Rekomendasi Beli Madu Secara Online, Jangan Sampai Salah Beli!

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Khasiat dari madu sebagai salah satu bahan makanan yang bercita rasa manis dan banyak digemari masyarakat tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena hampir seluruh orang meyakini manfaat dan kebaikan dari mengkonsumsi madu.

rekomendasi membeli madu online

Rasa manis dari madu berasal dari monosakarida fruktosa dan glukosa dengan kandungan kalori gula. Yang mampu menyerap lemak, terlebih pada saat dikonsumsi berbarengan dengan air hangat.

Madu juga mudah diolah dengan dicampurkan pada makanan ataupun minuman. Selain berkhasiat, juga bisa menghasilkan kenikmatan rasa kuliner yang khas.

Produk madu baik itu madu murni ataupun madu olahan sudah banyak tersedia di pasaran. Dan bisa dibeli secara offline ataupun online.

Untuk memastikan bahwa madu yang kamu beli adalah madu asli dengan kualitas baik, ada tips-tips khusus yang perlu dilakukan, antara lain:

Pastikan madu yang ingin dibeli adalah yang asli

Pada saat kamu ingin membeli madu secara online, baik melalui marketplace ataupun langsung ke website penjualnya, kamu perlu memastikan keaslian madu tersebut untuk bisa mendapatkan manfaat madu secara 100%.

Pastikan pada madu yang ingin kamu beli terdapat label Pure Natural Honey. Sehingga bisa dipastikan bahwa tidak ada bahan campuran lain di dalam madu tersebut.

Cari tahu brand dari madu yang ingin dibeli

Selain itu, kamu juga perlu mengenali brand dari madu yang ingin kamu beli secara online. Banyak brand lokal produsen madu berkualitas yang bisa ditemui di marketplace ataupun di supermarket besar seperti Ranch Market, All Fresh, Total Buah Segar dan sejenisnya.

Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan mengenai brand madu lokal yang memproduksi madu asli 100%.

Beli dari penjual yang punya reputasi baik

Kamu juga perlu mencari tahu reputasi penjual madu yang ingin kamu beli secara online agar uang yang kamu keluarkan untuk membeli madu tidak sia-sia. Kamu juga bisa mencari tahu situs penjual madu asli dengan kualitas terbaik.

Untuk mencari tahu reputasi penjual madu, kamu perlu membaca dan mempelajari testimoni dari para pembeli yang pernah membeli madu di penjual yang hendak kamu pilih. Carilah informasi tentang penjual tersebut di Facebook, Twitter, ataupun Instagram untuk bisa mendapatkan penjual madu asli yang direkomendasikan banyak orang.

Kamu bisa beli langsung dari peternak madu

Salah satu cara terbaik membeli madu berkualitas tinggi adalah dengan membelinya langsung dari peternak lebah madu. Dengan mencarinya melalui Google menggunakan kata kunci ‘peternak madu’ ataupun kata kunci lain yang berkaitan.

Setelah itu, kamu bisa menemukan situs peternak madu yang menjual madu secara online. Kamu perlu hati-hati dan memastikan apakah penjual tersebut benar-benar menjual madu dari hasil ternak lebahnya sendiri.

Membeli madu langsung dari peternak lebah lebih baik. karena madu yang dihasilkan adalah madu murni ataupun madu mentah yang tidak mengalami proses olahan ataupun pasteurisasi sehingga madu yang dihasilkan lebih berkualitas.

Saat ini banyak supplier ataupun peternak madu yang memiliki media sendiri untuk memasarkan produknya secara langsung.

Minta foto madu yang sudah dikemas

Setelah kamu membeli madu dari supplier ataupun dari peternak madu, kamu bisa melihat kualitas madu yang dibeli melalui foto dari madunya. sehingga kamu bisa meminta untuk dikirimkan foto madu yang sudah dikemas dalam botol.

Tekstur madu asli bisa terlihat dengan adanya busa di bagian atas madu. Walaupun tidak semua madu memiliki karakteristik busa yang sama.

Dari foto kamu juga bisa melihat kejernihan madu. Apabila madu terlihat sangat jernih, ada kemungkinan madu tersebut sudah melalui proses penyaringan ataupun pemanasan sehingga tidak murni lagi.

Perbedaan madu asli dan palsu

Untuk bisa mendapatkan madu dengan kualitas terbaik, kamu perlu memahami perbedaan madu asli dengan madu yang tidak asli atau yang sudah dicampur dengan bahan olahan lainnya.

Terlebih lagi, pada saat kamu membeli madu melalui online, harus sangat hati-hati. Karena banyak juga beredar madu oplosan sehingga keaslian dan kualitasnya pun tidak baik. Memang sulit untuk membedakan madu asli dan yang tidak asli hanya dari kemasannya saja.

Proses memalsukan madu memang sangat mudah. Karena proses pembuatannya bisa dilakukan dengan cara mencampurkan larutan glukosa, sirup jagung fruktosa tinggi, atau bahan-bahan lain yang mungkin tidak diketahui konsumen.

Apabila pada saat membuka tutup botol madu terdapat suara letupan kecil, maka itu menandakan telah ada proses fermentasi yang mungkin terjadi di dalam proses produksi madu.

Madu terbaik adalah yang dihasilkan oleh lebah, bukan hasil olahan pabrik. Oleh karena itu, sebelum membeli madu, sebaiknya baca dahulu label dalam kemasan dan carilah kata-kata seperti mentah, alami, madu hutan, ataupun organik.

Berikut ini adalah beberapa cara pengujian keaslian madu:

Uji Absorpsi

Kamu bisa melakukan pengetesan dengan cara menuangkan beberapa tetes madu pada kertas minyak, dan lihatlah apakah madu tersebut terserap ataup tidak.

Madu murni biasanya tidak terserap, sementara madu palsu mudah terserap.

Uji Aroma

Pengecekan madu murni atau tidak juga bisa dilakukan melalui deteksi aroma, apabila kamu memiliki penciuman yang tajam. Pada madu asli akan terdapat aroma berbeda seperti adanya aroma bunga atau rumput, sementara pada madu oplosan tidak ada aroma bunga, karena hanya mengeluarkan aroma wangi dari pemanis buatan.

Tes menggunakan roti

Kamu juga bisa menguji keaslian madu dengan cara dioleskan pada roti. Pada umumnya, bagian roti yang dioleskan madu murni akan mengeras, sementara roti yang dioleskan dengan madu buatan akan tetap lembab.

Tes larutan madu

Madu murni biasanya tidak akan langsung larut pada saat dicampur dengan air. Karena akan membentuk tonjolan di dalam wadah air yang berisi madu. Sementara madu buatan akan lebih cepat larut dalam air.

Uji dengan kuning telur

Kamu bisa mencampurkan madu dengan kuning telur. Apabila kuning telur akan tampak seolah-olah sudah dimasak, maka madu yang dicampurkan tersebut adalah madu asli. Sementara apabila tidak ada reaksi apapun pada kuning telur, maka madu yang dicampurkan adalah madu oplosan.

Tes dengan api

Cara pengujian keaslian madu juga bisa dilakukan dengan cara menyalakan korek api dan meletakkannya di dalam wadah yang berisi madu. Apabila madu tersebut adalah asli, maka api akan tetap menyala. Sementara apabila apinya padam dan madu tidak mudah terbakar, maka madu tersebut berisi madu palsu.

Tes madu dengan dipanaskan

Pada saat madu asli dipanaskan, maka akan terbentuk seperti karamel dalam waktu cepat dan tidak berbusa. Sementara pada madu palsu, busa dan gelembung akan terlihat dan cepat terbentuk.

Tidak lengket di tangan

Madu asli memiliki kontur yang tidak lengket pada saat dioleskan di antara jari-jari. Tetapi madu palsu akan lengket karena adanya kandungan pemanis dan zat tambahan.

Rasa

Rasa madu murni akan tetap terasa di dalam mulut selama beberapa menit. Namun apabila rasa yang tertinggal di mulus terasa sangat manis dan hanya sebentar, maka madu tersebut adalah madu palsu.

Manfaat dari madu murni

Madu merupakan bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, manfaat tersebut hanya akan dihasilkan dari madu asli. Bukan madu olahan yang sudah dicampur dengan banyak bahan lainnya.

Beberapa manfaat dari madu asli antara lain bisa menguatkan sistem imun tubuh. Madu bisa merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas.

Dengan terangsangnya sel imun tersebut, maka metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih kuat, serta stamina juga akan bertambah karena tubuh jadi lebih fit. Madu juga bisa melawan bakteri dari dalam tubuh.

Selain itu, madu juga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-hari sehingga tidak mudah lelah.

Madu memiliki kandungan karbohidrat alami yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain itu, juga ada kandungan kalsium, kalium, dan zat besi yang dapat menjaga kekuatan otot dan tulah sehingga tidak mudah letih setelah melakukan aktivitas berat.

Madu asli juga bisa menjadi obat alami untuk meredakan flu dan juga batuk, karena mengandung zat antioksidan, antimicrobial, dan anti bakteri untuk melawan bakteri dan juga virus penyebab flu dan batuk. Madu juga bisa meringankan sakit tenggorokan akibat iritasi.

Manfaat lain dari madu adalah bisa menjaga tubuh dari diabetes, mencegah kanker karena tingginya kandungan antioksidan, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Madu juga bisa menekan efek buruk dari kolestrol di dalam tubuh, mengontrol berat badan berlebih, serta menjaga kulit tampak lebih sehat. Manfaat lain dari madu adalah bisa menjadi obat penyembuh luka.

Baik karena jatuh ataupun luka bakar dengan cara dioleskan pda kulit yang luka. Madu bisa mempercepat proses penyembuhan luka tersebut. Bahkan, madu bisa mencegah infeksi pada luka karena kandungan antibiotik dan anti bakteri yang dikandungnya.

Dengan memahami cara mendapatkan madu asli dan manfaatnya, semoga bisa membantumu memperoleh madu yang asli sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh terlebih pada masa-masa penyebaran virus seperti saat ini.

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti