Cara Memulai Bisnis Barang Ekspor, Dapat Cuan dari Luar Negeri!

Bagi anda yang tertarik berkecimpung di bisnis ekspor-impor, anda perlu mengetahui cara memulai bisnis barang ekspor untuk mendapatkan keuntungan bombastis.

Cara Memulai Bisnis Barang Ekspor, Dapat Cuan dari Luar Negeri!

Bermodal produk dan komoditas berkualitas dari Indonesia, pengekspor dapat meraup cuan tinggi dengan menjajakannya ke dunia internasional mengikuti harga pasar global.

Produk Indonesia juga semakin diminati pasar luar negeri akibat harganya yang masih cenderung murah serta kualitasnya yang semakin mumpuni dari tahun ke tahun.

Selain itu pemerintah juga kerap kali mendorong masyarakat untuk melakukan bisnis ekspor ini dengan penjelasan dan edukasi terkait cara memulai bisnis barang ekspor.

Ekspor tak hanya mendatangkan keuntungan bagi pemilik usaha, namun juga berpartisipasi dalam menyumbangkan devisa negara.

Dengan memasarkan produk Indonesia ke luar negeri, bisnis ekspor dipercaya dapat menumbuhkan industri dalam negeri semakin baik dan kompetitif.

Meskipun menarik, para pemula tetap harus mengetahui cara memulai bisnis barang ekspor dengan seksama karena terdapat angkah yang harus ditempuh terutama dalam hal legalitas usaha.

Hal ini perlu diperhatikan karena untuk melakukan ekspor keluar negeri sudah diatur dalam peraturan menteri perdagangan mengenai ketentuan umum bidang ekspor serta ketentuan lainnya.

Namun bisnis ekspor ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dan tidak menutup kemungkinan semua orang termasuk Anda bisa memulai bisnis ekspor.

5 Cara Memulai Bisnis Barang Ekspor

Agar Anda bisa memulai bisnis barang ekspor dengan mudah dan lancar tanpa halangan, sebaiknya Anda mempersiapkan perencanaan yang matang.

Simak beberapa cara memulai bisnis barang ekspor berikut ini untuk menjadi panduan singkat sebelum berbisnis!

1. Memilih Produk yang Akan Dipasarkan

Langkah penting dalam memahami cara memulai bisnis barang ekspor adalah memilih produk yang akan dipasarkan serta negara yang akan menjadi tujuan.

Jenis produk ekspor yang tetap stabil di berbagai kondisi antara lain minyak, logam mulia, produk olahan tanaman dan kayu, buah olahan, alat medis, produk logam, produk farmasi, dan makanan olahan.

Pemerintah memiliki agenda sendiri dalam menentukan produk dan komoditas mana yang bisa diekspor, menyesuaikan dengan kebutuhan domestik.

Bagi anda yang ingin memulai bisnis barang ekspor tanpa produksi barang, penting bagi anda untuk mencari produsen barang yang berkualitas tinggi dengan permintaan pasar internasional yang tinggi.

Pastikan produsen anda memiliki perizinan yang lengkap dengan output produk yang stabil sehingga dapat menyanggupi permintaan negara importir yang jumlahnya tentu tidak sedikit.

2. Menetapkan Negara Tujuan Ekspor

Selain produk, hal lain yang menjadi poin krusial dalam memulai bisnis barang ekspor adalah negara tujuan ekspor sebagai pasar pejualan produk anda.

Untuk memilih negara tujuan, kamu dapat mencocokan produk yang ingin kamu jual dengan negara yang memiliki demand tinggi terhadap produk itu.

Tentu tiap komoditas memiliki pasarnya masing-masing. Selain permintaan, faktor yang mempengaruhi pemilihan negara tujuan ekspor adalah hubungan kerjasama antar negara dengan Indonesia.

Negara yang memiliki perjanjian dagang dengan Indonesia baik personal maupun dalam organisasi tentu akan lebih mudah dimasuki pasar perdagangannya dibanding negara yang belum pernah bekerjasama.

Selain itu, tiap negara memiliki standar produk yang masuk ke dalam negaranya. Negara di benua Eropa serta Amerika Utara memiliki standar yang lebih tinggi dengan persyaratan yang sulit.

Meskipun begitu, mereka berani menyanggupi permintaan harga yang lebih tinggi selama produk sesuai dengan kualitas yang mumpuni juga.

(Baca Juga: Cara Bisnis Online Pakai eBay, Jualan hingga ke Luar Negeri!)

3. Menyiapkan Berkas Legalitas

Setiap usaha atau bisnis membutuhkan proses perizinan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan semua kegiatan bisnis diakui legalitasnya oleh pemerintah.

Dengan perizinan yang jelas, bisnis anda akan lebih terpercaya dan bonafide sehingga menjadi nilai lebih untuk calon konsumen luar negeri yang memiliki standar tinggi.

Pemerintah juga dapat lebih mudah memantau dan mendukung operasi perusahaan jika izin perusahaan terdaftar dengan jelas.

Berkas perizinan yang dibutuhkan antara lain SIUP, TDP, NPWP serta NIK atau Nomor Identitas Kepabeanan.

Dokumen penting ini bisa anda dapatkan dengan mengajukan bisnis anda ke lembaga pemerintahan terkait. Pastikan data perusahaan yang anda masukan akurat dan merupakan data terbaru.

4. Menyiapkan Berkas Ekspor

Selain legalitas usaha, Langkah yang krusial untuk dilakukan dalam memahami cara bisnis barang ekspor adalah memiliki berkas eskpor.

Berkas ekspor yang harus anda siapkan di antaranya seperti invoice atau faktur, Bill of Lading serta Packing List, Polis Asuransi, dan Pemberitahuan Ekspor barang sebagai dokumen utama.

Ada juga dokumen tambahan seperti Certificate of Origin, Certificate of Analysis, Certificate of Phytosanitary serta berbagai dokumen lain.

Semakin tinggi permintaan juga harus Anda persiapkan sesuai permintaan dari pembeli. Ada juga berkas yang harus dipersiapkan sebelum ekspor yaitu Shipping instruction dan Pemberitahuan Ekspor Barang.

5. Manfaatkan Fasilitas Ekspor dari Pemerintah

Untuk mempermudah pelaku usaha atau pebisnis yang ingin memulai bisnis ekspor, pemerintah sudah menyediakan beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan.

Mencari informasi melalui Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional dibawah Kementerian Perdagangan menjadi cara memulai bisnis ekspor yang bisa diaplikasikan oleh pemula.

Selain pemahaman mengenai bisnis ekspor yang ada di Indonesia, anda juga bisa bisa menemukan berbagai macam koneksi yang bisa dimanfaatkan untuk kemudahan pemasaran.

Tak hanya antar pengusaha dan konsumen, anda bahkan juga bisa mendapatkan koneksi dengan KBRI yang ada di berbagai negara.

Pemerintah kerap kali menciptakan wadah bagi eksportir dalam pameran dan event internasionalresmi yang disebarkan melalui media sosial atau web resmi Pemerintahan.

Event ini antara lain seperti Trade Expo, Malaysia International Halal Showcase, Tutto Food, dan berbagai macam event lain.

Dengan mengikuti acara tersebut Anda juga bisa mendapatkan kemungkinan untuk mendapat suntingan dana dari investor luar.

(Baca Juga: Ekspor Tambang ke Tiongkok Dongkrak Ekonomi Tanah Air)

Solusi KTA untuk Modal Bisnis Ekspor

Setelah mengetahui cara memulai bisnis barang ekspor, anda tentu mulai memperhitungkan modal yang dibutuhkan dalam memulai usaha ini.

Mulai dari produksi atau pencarian supplier, pembuatan perizinan, biaya operasional seperti pengiriman dan penyimpanan barang, hingga biaya pemasaran untuk mengikuti pameran dan event internasional.

Agar bisnis anda bisa berjalan dengan maksimal, anda membutuhkan modal dalam jumlah yang cukup besar untuk mendukung biaya yang akan dikeluarkan.

Kredit Tanpa Agunan dapat menjadi solusi bagi anda yang membutuhkan dana pinjaman cepat tanpa jaminan untuk berbagai kebutuhan termasuk modal usaha.

Jangan sampai usaha anda hanya menjadi wacana karena terhalang modal. Ajukan pinjaman dana Kredit Tanpa Agunan sekarang di CekAja.com!

Selain menjadi layanan perbandingan produk KTA terbaik di Indonesia, di CekAja.com anda juga bisa melakukan pengajuan KTA secara mudah, cepat, dan aman.

CekAja.com telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga data pengajuan anda terjamin keamanannya dalam sistem.

Tunggu apa lagi, segera apply pinjaman dana di CekAja.com dan wujudkan #HarapanBisnisBaru di tahun ini! Klik link di bawah ya!