7 Rekomendasi Bisnis Takjil Modal Kecil Paling Laris

Setelah seharian berpuasa, mayoritas orang lebih suka jajan takjil, sebagai menu buka puasa yang ringan. Nah, hal ini pun bisa dijadikan sebagai peluang bisnis takjil, yang menguntungkan. Namun, kamu juga harus pintar memilih jenis bisnis takjil modal kecil mana, yang paling laris!

Advertisement

Pasalnya, ada beberapa jenis bisnis takjil yang memerlukan modal cukup besar, dan kurang diminati para pemburu takjil. Nah, agar bisnismu tak sia-sia, maka dari itu ketahui rekomendasi bisnis takjil modal kecil, yang paling laris berikut ini.

Terlebih, saat ini juga sedang pandemi, sehingga kamu juga harus pintar menekan budget, untuk bisnis. Jadi, pilihlah jenis bisnis yang memiliki modal kecil, namun tetap bisa menghasilkan untung yang cukup besar.

Nah, kira-kira jenis bisnis takjil modal kecil apa, yang paling banyak diburu para pecinta kuliner ramadhan? Nah, biar gak penasaran yuk cek dan riset pasar, terkait jenis bisnis takjil modal kecil yang paling laris.

(Baca Juga: Pinjaman Online untuk Modal Bisnis Kue Lebaran)

Rekomendasi Bisnis Takjil Modal Kecil Paling Laris

1. Gorengan

Rekomendasi bisnis takjil modal kecil paling laris yang pertama adalah gorengan. Meski bukan di bulan ramadhan, gorengan tetap laku diburu, apalagi jika ada di momen ramadhan.

Pasalnya, mayoritas orang Indonesia suka gorengan, baik dari kalangan atas hingga bawah. Sehingga, gorengan sangat cocok untuk dijadikan bisnis takjil modal kecil, dan cocok disantap juga ketika berbuka puasa.

Kamu bisa bisnis takjil berupa gorengan, seperti bakwan, risol, tempe, tahu, pisang goreng, cireng, singkong goreng, dan jenis gorengan lainnya.

Selain untung besar, bisnis gorengan juga memiliki modal yang tergolong sedikit, serta cara pembuatannya yang mudah. Peralatannya juga sederhana, bahkan bisa menggunakan peralatan rumah tangga yang sudah ada, seperti kompor, kuali besar, baskom, dan lainnya.

Untuk modal, paling tidak kamu hanya membutuhkan sekitar Rp300.000, untuk bisnis takjil gorengan skala rumahan. Lalu, jika dijual, satu buah gorengan bisa dihargai sekitar Rp1.000 sampai Rp2.000.

2. Es Buah

Rekomendasi bisnis takjil modal kecil selanjutnya adalah jualan es buah. Mengapa es buah? Karena selain banyak diburu, modal bisnis es buah juga terbilang minim.

Dari sekian banyak jenis minuman yang menyegarkan, es buah merajai sebagai takjil jenis es yang paling banyak diburu, selama bulan ramadhan.

Hal tersebut dikarenakan es buah memiliki rasa yang khas, dan terdapat banyak jenis buah di dalamnya. Biasanya, dalam satu porsi es buah, terdapat buah apel, pir, melon, blewah, alpukat, nangka, buah naga, sari kelapa, agar-agar, hingga kelapa muda.

Selain itu, es dicampur dengan sirup rasa cocopandan, dan susu kental manis. Jika dihitung, untuk modal beli buah-buahan per kilonya diperkirakan sekitar Rp15.000 – Rp25.000, agar-agar instan sekitar Rp5.000, kental manis sekitar harga Rp20.000, sedangkan sirup satu botol Rp17.000.

Nah, jika ditotal, modal yang dibutuhkan hanya sekitar di bawah Rp150.000, dan bisa menghasilkan sekitar 25 porsi es buah.

Saat ini, satu porsi es buah (sekitar satu mangkok) dijual dengan harga Rp12.000. Dari harga sekian, maka keuntungan yang didapatkan per porsinya sekitar Rp7.200.

Jadi, dengan menjual 25 porsi, kamu sudah bisa menghasilkan sekitar Rp178.000. Bagaimana? Tertarik buka usaha es buah? Mumpung masih minggu pertama puasa, yuk bangun bisnisnya sekarang!

3. Mi Glosor

Rekomendasi bisnis takjil modal kecil yang legendaris yang satu ini adalah mi glosor atau mi kuning. Biasanya, kuliner mi yang licin ini, banyak diburu saat bulan ramadhan.

Hal tersebut dikarenakan, jika bukan di bulan ramadhan, mi glosor ini sangat langka untuk ditemui. Kalaupun ada, rasanya kurang pas, karena memang akan sangat nikmat jika disajikan untuk berbuka puasa.

Bahan-bahan untuk membuat mi glosor juga tergolong murah, dan mudah dicari. Kamu hanya membutuhkan mi glosor tentunya, sayuran seperti sawi dan kol puting, serta bumbu.

Akan tambah nikmat jika mi glosor dimakan, bersama sambal kacang. Cara membuat mi glosor juga sangat mudah, karena hanya tinggal menumis bumbu, sayuran, dan mencampurkan mi.

Satu porsi mi glosor, biasa dijual dengan harga Rp5.000 sampai Rp10.000. Selain enak, mi ini juga bisa beri keuntungan, jika dijadikan bisnis.

4. Lontong Isi

Selain mi glosor, lontong isi atau biasa disebut buras di beberapa daerah ini, juga menjadi menu takjil yang legendaris. Jadi, sangat direkomendasikan untuk dijadikan bisnis takjil modal kecil.

Untuk membangun bisnis lontong isi, kamu hanya perlu membeli beras sebagai bahan utama, isiannya (bisa oncom, sayuran, bihun, atau ayam), serta daun pisang.

Jangan lupa untuk membuat sambal kacang, yang dicampur dengan jeruk limau. Satu buah lontong isi, biasa diberi harga, Rp1.000 sampai Rp2.500 tergantung isiannya.

5. Kurma

Jadi salah satu takjil yang disunnahkan Nabi, kurma juga bisa dijadikan salah satu bisnis takjil modal kecil loh. Terlebih, ramadhan memang identik dengan buah kering yang satu ini.

Tidak perlu membeli langsung ke Arab, karena kamu bisa menjadi reseller kurma, untuk dijual lagi kepada tetangga, saudara, rekan kerja, hingga dijajakan di pasar atau di toko online.

Ada banyak jenis kurma yang biasa dijual di Indonesia, salah satunya yang paling laku adalah jenis Tunisia. Nah, kamu bisa pilih jenis kurma yang paling laku, dan harganya yang standar. Artinya tidak yang murah, dan juga tidak terlalu mahal.

Mengapa kurma masuk dalam rekomendasi bisnis takjil modal kecil? Karena, pada bulan ramadhan, permintaan buah kurma meningkat.

Banyak masyarakat, yang merasa tidak afdol jika berbuka, tanpa memakan buah kurma yang disunnahkan Nabi ini. Untuk harga kurma, sebut saja kurma Tunisia per kilo adalah Rp55.000.

Nah, jika kamu menjadi reseller, atau membeli dengan jumlah banyak untuk dijual kembali, pasti jauh lebih murah. Sehingga, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Agar lebih menarik, kamu bisa kemas ulang buah kurma tersebut, dalam berbagai macam berat, dan wadah yang menarik.

6. Kerupuk Kuning Bulat

Sudah mulai langka, menu takjil kerupuk kuning bulan ini, juga masuk ke dalam daftar bisnis takjil modal kecil, tapi paling laris.

Kerupuk kuning bulat yang satu ini, biasanya memang lebih mudah ditemukan saat bulan ramadhan. Sehingga, saat momen ini, banyak orang yang berburu makanan tersebut.

Kerupuk kuning bulat, juga memiliki harga mentahan yang murah. Sehingga, kamu hanya tinggal membeli minyak, untuk menggorengnya.

Jangan lupa untuk membuat sambal kacang. Karena, tanpa sambal kacang, kerupuk tersebut sangat hambar, meski rasanya tetap enak.

7. Kolak Biji Salak

Memiliki bahan yang tidak banyak, bisnis takjil modal kecil, yakni kolak biji salak hanya membutuhkan ubi, santan dan gula merah saja.

Cara membuatnya pun sangat mudah, yakni ubi dihaluskan, lalu dicampur dengan tepung tapioka kemudian dibulatkan dan direbus hingga matang.

Bisnis takjil ini, bahkan memiliki bahan yang lebih sederhana, jika dibandingkan bisnis kolak pisang.

Padahal, harga yang dijajakan perporsinya sama dengan kolak pisang, yakni sekitar Rp10.000.

(Baca Juga: 7 Pinjaman Online Cicilan Bulanan Terbaik 2021)

Nah, itu dia beberapa rekomendasi bisnis takjil modal kecil, yang paling laku. Jadi, jangan salah pilih jenis bisnis ya! Karena pemilihan jenis bisnis juga penting, untuk kelanggengan bisnis, selama ramadhan.

Yuk, mumpung masih di minggu pertama puasa, segera realisasikan bisnis takjil modal kecil, dengan tambahan modal dari berbagai pinjaman online, dari CekAja.com.

Jadi, jika kamu butuh tambahan modal untuk bisnis, CekAja.com siap membantu, dan mencarikan pinjaman online, yang tepat, cepat, dan aman tentunya.

Karena, CekAja.com menyediakan banyak produk pinjaman online, dari berbagai perusahaan P2P Lending, ternama di Indonesia.

Yuk, segera cek situsnya, cek produk pinjamannya, bandingkan produk, dan ajukan pinjaman online terbaik pilihan kamu, melalui CekAja.com.

Advertisement