Cara Bisnis Online Pakai eBay, Jualan Hingga ke Luar Negeri!

Melihat peluang bisnis yang cukup tinggi, tentu membuat penjual mulai bertanya-tanya bagaimana cara bisnis online pakai eBay? Nyatanya, caranya cukup mudah, yuk simak!

Cara Bisnis Online Pakai eBay, Jualan Hingga ke Luar Negeri!

eBay menjadi salah satu e-commerce yang sedang naik daun saat ini. Bagaimana tidak, e-commerce satu ini tersedia di berbagai negara, sehingga mendapatkan barang dari luar negeri bukan lagi hal yang sulit.

Kabar ini tentu menjadi kabar baik bagi pelaku bisnis online. Sebab, produk yang dipasarkan memiliki peluang dilihat banyak orang dari berbagai negara.

Cara bisnis online pakai eBay pun tidak sulit, bahkan tidak jauh berbeda dengan e-commerce lainnya. Tetapi, agar lebih jelas, kamu bisa menyimak bahasan berikut ini hingga tuntas!

Kelebihan E-commerce eBay

Sebelum mengetahui cara bisnis online pakai eBay, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan yang diberikan oleh eBay kepada pengguna.

1. Proses Pendaftaran yang Mudah

Kelebihan pertama yang bisa dirasakan dari berbisnis di eBay adalah kemudahan dalam proses pendaftarannya.

eBay hadir dengan segala kemudahan untuk bergabung, dari kemudahan ini membuat banyak orang dapat dengan mudah bergabung kapan saja dan dimana saja.

Selain kemudahan dalam mengajukan pendaftaran, eBay juga memiliki situs khusus yang dapat membantu para pengguna.

Salah satunya adalah eBay Pulse. Situs ini dapat memberikan informasi terkait tren, populer, dan item yang paling banyak dicari.

Dengan begitu, sebagai penjual, ini akna memberikan kemudahan kamu dalam menentukan dan memasarkan sebuah produk.

(Baca Juga: 9 Cara Mengembangakn Bisnis Online yang Wajib Dilakukan Pebisnis)

2. Memiliki banyak Fitur dan Penawaran

Selain menjadi e-commerce yang tersedia di berbagai negeri, eBay juga memiliki banyak fitur dan penawaran yang menarik pelanggan.

Selain eBay Pluse, eBay juga memiliki berbagai komunitas lain, seperti Groups, Answer Center, Review & Guides, Discussion Board, dan juga Chat Room.

Tidak hanya itu, eBay juga memiliki customer servis yang responsive. Sehingga, pelanggan pun tidak akan kesulitan dalam bertransaksi di eBay.

3. Menyediakan sistem lelang

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika eBay terkenal dengan sistem lelannya. Adanya sistem lelang akan membuat pelanggan lebih kompetitif dalam mendapatkan sebuah barang.

Selain itu, barang lelang harganya relatif lebih murah, dan membuat banyak orang menyukai sistem ini.

Tidak hanya sistem lelang, terdapat juga sistem lainnya yang tersedia di eBay. Mulai dari Buy It Now dan juga Make Offer (tawar).

Sistem Make Offer ini, juga banyak disukai pelanggan. Pasalnya, pelanggan bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan harga aslinya.

4. Terdapat di Berbagai Negara

eBay tersedia di berbagai negara. Hal ini menjadi kelebihan yang bisa dimanfaatkan. Pasalnya kamu bisa memasarkan sebuah produk, dan dilihat lebih dari 100 negara.

Sistem pembayaran di eBay menggunakan uang USD. Dengan penggunaan uang USD ini, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan.

Pasalnya, kamu bisa mendapatkan nilai tukar lebih tinggi. Serta, harga bisa juga bisa ditentukan sendiri sesuai keinginan.

5. Harga yang Murah dan Rating yang Bagus

Rating eBay tidak perlu diragukan lagi, akibat kepercayaan pengguna, eBay mampu menghasilkan rating yang bagus.

Hasil review yang diberikan pun rata-rata memberikan komentar yang baik. Tidak hanya dari segi review, umumnya, harga di eBay dibanderol murah.

Terlebih ada juga sistem lelang dan tawar, yang membuat pelanggan bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran.

Cara Bisnis Online Pakai eBay

Setelah menyimak kelebihan dari eBay, kamu mungkin semakin penasaran bagaimana cara bisnis online pakai eBay.

Caranya bisnis online pakai eBay sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa menyimak dan mengikuti alur berikut ini untuk memulai bisnis online di eBay!

1. Memiliki Akun eBay

Cara bisnis online pakai eBay yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat dan memiliki akun eBay.

Cara mendapatkan akun ini cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke dalam situs eBay. eBay tersedia di berbagai negara, jadi pastikan situs yang dimasuki sesuai dengan negara kamu ya!

Setelah membuka situs eBay, kamu bisa memilih opsi ‘Sign In’ yang berada di posisi bagian atas laman.

Masukkan data lengkap yang diminta. Mulai dari nama, alamat email, serta kata sandi. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memilih nama pengguna yang akan digunakan.

Pilihlah nama pengguna yang menarik dan mudah diingat oleh pembeli. Nama ini juga bisa diubah jika suatu hari dirasa tidak sesuai.

Namun, perubahan nama hanya bisa diubah setiap 30 hari. Jadi, kamu tidak bisa mengubah nama secara singkat. Pengubahan nama yang terlalu sering juga dapat menyebabkan kehilangan pembeli.

Karena mendaftar sebagai penjual, kamu bisa memilih opsi ‘Start a business account’  saat membuat akun.

Selanjutnya, kamu akan diminta menentukan metode pembayaran. eBay memberikan banyak pilihan pembayaran untuk penjual dan pembeli.

Namun, hingga kini, PayPal menjadi alat pembayaran yang paling banyak digunakan. Tetapi, selain PayPal, kamu juga bisa memilih pembayaran lainnya seperti, ProPlay, Skrill, dan kartu kredit atau kartu debit.

Setelah semua data yang diperlukan telah dilengkapi, kamu bisa langsung memulai berjualan di eBay.

2. Menentukan Produk yang akan Dijual

eBay merupakan e-commerce yang tersedia di berbagai negara. Hal ini mungkin akan memberikan keuntungan produk akna dilihat banyak orang. Tetapi, dari segi lain, kamu menjadi memiliki banyak pesaing.

Oleh sebab itu, kamu perlu mempersiapkan produk yang akan dijual secara matang, agar mampu bersaing dan memiliki pembeli.

Riset Pasar

Riset pasar menjadi upaya pertama yang bisa dilakukan dalam menentukan produk yang akan dijual. Kamu bisa mencari di bagian produk populer di eBay.

Dengan begitu, kamu jadi mengetahui produk yang memiliki daya tarik apa saja, serta kisaran harga yang diberikan oleh penjual lainnya.

Kamu juga bisa melihat produk lain di bagian ‘Sold Listing’ atau ‘Completed Listing’ untuk melihat produk yang sudah habis dibeli pembeli.

Menjual Sedikit Produk sebagai Uji Coba

Menghindari kerugian akibat persaingan yang ketat, kamu bisa melakukan uji coba dengan menjual barang dengan stok yang sedikit terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu juga bisa mengetahui apakah produk yang dijual memiliki daya tarik atau tidak. Jika produk ternyata banyak diminati, kamu bisa menambah jumlah stok kemudian.

3. Memilih Metode Penjualan

eBay memiliki berbagai layanan yang memudahkan pembeli untuk membeli sebuah barang. Saat ini, eBay memiliki 2 metode penjualan yang disukai pembeli.

Lelang Online

Metode pertama adalah layanan lelang. Layanan ini paling disukai oleh pembeli, pasalnya mereka memiliki peluang mendapatkan harga yang murah.

Tetapi, dari segi penjual, kamu juga bisa mendapatkan penjualan dengan harga yang tinggi. Jika produkmu banyak dicari, banyak pembeli akan berlomba menawarkan harga yang tinggi untuk mendapatkannya.

Dengan begitu, peluang mendapatkan keuntungan bisa kamu miliki. Proses lelang ini berlangsung mulai dari 1 – 10 hari.

Buy it Now

Barang yang dimasukkan dalam kategori Buy it Now merupakan barang yang memiliki harga pas. Sistem ini disukai oleh pembeli, karena setelah menyelesaikan transaksi pembayaran barang bisa langsung dikirimkan.

Dibandingkan lelang yang berlangsung dengan memakan sebagian waktu, terlebih harga yang dimiliki tidak pasti.

4. Promosi Produk

Agar produk semakin dikenali, kamu bisa bergabung dengan grup eBay. Pilihlah grup yang sesuai dengan produk jualan, agar tepat target sasaran.

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan media social seperti instagram, facebook, atau twitter untuk mempromosikan produk jualanmu.

(Baca Juga: 6 Produk Tabungan Terbaik untuk Bisnis)

Nah, itu dia cara bisnis online pakai eBay yang bisa kamu ikuti. Bagaimana, cukup mudah bukan untuk berbisnis online di eBay?

Dalam bisnis, mungkin ada kalanya kamu memiliki banyak pembeli dan suatu saat memiliki sedikit pembeli.

Ketika sudah mendapatkan pembeli, kamu bisa segera menabung uang yang didapatkan dalam tabungan.

Kamu bisa memisahkan antara uang tabungan untuk modal dan keuntungan. Dengan begitu, uang modal tidak akan terganggu, atau kemungkinan terpakainya minim.

Produk tabungan ini bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui CekAja.com. Kamu juga bisa langsung mengajukannya di sana, prosesnya pun cukup mudah dan cepat.

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk, segera ajukan pembukaan tabungan di CekAja.com!