Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Rekrutmen CPNS: Sistem CAT dan Kiat Mengerjakan Soal-Soal Tes

by Tisyrin N. T on 15 Oktober, 2019

Pemerintah menyatakan akan kembali melakukan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam waktu dekat ini. Berdasarkan pemberitaan yang beredar, pengumuman rekrutmen CPNS 2019 akan berlangsung pada bulan Oktober 2019, sementara pendaftaran akan berlangsung pada bulan November 2019.

cpns 2018, rekrutmen cpns, cpns

Jumlah formasi CPNS 2019 sebanyak 197.111. Rinciannya adalah untuk kementerian/lembaga sebanyak 37.854 formasi dan untuk daerah sebanyak 159.257 formasi. Namun, angka tersebut masih dalam tahap finalisasi hingga saat ini.

Dokumen untuk Rekrutmen CPNS

Kalau kamu berniat ikut seleksi CPNS tahun ini, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen penting. Dokumen yang umum dibutuhkan untuk proses rekrutmen CPNS adalah Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, transkrip nilai, pas foto, dan dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar termasuk SKCK.

Dokumen tersebut bisa kamu perbanyak dalam bentuk fisik serta digital. Jadi, kamu harus memperbanyak dengan cara fotokopi serta scan. Kemudian, simpan baik-baik file dokumen-dokumen penting tersebut.

Apabila sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, kamu tidak akan kerepotan ketika waktu pendaftaran sudah tiba. Kamu tinggal menyiapkan dokumen yang kurang lalu mengunggah dan mengirim berkas fisiknya ke instansi terkait apabila diperlukan nanti.

(Baca juga:  Ini Cara Mudah Buat SKCK, Syarat Untuk Tes CPNS!)
Pengertian CAT

Selain itu, tentu saja kamu harus mulai bersiap-siap untuk mengikuti serangkaian tes seleksi CPNS ya! Buat kamu yang sudah pernah mengikuti tes CPNS sebelumnya, pasti familiar dengan istilah CAT. Namun, buat kamu yang baru pertama kali akan mengikuti tes CPNS. Mungkin belum memahami apa itu CAT. Sebelum bertarung memperebutkan bangku CPNS, yuk mengenal apa itu CAT!

CAT adalah kepanjangan dari Computer Assisted Test. Dalam buku Strategi Cerdik Lolos Tes CPNS Sistem CAT, dijelaskan bahwa CAT adalah suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang merupakan inovasi kemajuan teknologi dengan penilaian secara objektif yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian.

Tujuan digunakan CAT dalam seleksi CPNS adalah untuk mempercepat proses dan laporan hasil ujian; menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional; menetapkan standar nilai; dan meningkatkan transparansi, objektivitas, akuntabilitas, dan efisiensi.

Kiat-kiat Mengerjakan Soal Tes CPNS

Nah, jika kamu telah melewati tahapan seleksi administrasi dan lolos, kamu akan menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dengan sistem CAT. SKD yang akan kamu hadapi terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Nah, ada beberapa kiat yang bisa kamu coba agar sukses saat mengerjakan soal-soal tes CPNS. Inilah beberapa tipsnya seperti yang termuat dalam buku Strategi Cerdik Lolos Tes CPNS Sistem CAT:

1. Banyak berlatih

Mumpung masih ada waktu, sedari sekarang kamu harus banyak berlatih mengerjakan soal sebanyak-sebanyaknya. Tujuannya tentu saja agar kamu terbiasa dengan berbagai jenis soal. Kamu bisa mendapatkan contoh-contoh soal dari buku dan internet.

2. Perhatikan waktu yang tersedia untuk mengerjakan soal

Tujuan lain berlatih soal adalah agar kamu terbiasa mengatur strategi mengerjakan soal dengan memanfaatkan waktu yang tersedia. Selain mematuhi  estimasi waktu yang diberikan, upayakan juga kamu menyisakan waktu untuk digunakan di akhir. Dengan sisa waktu yang kamu miliki, kamu masih bisa mengubah jawaban jika masih ragu.

3. Tak perlu sibuk menghafal rumus

Tak perlu risau menghafalkan rumus-rumus Matematika. Karena biasanya soal-soal angka yang ada bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus Matematika. Menghafalkan rumus-rumus malah bisa mengacaukan konsentrasi kamu. Yang lebih diperlukan dalam mengerjakan soal-soal hitung-hitungan adalah logika berpikir yang terstruktur.

4. Konsentrasi

Kondisikan diri kamu dalam keadaan konsentrasi tetapi juga rileks.  Tegang dan panik hanya akan menganggu kamu. Apalagi saat waktu hampir habis, biasanya konsentrasi menurun karena panik, usahakan tetap tenang dan kerjakan dengan fokus.

(Baca juga: Lakukan 5 Ritual Ini Kalau Mau Lolos Tes CPNS)
5. Soal mudah lebih dahulu

Bila kamu menemukan soal yang membuatmu kesulitan atau kebingungan,  jangan paksakan mengerjakan soal itu. Kerjakan soal lain yang lebih mudah terlebih dahulu. Mengerjakan soal yang membuat pusing akan memecah konsentrasi.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami