Rekomendasi Kredit Tanpa Agunan Terbaik Limit 30 Juta

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Mencari rekomendasi kredit terbaik memang wajib dilakukan sebelum mengambil keputusan untuk mengambil kredit. Karena kita memerlukan beragam informasi yang akan mempermudah dan juga mempercepat proses pengajuan pinjaman kita. Terlebih jika kredit yang akan kita ambil adalah jenis kredit tanpa agunan, yang tak mewajibkan kita untuk menyerahkan surat aset berharga kita.

kredit tanpa agunan terbaik limit 30 juta

Produk pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi populer belakangan ini. Kredit yang memiliki banyak keunggulan ini banyak diincar oleh orang karena syaratnya yang mudah. Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk pinjaman yang meminjamnya tidak mewajibkan untuk memberikan jaminan atau agunan. KTA juga dikenal dengan sebutan Personal Loan (PL). Personal Loan diartikan sebagai pinjaman tanpa agunan yang berasal dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

Walaupun tanpa jaminan bukan berarti bank atau lembaga keuangan akan dengan mudah memberikan kredit tanpa agunan ini. Dengan mengecek riwayat kredit di BI checking, jadi pihak kreditur bisa mengetahui layak atau tidak seseorang memperoleh pinjaman.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari KTA ini loh. Manfaat itu antara lain kamu bisa menggunakannya untuk biaya pendidikan, biaya pernikahan, biaya renovasi rumah, biaya pengobatan, biaya membeli barang elektronik, biaya liburan dan lainnya. Jadi pihak debitur punya hak sebebas-bebasnya dalam menggunakan dana KTA tersebut selama tidak melanggar hukum. Keuntungan dalam memakai KTA juga ada banyak loh antara lain:

  • Syarat yang mudah karena tidak wajib ada jaminan, mengingat tak semua orang yang membutuhkan dana darurat ini memiliki surat berharga atau aset untuk dijaminkan.
  • Dokumen penunjangnya juga tidak banyak
  • Bunganya biasanya ringan dan cicilannya tetap sampai pinjaman lunas
  • Jangka waktu yang diberikan untuk pelunasan bisa panjang atau singkat
  • Pinjaman bisa diajukan sampai ratusan juta rupiah
  • Dana bisa dipakai untuk berbagai macam kebutuhan

(Baca Juga: Kelebihan KTA Online Dibanding Konvensional)

Limit yang ditawarkan untuk pinjaman KTA ini bervariasi. Untuk pemberi kredit seperti bank limitnya bisa sampai dengan ratusan juta rupiah. Tapi untuk sekelas perusahaan fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK maka berada di kisaran puluhan juta rupiah.

Minimal penghasilan calon debitur juga mempengaruhi limit untuk pinjaman KTA. Normalnya bank akan menawarkan pinjaman 4-5 kali lipat dari penghasilan. Tapi jika kamu tidak memenuhi syarat penghasilan untuk KTA di bank maka bisa beralih ke pinjaman online saja. Ada banyak KTA yang memberikan limit dibawah dari limit yang biasanya digunakan oleh bank besar.

Namun ingat, jika memutuskan memilih mengambil di pinjaman online, maka pilihlah fintech yang sudah terdaftar resmi di OJK. Agar keselamatan dan keamanan kamu sebagai konsumen produk perbankan terjamin. Mengingat saat ini banyak juga jenis pinjaman online ilegal yang suka semena mena dan akhirnya menjebak konsumennya dengan jeratan bunga yang tinggi.

Syarat umum untuk meminjam kredit tanpa agunan memang ada minimal jumlah penghasilannya. Biasanya bank akan memberikan minimal penghasilan Rp3 juta untuk karyawan dan Rp5 juta untuk pengusaha. Selain itu juga ada usia minimal dan maksimal saat akan mengajukan kredit tanpa agunan. Proses pengajuan untuk KTA ini biasanya hanya memakan waktu yang singkat yaitu 3-5 hari kerja. Apalagi jika kamu meminjam online lewat aplikasi maka bisa hanya hitungan jam.

KTA dari bank biasanya mempunyai limit ratusan juta rupiah. Ini tentu saja akan memakan waktu yang lama untuk pelunasannya. Nah bagaimana jika kita butuh dana cepat yang tidak terlalu banyak serta tenor yang singkat? Tentu saja ada KTA semacam itu. Kali ini kita akan rekomendasikan kredit tanpa agunan terbaik limit 30 juta dan di bawahnya yang pas bagi kamu. Yuk cek di bawah ini ya!

1. KTA Tymedigital Commbank

Ini adalah jenis pinjaman yang masuk dalam kredit tanpa agunan terbaik limit 30 juta. KTA ini adalah produk pinjaman dari Commonwealth Bank yang bersifat online. Meskipun KTA dari bank, pinjaman ini bisa diajukan secara online. Bank secara sadar mengerti bahwa kebutuhan akan KTA secepat KTA dari fintech memang banyak. Maka dari itu Commbank membuat KTA yang mirip KTA dari fintech. Pinjaman ini tentu bisa dipakai untuk keperluan pribadi apa saja misalnya membiayai pendidikan, merenovasi rumah, tambahan modal nikah bahkan liburan.

Fitur dari kredit tanpa agunan Commbank ini adalah:

Pinjaman mulai dari Rp10 juta sampai Rp30 juta

  • Jangka waktu yang diberikan untuk pelunasan hanya diberikan dua pilihan yaitu 12 bulan atau 18 bulan
  • Bunga yang diterapkan sebesar 1,99% yang termasuk bunga flat dan berlaku untuk semua jenis lama tenor
  • Biaya untuk keterlambatan pembayaran cicilan sebesar 5% dari cicilan atau Rp150.000
  • Biaya untuk pelunasan dipercepat 7% Ari sisa pinjaman

Syarat yang harus dipenuhi agar bisa mengajukan KTA ini adalah:

  • Memiliki e-KTP
  • Memiliki NPWP
  • Min pendapatan Rp3,5 juta
  • Berlaku untuk pemohon yang bertempat tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, Palembang, Yogyakarta, Semarang dan Denpasar.

Pengajuan KTA dari Commbank ini bisa melalui website resmi bank dan mengisi formulirnya untuk dikirimkan ke pihak bank kembali. KTA ini juga tidak mewajibkan untuk memiliki kartu kredit sebelumnya. Setelah proses pengajuan maka calon debitur akan menerima SMS dari pihak bank. Jika disetujui maka akan dikirimkan link untuk proses akhir di website. Selanjutnya calon debitur harus mendatangi Tyme Digital Kiosk untuk verifikasi e-KTP. Jika verifikasi berhasil maka selanjutnya proses pencairan dimulai.

2. KTA DBS Digibank

Selanjutnya kredit tanpa agunan terbaik limit 30 juta adalah KTA DBS Digibank. Walaupun dari bank tapi KTA ini memakai aplikasi mobile seperti fintech. Bahkan KTA ini juga mengklaim bahwa pencairan paling cepat yaitu 60 detik. Kredit ini hanya mewajibkan KTP sebagai syarat utamanya. Plafon pinjaman KTA ini adalah mulai dari Rp3 juta sampai Rp30 juta. Tenornya juga bermacam-macam dari 6 bulan sampai 36 bulan. Bunga yang diterapkan terbilang tinggi yaitu 1,59-2,49% (flat) per bulannya. Syarat lainnya agar bisa mengajukan KTA ini adalah:

  • Punya KTP
  • Minimal berumur 21 tahun dan 60 tahun saat pelunasan
  • Domisili atau bekerja di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya
  • Punya penghasilan min Rp 3 juta rupiah

Selain bunga yang tinggi, KTA ini juga menerapkan biaya-biaya seperti biaya provisi mulai dari Rp200.000-Rp 399.000., biaya tahunan sebesar 1,75% dari pinjaman di tahun pertama dan Rp65.000 di tahun kedua, biaya keterlambatan sebesar Rp150.000 – Rp250.000, dan biaya pelunasan dipercepat sebesar 8% dari pinjaman.

3. Kredivo

Kali ini kredit tanpa agunan terbaik limit 30 juta adalah Kredivo. Perusahaan fintech Kredivo memiliki produk KTA dengan limit 30 juta rupiah. Bunga yang diterapkan untuk pinjaman ini sebesar 2,95% per bulan. Pinjaman KTA dari Kredivo ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu Mini dan Jumbo. Untuk pinjaman Mini limitnya hanya sampai Rp 3 juta rupiah dengan jangka waktu pelunasan satu bulan. Sedangkan untuk pinjaman Jumbo limit pinjaman sampai Rp 30 juta rupiah dengan jangka waktu pelunasan 6 bulan. Proses persetujuan KTA dari Kredivo ini hanya membutuhkan waktu 24 jam saja dan pencairan hanya 5 menit saja.

Syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  • Berusia 18-60 tahun
  • WNI bertempat tinggal di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, dan Denpasar
  • Minimal penghasilan Rp3 juta

Biaya yang dikenakan seperti biaya admin sebesar 1% untuk yang memilih tenor 30 hari dan 6% untuk pinjaman tunai. Sedangkan denda untuk keterlambatan membayar cicilan sebesar 3%.

Pinjaman KTA memang memberikan banyak kemudahan ketika membutuhkan dana darurat di waktu yang mendesak. Pinjaman KTA online adalah pinjaman yang paling banyak memberikan kemudahan itu. Karena tidak mengharuskan kita pergi ke bank dan menjaminkan aset yang kita miliki, hanya tinggal memasukkan data data dan duduk manis di depan gadget atau laptop anda untuk membuat pengajuan. Namun, sebelum meminjam uang dari bank maupun fintech ada baiknya kamu pertimbangkan hal-hal berikut ini.

  • Hitung cicilan dan bunga dulu agar bisa tahu apakah bisa membayarnya atau tidak
  • Perhatikan biaya-biaya lain selain cicilan dan bunga. Biasanya ini yang membuat berat jika tidak tahu dengan jelas. Oleh karena itu, jangan asal baca dan asal klik ok saat membuat pengajuan pinjaman ya.

(Baca Juga: Kesalahan Kesalahan Peminjam KTA)

Dan ternyata limit juga mempengaruhi besarnya cicilan dan lamanya pelunasan. Limit yang besar tentu cicilannya juga besar dan waktunya lama. Padahal tidak semua butuh dana yang besar. Sebagai solusi telah kita rekomendasikan kredit tanpa agunan terbaik limit 30 juta yang bisa menjadi pilihan.

Meminjam uang dari bank maupun fintech yang terpenting adalah harus selalu memperhatikan kondisi keuangan kita ya. Lihat bagaimana kemampuan kita membayarnya, agar pinjaman yang kita ambil pelunasannya lancar dan tidak macet.

Misalnya jika dana yang kamu pinjam akan kamu gunakan sebagai modal usaha, maka pastikan kamu akan mendapatkan keuntungan dalam usaha yang kamu jalani, sehingga kamu bisa membayar angsuran atas pinjamanmu.

Ada beragam kebutuhan manusia saat ini, jika kita tak mampu menabung dari hasil kerja keras kita, maka jelas kondisi keuangan kita akan memburuk secara perlahan. Karena akan ada banyak kebutuhan dadakan yang muncul dari hari ke hari. Nah, dalam hal ini secara nyata fungsi tabungan inilah yang akan membantu kita menghadapi beragam kebutuhan dadakan yang hadir dalam hidup kita.

Jadi, pastikan setiap kita gajian, setiap kita mendapat untung dalam usaha kita, kita menyisihkannya untuk ditabung, agar kondisi keuangan kita stabil dan baik. Jadi jika kita tahu peribahasa Rajin Menabung Pangkal Kaya, maka makna sebenarnya kita menabung bukan hanya untuk menjadi kaya saja, melainkan memiliki kondisi keuangan yang baik, sehat, dan tak kekurangan secara ekonomi.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat, dan jika pada akhirnya ada yang harus berhutang untuk menunjang kebutuhan yang tak bisa lagi tercover, maka dapat berhutang dengan cara yang bijaksana.

Penuhi segala kebutuhan finansial kamu dengan pilihan KTA terlengkap di Cekaja.com.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti