8 Ramuan Herbal Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Tak hanya fokus memperbaiki keintiman suami-istri, saat menjalankan program hamil, kamu juga harus memperhatikan asupan nutrisi. Berikut ini rekomendasi ramuan herbal penyubur kandungan untuk para istri agar cepat hamil, mudah dibuat di rumah!

Ramuan Herbal Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Tips Agar Program Hamil Sukses

Sebelum mengetahui ramuan herbal penyubur kandungan, pahami dulu beberapa hal yang perlu dilakukan agar program hamil semakin berjalan lancar. Para ahli kesehatan sangat menyarankan penerapan tips-tips berikut ini, di antaranya:

  • Turunkan Berat Badan

Tak sedikit pasangan yang mengalami kenaikan berat badan setelah menikah. Nah, jika kamu dan pasangan menginginkan kehadiran si buah hati, maka cek berat badanmu.

Obesitas atau kelebihan berat badan akan mempersempit peluang kehamilan. Obesitas pada wanita akan menurunkan tingkat kesuburan dan mengganggu siklus mens.

Sementara pada pria, obesitas megakibatkan penurunan kualitas sperma dan meningkatkan risiko disfungsi ereksi.

  • Perbaiki Gaya Hidup

Pasangan yang sedang menjalankan program kehamilan juga disarankan memperbaiki gaya hidup. Apalagi jika kedua pihak sama-sama bekerja dan memiliki aktifitas yang padat. Jaga pola tidur yang baik di waktu yang tepat selama minimal 7-8 jam sehari. Jangan begadang!

Juga, makan makanan dengan gizi seimbang, hindari fast food, dan olahraga ringan secara rutin.

  • Jangan Sampai Kelelahan

Kurangi aktifitas yang menguras banyak tenaga sehingga membuatmu kelelahan. Rasa lelah yang dirasakan terus menerus akan membuat pria maupun wanita tidak bergairah dan menurunkan tingkat kesuburan.

Penelitian dari Harvard TH Chan School of Public di Boston menyebutkan, wanita yang bekerja lebih dari 40 jam per minggu memiliki peluang hamil 20 persen lebih lama dibandingkan mereka yang bekerja lebih sedikit.

  • Jaga Kondisi Psikologis

Mood juga berpengaruh pada kualitas seks dan tingkat kesuburan, lho. Pastikan kamu dan pasangan selalu merasa bahagia. Lakukan hal-hal yang membuat senang, seperti melakukan hobi atau quality time berdua dengan liburan, jalan-jalan keliling kota, movie marathon di rumah, dan lain-lain.

Sebaliknya, hindari stres. Jika kamu sudah merasakan penat karena berbagai hal, cobalah cerita kepada pasangan, dan sisihkan waktu untuk bersantai atau sekadar me time.

  • Perbaiki Kualitas Hubungan Seks

Ya, sebelum mencari tahu ramuan herbal penyubur kandungan, hal yang terpenting dari kesuksesan program hamil adalah soal kualitas hubungan seks suami-istri.

Pastikan hubungan seks dilakukan saat kondisi keduanya sedang rileks, sama-sama bergairah, dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan satu sama lain. Sehingga kalian fokus pada keintiman yang berkualitas.

Terakhir, jangan lupa sertakan doa kepada Tuhan YME agar segala usaha kalian untuk dikaruniai momongan segera terkabul, ya.

(Baca Juga: Daftar Dokter Kandungan Terbaik di Jakarta 2020)

Ramuan Herbal Penyubur Kandungan

Jika sudah menerapkan tips-tips di atas, para istri juga bisa mengonsumsi berbagai ramuan herbal penyubur kandungan untuk menambah peluang terjadinya kehamilan menjadi lebih terbuka lebar.

1. Teh Kayu Manis

Teh Kayu Manis

Kayu manis mengandung antioksidan yang baik untuk membuang seluruh racun di dalam tubuh. Selain itu, kayu manis juga membantu melancarkan siklus menstruasi dan meningkatkan kesuburan.

Tanaman dengan nama ilmiah Cinnamomum verum ini bisa dijadikan ramuan herbal penyubur kandungan dengan dijadikan campuran seduhan teh. Ada juga bubuk kayu manis yang bisa kamu beli dan campuran teh atau minuman lainnya.

2. Sari Ginseng Murni

 

Sari Ginseng Murni

 

Ramuan herbal penyubur kandungan selanjutnya adalah akar ginseng yang bisa kamu rebus dan diminum air rebusannya. Ginseng membantu meningkatkan kualitas sel telur serta mengobati segala gangguan kesehatan pada rahim.

3. Jamu Kencur dan Kunyit

Jamu Kencur dan Kunyit

Kamu tentu tak asing lagi dengan jamu kencur dan kunyit asli yang sering dijual keliling. Kedua umbi ini bisa dijadikan ramuan herbal penyubur kandungan.

Kandungan pada kencur dan kunyit membantu melancarkan siklus menstruasi, meningkatkan kesuburan, dan manfaat tambahan lainnya adalah menghilangkan bau tak sedap pada organ intimmu.

4. Jamu Jahe dan Lempuyang

 

Jamu Jahe dan Lempuyang

 

Tanaman lempuyang sering hanya ditanam sebagai hiasan taman rumah. Padahal, kandungannya sama bagusnya dengan jahe yang mampu mengobati kista di dalam rahim.

Kista pada wanita sering kali tidak menimbulkan gejala atau rasa sakit, sehingga penderitanya baru akan mengetahui keberadaannya saat USG. Padahal, kista juga bisa menghambat kesuburan yang berakibat sulit hamil.

Jahe dan lempuyang bisa menjadi ramuan herbal penyubur kandungan dengan ditumbuk halus lalu direbus dengan air mineral. Minum air rebusan itu setiap hari.

(Baca Juga: Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan)

5. Air Rebusan Sirih dan Bawang Putih

Air Rebusan Sirih dan Bawang Putih

Sirih mampu membunuh berbagai bakteri jahat di dalam tubuh, serta meningkatkan kesuburan. Sementara bawang putih kaya akan antioksidan.

Cara membuat ramuan herbal penyubur kandungan cukup mudah. Rebus daun sirih dan campurkan bawang putih yang telah ditumbuk halus.

Saring hingga didapat air rebusan murni, lalu minum. Ramuan ini juga direkomendasikan untuk pemulihan wanita yang baru saja mengalami keguguran.

6. Teh Semanggi Merah

Teh Semanggi Merah

Kamu mungkin jarang mendengar tanaman yang langka ini. Tapi, kamu bisa membeli produk teh herbal semanggi merah yang banyak ditemukan di toko obat maupun di pasar online.

Semanggi merah mampu menyuburkan kandungan, menjaga keseimbangan hormon dan kadar pH di dalam tubuh.

7.  Teh Zuriat dan Madu

 

Teh Zuriat dan Madu

 

Teh dari serbuk buah zuriat yang berasal dari Timur tengah memang dikenal sebagai ramuan herbal penyubur kandungan. Kamu bisa mencampurkan madu untuk mendapatkan manfaat tambahan agar kesehatan tubuh dan kesuburan makin terjaga.

8. Teh Delima

 

Teh Delima

 

Delima atau pomegranate adalah buah yang dijadikan sebagai obat yang bisa menjadi solusi dari berbagai penyakit, termasuk dijadikan sebagai ramuan herbal penyubur kandungan. Buah yang satu ini tinggi akan antioksidan, lalu mengandung vitamin C, A, E, B3.

Dan yang paling penting, kandungan asam folat, potasium, dan serat membantu meningkatkan kesuburan wanita.

Itulah daftar rekomendasi ramuan herbal penyubur kandungan yang bisa menjadi pilihanmu. Agar kesehatan semakin terjamin program hamil semakin sukses, yuk, miliki asuransi kesehatan.

Kamu akan mendapat layanan kesehatan berkualitas di rumah sakit dengan dokter terbaik. Tak usah khawatir soal besaran premi, CekAja.com akan membantumu memilih produk asuransi kesehatan terbaik dengan nilai uang pertanggungan yang menguntungkan.

Ini saatnya untuk membandingkan, dan ajukan langsung asuransi kesehatan terbaik untukmu.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah