaan untuk melakukan pembayaran kredit atau utang bulanan secara tepat waktu atau tidak, berapa besar jumlah transaksi yang telah dilakukan, berapa jumlah limit kartu kredit yang dimiliki dan sebagainya.

Tentunya, hal tersebut merupakan salah satu modal terbaik untuk bank agar dalam mempelajari dan menimbang apakah seseorang layak untuk mendapatkan persetujuan saat mengajukan KTA.

KTA proses cepat tanpa kartu kredit

Mengetahui hal di atas, tentu biasanya seseorang yang belum memiliki kartu kredit harus mengandaskan harapannya ketika ingin mengajukan pinjaman KTA online maupun offline.

Namun, jangan berkecil hati dulu karena faktanya ada beberapa bank yang memperbolehkan anda untuk mengajukan pinjaman KTA tanpa kartu kredit. Ya, Jenis KTA tanpa kartu kredit adalah salah satu opsi terbaik bagi anda yang ingin meminjam uang dalam jumlah cukup besar tetapi tidak memiliki kartu kredit.

Dengan persyaratan yang kurang lebih sama, seperti data diri, slip gaji atau bukti penghasilan bulanan dan sebagainya. Hanya saja anda kepemilikan kartu kredit tidak menjadi persyaratan yang harus dipenuhi.

Memang biasanya untuk produk KTA tanpa kartu kredit bunga yang dikenakan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan KTA biasa yang mengharuskan kepemilikan kartu kredit.

Tentu hal ini merupakan hal yang adil, mengingat bank sudah memberikan kepercayaan kepada anda sebagai calon peminjam dengan risiko tinggi karena tidak mengetahui bagaimana catatan kredit anda serta tanpa adanya aset berharga yang dijaminkan.

Terutama jika anda membutuhkan pinjaman uang untuk jangka waktu pendek dan tidak memiliki kartu kredit, mungkin produk KTA tanpa kartu kredit dapat menjadi solusi alternatif yang baik.

Biasanya, seseorang membutuhkan pinjaman untuk berbagai hal mulai dari renovasi rumah, biaya untuk resepsi pernikahan, biaya rumah sakit, pelunasan kartu kredit, modal usaha, dan berbagai kebutuhan keuangan lain yang terbilang mendesak.

Banyak keuntungan yang didapatkan jika anda memilih untuk mengajukan KTA tanpa kartu kredit, antara lain:

  • Jumlah pinjaman yang cukup besar
  • Tidak perlu kepemilikan kartu kredit
  • Persyaratan pengajuan yang lebih mudah dipenuhi
  • Pencairan dana terbilang lebih cepat
  • Suku bunga yang sedikit lebih tinggi tapi tetap kompetitif
Syarat mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit 

Agar pengajuan KTA tanpa kartu kredit diterima, maka ada beberapa persyaratan tertentu yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Identitas pribadi yang lengkap dan memenuhi persyaratan. Biasanya, bank memiliki kriteria mulai dari usia 21-65 tahun bagi anda yang ingin mengajukan KTA tanpa kartu kredit. Untuk usia 65 tahun berarti bahwa dalam batas akhir tenor usia calon peminjam tidak boleh melebihi usia 65 tahun.
  • Keaslian dan kelengkapan dokumen: Ada beberapa dokumen yang sudah harus anda persiapkan dengan matang apabila ingin mengajukan KTA tanpa kartu kredit. Mulai dari: NPWP, Kartu Keluarga, Akta Nikah (Apabila anda sudah menikah). Surat keterangan penghasilan atau slip gaji bagi karyawan, Surat Izin Praktik untuk para profesional atau SIUP bagi pelaku usah. Serta rekening koran atau tabungan dalam kurun waktu 3 bulan terakhir untuk membuktikan jumlah pendapatan bulanan.
  • Debt Ratio maksimal 30 persen. Ada satu hal yang perlu anda pelajari dengan baik, saat mengajukan pinjaman. Pastikan bahwa jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan maksimal 30% dari jumlah pendapatan per bulan anda. Hal ini merupakan peraturan yang sudah ditetapkan oleh bank dan pemerintah agar anda tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran cicilan bulanan nantinya.
  • Validitas email dan nomor telepon. Saat mengajukan KTA tanpa kartu kredit secara online misalnya di CekAja.com. Pastikan bahwa nomor telepon dan email yang anda masukkan saat mengisi data diri merupakan email dan nomor telepon yang anda gunakan. Selain nomor telepon pribadi, saat melakukan pengajuan anda juga akan diminta nomor telepon kantor. Dan nomor telepon keluarga yang tidak serumah.
  • Pastikan semua data yang diisi sesuai, sehingga proses verifikasi dapat berjalan dengan lancar.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.