Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Rekomendasi 5 Produk Keuangan Untuk Pengantin Baru

by Sindhi Aderianti on 23 Oktober, 2019

Menikah berarti memulai hidup yang baru. Bukan sekedar mewujudkan goals untuk bersanding dengan kekasih hati saja, tetapi ada banyak persiapan menyongsong masa depan yang harus dipenuhi besama-sama. Termasuk, memilih produk keuangan yang terbaik!

persiapan biaya pernikahan - CekAja.com

Kebutuhan hidup akan bertambah ketika seseorang memutuskan berumah tangga. Dari penambahan tersebut, tentunya perlu mempersiapkan rencana keuangan dengan baik. Saat ini  banyak produk keuangan yang cukup menolong dalam mengatur uang. Beberapa di antaranya bahkan menambah pundi-pundimu di masa depan. Apa saja produk keuangan tersebut?

1. Tabungan emas

Emas tepat menjadi pilihan bagimu yang ingin memulai investasi awal dalam jangka panjang. Banyak kelebihan yang disuguhkan produk keuangan tersebut. Pertama sudah pasti halal, lalu nilainya stabil, serta mudah dicairkan. Saat ini banyak pilihan cara pembelian emas, bahkan dengan modal minim. Nah, salah satunya yang paling aman ialah melalui tabungan emas.

Istilah tabungan dipakai karena produk itu sebenarnya tak jauh berbeda dengan produk tabungan pada umumnya. Barang yang ditabung tetap uang, bukan emas. Jadi nantinya uang tersebut akan dikonversi ke dalam gram logam mulia tersebut. Di beberapa marketplace yang bekerjasama dengan Pegadaian, kamu bisa membeli emas mulai dari 0,001 gram alias hanya Rp6.000-an.

(Baca juga: 5 Produk Finansial Terkece untuk Perempuan)
3. Reksa dana

Investasi reksa dana tergolong sangat cocok bagi pemula yang belum memahami dunia saham, obligasi, dan investasi lainnya. Dalam investasi reksa dana, dana yang diinvestasikan akan digabung dengan milik orang lain, lalu nantinya akan dikelola bersama demi memperoleh keuntungan di kemudian hari. Sehingga kamu tidak memerlukan modal besar untuk berinvestasi pada instrumen ini.

Kelebihan investasi reksa dana yang pertama, aman dan praktis. Semua dana diurus oleh Manajer Investasi profesional sehingga tidak perlu repot mengaturnya sendiri. Selain itu, likuiditas yang tinggi sehingga investasi dapat dicairkan atau dijual kapan saja, dengan menggunakan harga NAB yang berlaku Trik dalam investasi ini mudah saja, yakni apabila saham turun, beli; sebaliknya jika saham naik, jual.

3. Asuransi kesehatan

Produk keuangan yang direkomendasikan selanjutnya, asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan bisa menjadi jalan mudah untuk mengelola risiko finansial akibat penyakit. Jadi apabila tiba-tiba jatuh sakit, kamu dan pasangan sudah punya penjaminnya dan tak perlu mengeluarkan uang lagi. Apalagi jika nanti sudah punya anak sebagai tanggungan, tentu asuransi kesehatan adalah wujud lain dari investasi yang secara tersirat juga menguntungkan.

Meski setiap WNI wajib memiliki BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan swasta tetap dibutuhkan. Asuransi kesehatan swasta unggul dalam kenyamanan, fleksibilitas, dan kecepatan layanan. Hal tersebut sulit didapat apabila hanya mengandalkan BPJS Kesehatan. Antri layanannya kemungkinan tidak akan sebanyak BPJS Kesehatan. Kamu pun bisa langsung menuju rumah sakit provider dan mengakses layanan memakai asuransi tersebut.

4. Asuransi jiwa

Hampir sama dengan kesehatan, asuransi jiwa merupakan jaminan yang bertujuan untuk menanggung risiko seseorang terhadap kerugian finansial tak terduga. Sering kali asuransi jiwa terdengar menakutkan, karena berhubungan dengan kematian. Padahal selain itu, asuransi jiwa juga bermanfaat bagi sebuah keluarga apabila orang yang menafkahi tidak mampu lagi bekerja karena masalah kesehatan atau cacat permanen.

Dalam asuransi jiwa, ada 4 kategori produk yang dibagi berdasarkan kebutuhan masing-masing calon nasabah. Mulai dari asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa dwiguna, dan asuransi jiwa unit-link. Khusus untuk unit link, asuransi ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan investasi sekaligus ingin tetap mendapat proteksi jiwa. Investasi dalam asuransi unit link ini digerakkan oleh perusahaan asuransi sehingga pemegang polis hanya duduk manis dan mendapat laporan setiap bulan tentang nilai investasinya.

(Baca juga: Ingin Keuangan Rumah Tangga Sehat? Lakukan 5 Hal Ini!)
5. Asuransi pendidikan

Setiap tahunnya biaya pendidikan pasti selalu naik akibat inflasi, sementara pendapatan bisa saja terhenti karena hal yang tak diinginkan. Misalnya kena PHK atau perusahaan collapse.  Dalam keadaan seperti ini, jangan sampai pendidikan anak yang merupakan bekal mereka di masa depan harus jadi tumbalnya. Oleh karena itu, asuransi pendidikan juga tak kalah penting untuk dimiliki pasangan menikah.

Asuransi pendidikan akan menjamin dana sekolah anak nantinya. Semisal ada hal-hal yang tak diinginkan hingga membuat orangtua sulit membiayai kebutuhan tersebut, asuransi siap memenuhi tanggungan tersebut, bahkan sampai ke jenjang perguruan tinggi. Semakin dini kamu membeli asuransi, biaya preminya semakin terjangkau. Jadi selagi anak masih bayi pun, kamu sudah bisa.

Siap menikah, berarti juga siap mengaruhi hidup baru yang penuh perhitungan terutama soal keuangan. Temukan produk keuangan yang bisa memaksimalkan rencanamu di masa depan melalui CekAjacom. Asuransi kesehatan dan jiwa yang terbaik ada di sana!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.