Sebelum Menggunakan Digital Marketing, Ini Dia Jenis-Jenisnya

Sebelum Menggunakan Digital Marketing Ini Dia Jenis-Jenisnya

Dunia persaingan kerja sekarang memang berbeda dengan beberapa tahun lalu. Jika dulu, banyak perusahaan melakukan pemasaran secara langsung, maka digital marketing semakin banyak dipilih. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena Teknik tersebut dirasa jauh lebih efektif dibandingkan dengan datang langsung alias door-to-door tersebut.

Kehadiran pemasaran digital inipun ternyata mempunyai cakupan cukup luas, mengingat penggunaan internet memang tidak pernah ada batasnya. Itulah mengapa kesempatan memperoleh target pasar jauh lebih luas serta hasil keuntungan lebih besar akan didapatkan oleh para pebisnis. Bahkan menariknya lagi, Anda bisa menentukan sendiri target pasar yang akan membeli produk atau jasa.

Jenis-Jenis Digital Marketing Yang Perlu Diketahui

Kendati keberadaan dari marketing online tersebut semakin menjamur serta memberikan banyak keuntungan, tetapi untuk menjalankannya ternyata tidaklah mudah seperti di bayangan. Mengingat semakin ketatnya persaingan membuat pebisnis harus pintar-pintar dalam mengatur strateginya bukan?

Jika Anda hanya diam saja tanpa melakukan action dan memilih Teknik tepat, jelas akan langsung tertinggal jauh dengan para pebisnis lainnya bukan? sebelum Anda memutuskan memulai digital marketing, maka wajib mengetahui apa sajakah jenis-jenisnya terlebih dahulu. Sebab masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

  • Search Engine Marketing

Pertama adalah search engine marketing atau biasa dikenal dengan SEM tersebut. Ini merupakan jenis marketing online dimana focus pada promosi produk melalui search engine alias mesin pencarian. Beberapa mesin pencarian tersebut diantaranya adalah Google, Yahoo, Bing dan masih banyak lagu.

Untuk memulai menerapkan jenis ini maka dilakukan melalui pembuatan website terlebih dahulu, landing page, pemasangan ads dan masih banyak lagi.

  • Digital Advertising

Selanjutnya adalah digital advertising atau digital ads ini dimana jenis pemasaran digital dengan cara pemasangan iklan d berbagai macam kanal online seperti Google Ads, FB atau Instagram Ads, Tiktok Ads hingga Youtube Ads. Kehadiran dari model ini banyak dipilih karena dinilai cukup efektif dalam menggaet lebih banyak customer.

(Baca juga: 5 Keuntungan Kartu Kredit Digital OCTO Card untuk Millenial)

  • Email Marketing

Sesuai dengan Namanya, jenis pemasaran digital satu inipun akan memanfaatkan email dalam proses pemasarannya tersebut. Strategi ini sendiri sangat cocok apabila diterapkan oleh perusahaan dengan model business-to-bussiness. Biasanya mereka yang menerima email adalah orang-orang dimana telah berlangganan.

  • Sosial Media Marketing

Nah, untuk jenis pemasaran satu ini ternyata cukup popular selama beberapa tahun terakhir. Mengingat jumlah pengguna dari sosial media cukup banyak mulai dari remaja hingga orang dewasa. Sesuai dengan Namanya, nantinya Anda akan memanfaatkan sejumlah platform media sosial seperti Instagram, Tiktok, Youtube, Twitter hingga Facebook.

Perlu diingat bahwa penggunaan Teknik inipun memang akan tergantung dengan konten yang Anda bagikan tersebut di media sosial pilihan. Semakin menarik dan bagus kontennya, maka kesempatan orang-orang tertarik membeli produk ternyata akan semakin tinggi.

  • Content Marketing

Masih asing dengan jenis diatas? nah content marketing adalah model pemasaran dengan cara memanfaatkan berbagai macam sarana berupa konten mulai dari bentuk audio, gambar, tulisan bahkan video. Adapun proses dari pembuatan strategi inipun biasanya tidak bisa dipisahkan dengan social media, email marketing dan digital ads.

  • Affiliate atau Dropshipping

Kehadiran dari jenis marketing online berupa affiliate atau dropshipping inipun banyak dipilih juga oleh para pebisnis. Sebab Dengan menggunakan strategi inilah, Anda dapat memperoleh keuntungan dari para dropshipper sambil membantu mereka mencari keuntungan.

Sebelum Anda menjalankan usaha dengan menggunakan model pemasaran secara online, maka sangat penting mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan pemasaran digital secara mandiri Anda bisa mendapatkan layanan dari digital marketing agency yang bisa Anda temukan di internet.