Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Suka mendengkur Saat Tidur? Bisa Jadi Pertanda dari Penyakit Kritis Ini!

by Rafly Aditia on 23 Mei, 2017

tidur mendengkur_asuransi kesehatan - CekAja.com

Mendengkur saat tidur bukan hanya menganggu orang di sekitar, tetapi juga menjadi pertanda seseorang memiliki risiko kesehatan.

Beberapa orang memang kerap mendengkur ketika mengalami kelelahan, namun jika selalu ngorok setiap tidur maka harus lebih diperhatikan. Karena bisa jadi, hal tersebut merupakan ciri-ciri dari beberapa penyakit kritis sebagai berikut:

Sleep apnea

Salah satu gangguan kesehatan yang sering ditandai dengan mendengkur adalah sleep apnea. Sleep apnea terjadi akibat tertutupnya jalur pernapasan dalam tubuh saat seseorang tertidur. Apnea atau terganggunya saluran pernapasan bisa terjadi berkali kali saat tidur dengan durasi tiap henti napas mencapai puluhan detik.

Stroke

Salah satu ciri gejala stroke adalah mendengkur. Menurut penelitian yang dilakukan University of Dresden, orang dengan dengkuran yang panjang dan keras memiliki risiko terkena stroke jauh lebih tinggi daripada mereka yang tidak mendengkur saat tidur.

Penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan Rumah Sakit Pusat Kobe, Jepang, mengungkapkan, jika mendengkur dan ganguan pernapasan saat tidur terjadi terus menerus dan diabaikan begitu saja, seseorang berisiko mengalami serangan jantung.

Proses terbangun dan turun naiknya oksigen yang masuk ke tubuh akan mengakibatkan respon inflamasi yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan jantung.

GERD

Orang yang kerap mendengkur dan mengidap sleep apnea  berisiko terkena penyakit gastroesophaegal reflux disease (GERD) atau yang biasa dikenal dengan istilah refluks asam lambung. Penyakit ini akan meyebabkan perubahan tekanan yang bisa membuat makanan dan minuman yang telah dikonsumsi dan sampai di perut kembali naik ke kerongkongan.

Nokturia

Tahukah kamu bahwa ternyata mendengkur juga berhubungan dengan kecenderungan terbangun di malam hari? Ya, berbagai penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mendengkur saat tidur lebih sering terbangun di malam hari dibanding mereka yang tidak mendengkur ketika tidur. Kondisi ini disebut dengan Nokturia. Sudah tahu kan bahayanya mendengkur? Agar menjauhkan diri dari risiko kesehatan yuk mulai hidup sehat dari sekarang.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami