Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Sebelum Mengajukan Pinjaman, Simak Simulasi Kredit BRI Berikut Ini

by Riri Anggraheni Eka Rimandasari on 27 April, 2016

fakta uang_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Banyak orang masih tidak mengerti mengajukan kredit Bank. Mayoritas bahkan merasa kredit itu menyulitkan dan membingungkan.

Untuk mengatasi masalah ini kamu butuh informasi yang memadai. Ada baiknya kamu juga memahami perhitungan kredit bunga flat, rumus bunga tetap hingga simulasi kredit dari bank yang kamu pilih. Salah satunya adalah simulasi kredit BRI yang mudah dan terpercaya ini. Yuk, langsung saja pahami ulasan berikut.

Perhitungan kredit bunga flat

Sebelum melangkah langsung ke materi simulasi kredit BRI, pahami dulu perhitungan kredit bunga flat dan rumus bunga tetap. Ini karena kamu akan lebih paham masalah kredit bunga dan mungkin lebih memiliki gambaran mengenai simulasi kartu kredit. Suku bunga flat adalah perhitungan bunga yang paling mudah. Tiap bulan angsurannya sama, bunganya sama, cicilan pokoknya sama. Biasanya perhitungan bunga ini dipakai pada Kredit Tanpa Agunan.

Dalam kredit bunga flat atau bunga tetap, plafon kredit dan besarnya bunga akan dihitung secara proposional sesuai dengan jangka waktu kredit. Nilai bunga akan tetap sama setiap bulan, karena bunga dihitung dari prosentasi bunga dikalikan pokok pinjaman awal. Jadi jumlah pembayaran pokok + bunga setiap bulan akan sama besarnya. Misal, anda berhutang Rp 100.000.000,- dengan bunga flat 12% per tahun, maka setiap bulan bunganya adalah Rp 1.000.000,-

Rumus bunga tetap

Bunga per bulan = Jumlah pinjaman x Suku bunga per tahun / 12

Jadi, Total Bunga = Jumlah pinjaman x (Suku bunga per tahun / 12) x Lama meminjam dalam bulan

Kredit Multi Guna BRI Refinancing memberikan kemudahan

Nah, kalau kamu bingung dengan kredit Bank mana yang kamu pilih. Mungkin dengan ulasan mengenai kredit multi guna BRI akan memberikanmu pilihan. Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia.

Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau “Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”, suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi).

Lembaga ini didirikan pada 16 Desember 1895 dan kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. BRI menawarkan produk kredit multiguna berupa KKB BRI Refinancing. KKB BRI Refinancing memberikan kemudahan dalam mendapatkan dana cepat dengan mengagunkan kendaraan bermotor yang dimiliki oleh nasabah.

Syarat pengajuan Kredit BRI

Jika kamu tertarik mengajukan kredit BRI, tentu kamu harus memahami persayaratannya bukan? Inilah syarat pengajuan kredit BRI.

  1. Calon Debitur merupakan WNI
  2. Usia min. 21 tahun dan max. 55 tahun
  3. Pendapatan minimum Rp 3 juta/bulan
  4. Buka Rekening BRItama
  5. Mengisi formulir aplikasi KKB BRI
  6. Lokasi tempat tinggal/lokasi bekerja/usaha/praktek debitur di kota dimana KC/KCP berada
 Dokumen yang harus disiapkan

Setelah mengetahui syaratnya, ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan. Kamu bisa menyiapkannya terlebih dahulu sampai lengkap baru kemudian mengajukan kredit BRI.

  1. Dokumen Pribadi Calon Debitur
  • Copy KTP
  • Copy Kartu Keluarga
  • Copy NPWP
  • Pas Foto 4×6
  1. Dokumen Penghasilan
  • Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan
  • Copy Rekening Tabungan/Giro 3 bulan terakhir
  • Copy Laporan Keuangan 2 tahun terakhir
Keunggulan Kredit Multi Guna BRI KKB Refinancing
  1. Jangka waktu kredit mulai 1 sampai 4 tahun dengan suku bunga kompetitif.
  2. Plafon pinjaman mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 5 milyar
  3. Bebas biaya provisi
  4. Berlaku untuk semua merk dan tipe mobil.
  5. Pembayaran dapat dilakukan dengan Automatic Fund Transfer (AFT)/Automatic Grab Fund (AGF)
  6. Asuransi kerugian all risk

Jadi, tertarikkah kamu mengajukan pinjaman online dari BRI? Kamu juga bisa membagikan informasi mengenai simulasi kredit BRI ini pada rekan, kerabat dan keluargamu. Siapa tahu mereka membutuhkannya dan kamu pun bisa menjelaskannya.

Tentang Penulis