Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Serba-Serbi Batik, Fakta Unik Hingga Model Baju Kekinian

by Kartika Ratnasari on 8 January, 2018

Jenis Batik - CekAja

Tak hanya bisa digunakan dalam acara formal, banyak model baju batik yang memiliki desain unik dan modern untuk dipakai dalam berbagai keperluan.

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Salah satu cara mudah untuk melestarikannya adalah dengan menggunakan batik pada aktivitas keseharian kita.

Motif dan model baju batik yang kian beragam membuatnya tidak hanya bisa digunakan untuk acara formal saja. Asal pintar memadupadankan gaya, batik bahkan bisa digunakan untuk suasana santai.

Sebelum berkreasi dengan batik, ketahui dulu fakta unik tentang warisan budaya kita berikut ini!

Sejarah kata “batik”

Kata Batik berasal dari dua kata Bahasa Jawa yaitu “amba” dan “titik”. Amba memiliki makna menulis, sedangkan titik artinya titik. Apabila kedua kata tersebut digabungkan, batik memiliki makna menulis titik-titik indah di atas kain.

Batik salah satu penyumbang devisa terbesar

Seperti yang kita ketahui, popularitas batik sudah sampai hingga mancanegara. Bahkan tokoh dunia seperti Kate Middleton, Jessica Alba, hingga Nelson Mandela dengan bangga menggunakannya. Tak heran, ternyata banyak negara yang mengimpor kain batik dari Indonesia.

Amerika Serikat, Jerman, Jepang, dan Korea Selatan menjadi negara-negara utama yang menjadi tujuan ekspor batik Indonesia. Sehingga batik menjadi salah satu penyumbang devisa negara terbesar. Bahkan pada 2016 lalu, total nilai ekspor batik ke luar negeri mencapai USD149,9 juta.

(Baca juga: Resolusi Sederhana yang Bikin Optimis di Tahun Baru)

Penetapan Hari Batik

Buka satu dua kali negara-negara tetangga kita mengklaim batik sebagai bagian dari aset negaranya. Untuk mencegah ini terjadi lagi, Indonesia mendaftarkan batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Hingga pada akhirnya, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 2 Oktober 2009. Sejak saat itu, tanggal 2 Oktober 2009 ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Soeharto berperan besar dalam mempopulerkan batik

Popularitas batik baru naik beberapa tahun belakangan ini. Sebelumnya, model baju batik yang ada di pasaran cenderung kaku dan terlalu formal. Setelah mulai mendunia, muncul pula model baju batik yang beragam.

Ternyata, Presiden Indonesia yang ke-2 yaitu Soeharto, memiliki peran besar dalam melambungnya popularitas batik di kancah internasional seperti saat ini.

(Baca juga: 5 Tempat Wisata Dunia yang Wajib Dikunjungi di Tahun 2018)

Pada pertengahan 80-an, Soeharto selalu menjadikan batik sebagai cinderamata tamu kenegaraan. Selain itu, pada KTT APEC II (Asia-Pacific Economic Cooperation), 17 kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara-negara APEC memakai batik tulis yang khusus dibuat dengan corak lhusus negara masing-masing.

Maka dari itu, kita sebagai warga negara Indonesia yang cinta negara, harus bangga dengan warisan budaya kita sendiri. Salah satu cara untuk melestarikan batik adalah dengan mengenakannya. Memang, masih banyak orang yang enggan memakai batik karena takut terkesan ‘jadul’ dan kaku.

Tak mau terkesan kaku, tapi masih ingin membudayakan batik? Di tahun 2018 nanti, contek gaya para artis ini untuk menyontek model baju batik terbaru. Bagi yang bosan dengan tampilan ‘ngantor’ sehari-hari yang formal dan kaku, kreasikan model baju batik yang formal namun tetap kasual saat digunakan!

Ini dia inspirasi model baju batik modern dari artis Indonesia.

Laudya Chyntia Bella & Engku Emran

Pasangan yang baru menikah di 2017 ini, mengenakan model baju batik couple dengan kain batik asal Jawa Barat. Laudya mengenakan kain batik sebagai rok dan Engku Emran mengenakannya sebagai kemeja. Perpaduan warna yang elegan ini bisa kita jadikan inspirasi menarik untuk tahun depan, dengan memilih kain batik sesuai selera.

Ayudia Bing Slamet & Ditto

Teman tapi Menikah, judul buku yang merupakan kisah nyata dari pasangan ini menjadi julukan yang tenar sepanjang 2017. Menggandrungi dunia seni, Ditto sebagai pemain perkusi dan Ayudia yang memiliki bakat menyanyi, membuat ‘Dengarkan Dia’ sebagai nama grup musik pasangan ini.

Ayudia dan Ditto tampil dengan balutan kain tradisional. Kain tradisional ini digunakan sebagai model batik kain bawahan untuk Ditto, sedangkan Ayudia menggunakan kain tradisional yang berwarna serasi. Pasangan yang terlihat harmonis ini menciptakan kreasinya dalam tatanan instagram yang fashionable dan instagrammable, lho. Kita bisa meniru model baju batik ini di acara formal atau semiformal nih!

Adinia Wirasti

Wanita cantik ini senang memadukan kain-kain tradisional Indonesia menjadi model baju atau rok yang menarik. Salah satu model baju batik ini tidak mainstream dan bisa digunakan di acara semiformal, lho! Kegemaran Adinia dalam mengenakan produk Indonesia menjadi nilai yang tinggi di koleksi photo Instagramnya. Selain kain batik, juga banyak kain tradisional lain yang dijadikan rok oleh Adinia. Intip instagramnya untuk cari inspirasi model baju batik, ya!

Raisa

Istri Hamish Daud yang merupakan penyanyi Top Indonesia ini hadir di pernikahan anak Presiden Joko Widodo yaitu Kahiyang Ayu dan Bobby di Solo. Raisa hadir dengan balutan gaun berwarna merah keemasan. Memiliki kesan anggun dan elegan, Raisa tampil cantik dengan model baju batik gaun pilihannya. Model batik ini bisa jadi inspirasi gaun cantik batik di 2018, lho!

Nia Ramadhani

Nia Ramadhani yang memiliki nama belakang ‘Bakrie’ ini tampil dengan model baju batik cantik yang modern dan elegan. Ibu dari si cantik Mikhayla ini menciptakan nuansa batik tradisional yang dapat menjadi ciri khas. Model baju batik si Girls Squad ini, bisa digunakan di acara-acara formal dan tentunya dengan pilihan warna yang kita kreasikan sendiri.

Agnez Mo

 

Siapa yang tidak kenal Agnez Mo? Artis Indonesia yang meluncur secara global ini, mengakui dirinya menyukai budaya tradisional namun juga liberal atau menyukai hal yang modern. Agnez Mo tampil menggunakan motif batik karya Anne Avantie di Video Klip terbarunya ‘As Long As I Get Paid’.

Model baju batik ini sangat berbeda dengan yang lain dengan motif yang memiliki tone gelap, membangkitkan aura Agnez Mo semakin memukau ketika tampil. Agnez Mo mengakui dirinya menyukai budaya Indonesia dan menemaninya secara internasional.

Tentang Penulis