Daftar Pinjaman Tanpa BI Checking, Cuma Butuh KTP & Foto Selfie

Mau pinjam uang saja syaratnya banyak, ribet nggak sih? Tapi, memang ada ya, pinjaman tanpa BI checking? Ada dong, bahkan kamu cuma butuh selfie dan KTP saja, dana sudah bisa langsung cair!

Daftar Pinjaman Tanpa BI Checking, Cuma Butuh KTP & Foto Selfie

Tapi beneran aman? Tentu saja, terlebih rekomendasi pinjaman tanpa BI checking berikut ini, juga sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, sudah pasti legal dan terjamin keamanannya.

Dalam proses verifikasi data saja, kamu bisa melakukannya secara digital dan online. Sehingga, sebagai nasabah kamu bisa mengajukan pinjaman dimanapun dan kapanpun.

Tapi, BI checking sendiri itu apa sih? Seberapa penting?

Daftar Pinjaman Tanpa BI Checking

1. JULO

Pinjaman tanpa BI Checking yang pertama ada JULO, yang bisa cair langsung bahkan dalam hitungan menit saja. Jika kamu belum bisa pinjam ke bank karena status kredit buruk, kamu bisa pinjam ke JULO.

Namun, untuk limit kreditnya masih terbatas, dan tidak sebesar pinjam di bank. Untuk limit kredit yang ditawarkan mulai Rp500 ribu hingga Rp15 juta, dengan bunga pinjaman yakni 0,1% per hari.

Persyaratan Umum Pengajuan Pinjaman JULO

  • Pekerjaan: Karyawan, Pegawai negeri Sipil, Wiraswasta
  • Rentang Usia Debitur: 21 – 65 Tahun
  • Minimal Pendapatan Pertahun: IDR48.000.000
  • Minimal Pendapatan Perbulan: Rp 4.000.000
  • Apakah Penjamin diperlukan? Tidak
  • Apakah Kolateral (Agunan) diperlukan? Tidak
  • Cakupan Wilayah: Seluruh Indonesia
  • Limit:Rp500 ribu – Rp15 Juta
  • Tenor: 3 – 6 bulan 
  • Suku Bunga: 4,50%
  • Proses persetujuan kredit: 1-2 hari kerja
  • Biaya Provisi: 5% of due amount / min Rp55.000 5% of due amount / min Rp55.000
  • Biaya Keterlambatan: 7%

2. LINE Bank – Quick Credit

Selanjutnya ada LINE Bank by Hana Bank yang menjadi pinjaman tanpa BI Checking, dengan limit pinjaman mulai Rp1 juta hingga Rp100 juta.

Bahkan, dengan 30 hari penggunaan limit, kamu tidak akan dikenakan biaya, atau istilahnya pakai sekarang bayar nanti.

Untuk tenornya, mulai dari 3,6,9 dan 12 bulan, bahkan kamu bisa bebas dari bunga selama 30 hari. Berikut rincian lengkapnya:

  • Rentang Usia Debitur: 21 – 55 Tahun
  • Minimal Pendapatan Pertahun: IDR36.000.000
  • Minimal Pendapatan Perbulan: Rp 3.000.000/bulan
  • Apakah Penjamin diperlukan?: Tidak
  • Apakah Kolateral (Agunan) diperlukan?: Tidak
  • Cakupan Wilayah: Jabodetabek, Bandung, Surabaya

3. TunaiKu Amar Bank

Rekomendasi pinjaman tanpa BI Checking selanjutnya adalah TunaiKu dari Amar Bank. Pinjaman ini juga memiliki keunggulan terkait kecepatan pencairan dana, yakni hanya dalam hitungan menit.

Untuk limit pinjamannya juga cukup besar yakni mulai Rp2 juta sampai Rp20 juta, dengan tenor yang beragam. Berikut rinciannya:

  • Pengajuan yang praktis. Hanya dengan KTP dan tidak perlu NPWP ataupun Kartu Kredit
  • Pinjaman mui Rp2 juta hingga Rp 20 juta dengan jangka waktu cicilan 6 hingga 20 bulan
  • Aman dan transparan tanpa biaya tersembunyi
  • Rentan usia: 21-55 tahun
  • Minimal pendapatan per tahun Rp36 juta
  • Minimal pendapatan per bulan Rp3 juta
  • Tidak perlu kepemilikan kartu kredit
  • Proses persetujuan pengajuan 1-3 hari kerja

4. Adakami

Pinjaman tanpa BI Checking yang berikutnya adalah AdaKami. Selain bisa diajukan tanpa jaminan, kamu juga bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp3 juta hingga Rp10 juta, dengan tenor pinjaman 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan.

Untuk besaran bunga, yakni mulai 36 persen per tahun. Kamu bisa ajukan pinjaman di AdaKami dengan proses yang cepat, bahkan dengan waktu maksimal 48 jam dana sudah bisa cair dan masuk ke rekening kamu.

5. Shopee Pay Later

Siapa yang tidak tahu Shopee PayLater? Di sini Shopee Pay Later juga bisa memberikan pinjaman, dengan limit mulai Rp500 ribu sd Rp15 juta, tanpa BI Checking dan hanya butuh KTP dan foto selfie saja.

Untuk menggunakannya, kamu bisa install e-commerce Shopee tersebut dahulu, dan selanjutnya kamu bisa aktifkan fitur SPayLater kamu.

Dengan fitur PayLater ini, kamu bisa membeli barang apapun di Shopee, dengan cara dicicil, atau bayar nanti, tanpa kartu kredit.

  • Plafon limit pinjaman Rp 500 ribu sd Rp 15 juta
  • Tenor cicilan: 1, 2, 3, 6 dan 12 bulan
  • Bisa pilih tanggal jatuh tempo tagihan, tanggal 5, 11 daan 25 setiap bulannya.
  • Bisa mendapatkan peningkatan limit dengan catatan pembayaran yang baik
  • Suku Bunga Kredit cukup bersaing

(Baca Juga: Bahaya Pinjaman Online Tanpa KTP)

Apa Itu BI Checking?

BI Checking sendiri merupakan sebuah aktivitas pengecekan status debitur (calon nasabah) yang dilakukan oleh pihak bank, dengan cara melihat Sistem Informasi Debitur (SID). 

Sistem SID merupakan data yang didapatkan dari hasil pertukaran informasi antar bank, dan juga lembaga pembiayaan, terkait informasi debitur atau nasabah. 

Dengan sistem SID tersebut, para pihak bank dan lembaga keuangan, bisa melihat rekam jejak finansial nasabah, riwayat cicilan dan pembayaran yang pernah dilakukan. Apakah pernah menunggak, punya hutang yang tidak terbayar, telat bayar dan lainnya.

Dengan informasi tersebut, pihak bank dan lembaga keuangan akan menilai dan juga memutuskan, untuk menyetujui pengajuan pinjamannya atau tidak.

Adapun informasi penilaian terkait data nasabah tersebut, biasa disebut dengan Informasi Debitur Individual atau IDI Historis.

Nah, dari situ bank dan lembaga keuangan bisa menentukan apakah debitur lolos BI checking dan layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

5 Kategori Penilaian BI Checking

Ada berbagai kategori penilaian, yang dilakukan oleh BI checking terkait kelancaran pembayaran atau kolektibilitas. Berikut informasinya:

Kredit Lancar: Penilaian kepada debitur atau nasabah, yang memiliki kemampuan membayar kewajiban hingga bunga dengan lancar dan tepat waktu. Jadi, jika kamu memiliki status ‘kredit lancar’, maka kamu tidak perlu khawatir karena proses pengajuan pinjaman dipastikan akan berjalan mulus. Begitupun sebaliknya.

Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK): Debitur atau nasabah yang pernah telat bayar atau menunggak, sekitar 1-2 bulan. Maka status kreditnya bisa dinilai “kurang lancar.” Untuk kelancaran proses pengajuan mungkin masih bisa, tapi agak dipersulit saja.

Kredit Tidak Lancar: Nasabah atau debitur pernah melakukan keterlambatan pembayaran pinjaman, hingga bunga pokok setidaknya selama 3-6 bulan. Nah, untuk kategori ini, bisa masuk ke status kredit ‘tidak lancar’. Jika kamu sudah berada di status ini, maka jangan berharap besar bahwa pihak bank atau lembaga keuangan bisa menyetujui pengajuan pinjaman kamu, meski kamu sudah melakukan berbagai upaya untuk melunasi utang-utang yang lalu.

Kredit Diragukan: Untuk kategori yang satu ini, debitur atau nasabah masih memiliki riwayat pinjaman lainnya dan belum diselesaikan. Jika kamu sudah masuk ke kategori ini, maka kamu adalah orang-orang sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank manapun. Karena bank atau lembaga keuangan, tidak ingin mengambil risiko yang besar, jika kamu akan mengulangi hal tersebut.

Kredit Macet: Kategori yang terakhir adalah ‘kredit macet’ di mana hal ini merupakan usaha lanjutan dari pengaktifan status “kredit tidak lancar”, namun nasabah masih belum juga berhasil menyelesaikan kreditnya. Di posisi atau kondisi ini, kamu juga tidak dapat mengajukan pinjaman kepada bank.

Mau Memperbaiki Status Kredit dan Masih Butuh Pinjaman, Gimana Caranya?

Tidak selamanya kamu terus-terusan ada di posisi atau ada di kategori 2 hingga 5. Kamu bisa memperbaiki status kredit kamu yang buruk, dan bisa mendapatkan kembali injakan yakni dengan cara menyelesaikan pembayaran. 

Atau istilahnya bayar atau lunasi utang dan selesaikan masalahmu (tunggakan) yang sebelumnya di bank yang bersangkutan.

Jika masalah tersebut sudah selesai, kamu bisa datang ke Bank Indonesia, untuk mengurus status BI Checking, dengan membawa surat penjelasan dari pihak bank.

Seketika, riwayat kredit kamu, sudah bersih dari berbagai status yang buruk! Untuk jaga-jaga tidak ada salahnya kamu mengurus dan memperbaiki status kredit, meski ternyata, masih ada pinjaman tanpa BI checking, yang bisa memudahkan kamu mendapatkan dana darurat, lho!

Tapi, bukan berarti kamu bisa bebas pinjam, dan melakukan kesalahan dengan menunggak pembayaran ya!

Beberapa pinjaman tanpa BI Checking ini, justru bisa digunakan ketika kamu memang sedang butuh dana, untuk kebutuhan penting, namun belum sempat mengurus status di BI checking.

(Baca Juga: 4 Aplikasi Pinjaman Online Cicilan Terbaik OJK)

Yuk, segera dapatkan pinjaman untuk penuhi kebutuhan kamu, dengan daftar pinjaman tanpa BI Checking di atas! Terlebih, beberapa pinjaman juga bisa diajukan dengan mudah, melalui CekAja.com!

Kamu bisa ajukan dengan praktis, karena bisa ajukan melalui online kapan saja dan di mana saja. CekAja.com juga sudah terdaftar OJK, sehingga sudah pasti aman dan legal!

Dapatkan produk finansial lainnya yang seusai dengan kebutuhan kamu, hanya di CekAja.com!