Syarat Mendapatkan dan Cara Pencairan KTA Bank CIMB Niaga

5 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Dengan maraknya pinjaman online yang terkesan mudah, pihak perbankan juga tidak mau ketinggalan untuk bisa masuk ke dalam pasar tersebut. Hal tersebut juga dilakukan oleh Bank CIMB Niaga, apalagi CIMB Niaga juga berharap bisa menarik pasar milenial yang saat ini menjadi jumlah terbesar penduduk Indonesia. Apalagi saat ini, milenial kerap membutuhkan dana cepat untuk sekadar membeli tiket pesawat hingga membooking penginapan di dalam hingga luar negeri.

Pencairan Pinjaman Online Kilat Bank Niaga

CIMB Niaga Xtra Dana

Mengusung nama Xtra Dana, kredit ini konon hadir untuk menjadi solusi dan kemudahan, baik untuk renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya. Apalagi kalau dalam keadaan mendesak karena kemudahannya dan prosesnya yang cepat.

Adapun keuntungan dari kredit ini adalah akses yang mudah, karena aplikasi bisa dilakukan secara online maupun offline. Seperti via telepon dengan menelpon call center dan melalui laman resmi CIMB Niaga. Apalagi kalau sudah menjadi nasabah CIMB Niaga, mengajukan kredit ini akan semakin mudah dan mendapatkan keuntungan lebih banyak lagi.

Prosesnya juga relatif cepat karena persyaratan hanya berupa dokumen sederhana dan dengan proses yang cepat. Proses cepat tersebut juga didukung karena bisa bertransaksi melalui berbagai channel yang disiapkan oleh CIMB Niaga, seperti CIMB Clicks yang bisa dengan mudah diakses dengan tanpa token hanya dengan mPin. Selain itu, CIMB Niaga juga menjadi keamanan bertransaksi.

Selain itu, bisa juga melalui gawai baik berbasis android maupun iOS dan mengunduh aplikasi CIMB Niaga, Go Mobile. Kalau kamu lebih suka berbicara langsung dengan pihak bank, bisa juga menggunakan Phone Banking 14041. Agen CIMB Niaga siap membantu 24 jam x 7 hari dimanapun kamu berada. Terakhir, tersedia dengan 680 cabang di seluruh Indonesia dan di jutaan jaringan ATM di seluruh dunia (ATM CIMB Niaga, ATM Bersama/Prima, ATM CIMB Bank dan MEPS serta jaringan MasterCard/Cirrus).

Siapapun Bisa Mengajukan Kredit

Kalau beberapa pinjaman online hanya melayani kawasan Pulau Jawa dan Bali, CIMB akan memberikan kredit ini kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia dengan usia 21-55 tahun. Adapun persyaratan lainnya untuk pencairan pinjaman online kilat Bank Niaga adalah dokumen seperti aplikasi permohonan, fotokopi KTP, slip gaji terbaru, fotokopi kartu kredit, dan fotokopi NPWP untuk pengajuan diatas Rp 50 juta.

Soal bunga, bank ini memberikan bunga yang berbeda bagi setiap nasabah, misalnya, Nasabah Payroll CIMB Niaga mendapatkan bunga tetap 1.35% setiap bulannya dengan biaya bank sebesar 4%. Sementara untuk Nasabah Tabungan CIMB Niaga  mendapatkan bunga tetap 1,29% dan biaya bank sebesar 4%. Untuk Nasabah Kartu Kredit CIMB Niaga mendapatkan bunga tetap 0,79% – 1,69%, dengan biaya bank sebesar 4%. Adapun bagi Nasabah Kartu Kredit Bank Lain mendapatkan bunga tetap 0,79% dan biaya bank 4%. Terakhir, Nasabah Pegawai (Salaried) mendapatkan bunga tetap 1,59% – 1,79% dan biaya bank 4%.

Bunga flat digunakan CIMB Niaga sebagai indikasi jumlah angsuran yang akan dibayarkan oleh nasabah. Sementara itu, bunga yang digunakan oleh Bank adalah Bunga Effective per tahun. Sementara biaya bank sebesar 4% sudah termasuk Biaya Administrasi dan Biaya Asuransi. Biaya keterlambatan angsuran sebesar Rp. 150.000. Biaya pelunasan dipercepat sebesar 7% dari sisa pokok pinjaman. Selain itu, bunga dan biaya dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan pemberitahuan.

Pencairan Dalam Waktu Singkat

Salah satu hal yang membuat orang tergiur dengan pinjaman online adalah karena beragam kecepatan yang bisa didapatkan, termasuk juga pencairan. Oleh karena itu, CIMB Niaga juga tidak mau kalah dengan para pesaingnya dan menjanjikan kalau pencairan kredit para nasabah tidak akan lebih dari tujuh hari kerja, usai data diverifikasi. Kamu juga mendapatkan keuntungan dengan tidak harus membayar biaya provisi. Jadi nilai kredit yang kamu terima hanya dikurangi biaya administrasi saja sebesar 4%, menguntungkan bukan?

CIMB Niaga X-Tra Dana iB

Bank ini juga menyediakan CIMB Niaga X-Tra Dana iB yang hadir melalui personal financing syariah yang merupakan pembiayaan tanpa jaminan dengan prinsip ijarah multi jasa atau murabahah, untuk memenuhi kebutuhan mulai dari pendidikan, wisata halal, perjalanan ibadah, serta pembelian barang impian melalui mitra terpercaya. Jadi bagi kamu yang membutuhkan dana mendadak, namun ingin menggunakan pilihan sesuai ajaran Islam, boleh jadi CIMB Niaga X-Tra Dana iB dengan nilai-nilai Islam dan Syariah menjadi solusi untuk kamu.

(Baca Juga: Tok! Pembayaran Non Tunai Wajib Transaksi Pakai QRIS)

Keuntungan CIMB Niaga X-Tra Dana iB/.

Keuntungan yang diberikan dan syarat CIMB Niaga X-Tra Dana iB, tidak berbeda jauh dengan CIMB Niaga X-Tra Dana, yang membedakan hanya ujroh dan biaya-biaya. Bahkan, CIMB Niaga X-Tra Dana iB tidak mengenakan biaya administrasi dan biaya asuransi.

Adapun ujroh dengan tenor 12 bulan hingga 48 bulan adalah 1,45%, meski begitu nilai pembiayaan sesuai dengan paket jasa/barang yang diberikan oleh penyedia barang/jasa. Penyedia barang/jasa hanya dilakukan oleh rekanan Bank CIMB Niaga. Ditambah lagi, ujroh dan biaya dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan pemberitahuan.

Dalam Syariah, pastikan kamu sudah memahami dan apa yang disampaikan bank jelas kamu pahami. Kerap kali nasabah kecewa di tengah jalan karena menganggap Syariah yang digunakan tidak sepenuhnya. Daripada menjadi masalah di kemudian hari, tentu saja antisipasi akan menjadi jalan tengah terbaik.

Pinjaman dengan Agunan

Selain memberikan kredit dana instan tanpa agunan, bank ini juga bisa memberikan dana instan hingga 100% dengan agunan berupa, deposito, tabungan berjangka, market linked deposit dan obligasi. Keuntungannya, pinjaman ini diharapkan bisa mewujudkan semua kebutuhan, mulai dari dana emergency, renovasi rumah, liburan atau kebutuhan lainnya dengan jangka waktu pinjaman mulai dari 12-60 bulan tanpa perlu mencairkan investasi. Meski dengan agunan, proses ini juga bisa dibilang mudah dan cepat,  tanpa melalui proses appraisal, serta dengan bunga yang kompetitif.

Adapun syaratnya juga sangat mudah, yaitu nasabah merupakan perorangan berusia min 21 tahun, WNI yang berdomisili di Indonesia atau WNA yang memiliki izin menetap di Indonesia. Selain itu, jaminan yang diberikan kepada pihak bank adalah milik debitur, pasangan nikah atau anak. Terakhir, hasil cek di sistem informasi debitur adalah positif.

Meski begitu, pencarian kredit ini lebih lama dibandingkan CIMB Niaga X-Tra Dana dan CIMB Niaga X-Tra Dana iB, yakni hingga 14 hari kerja. Pasalnya, kredit ini biasanya memberikan jumlah dana yang lebih besar dengan tenor yang lebih panjang pula.

Jangan Jadi Kredit Macet

Apapun pilihanmu, baik meminjam secara online dan tanpa agunan, atau justru dengan agunan, pastikan kamu meminjam sesuai dengan kemampuan. Usahakan masih dalam rasio yang baik dengan penghasilan, dengan demikian, kredit tersebut tidak akan melampaui kemampuan finansial.

Biasanya para perencana keuangan akan menyarankan dana yang dipinjam 30% dari pendapatan per bulan. Apalagi kalau pinjaman yang diambil memiliki plafon dan bunga yang tinggi, pastikan kalau segala masih dalam kendali kamu dan terjangkau. Jangan sampai karena cicilan yang kamu bayar tinggi, kamu jadi malas dan menghindari kewajiban untuk mencicil, dengan berbagai alasan.

Hal yang juga tidak kalah penting adalah pinjaman yang kamu ajukan digunakan untuk kegiatan yang produktif, bukan hal-hal yang konsumtif dan akan kamu sesali di kemudian hari. Apalagi kalau kamu sampai gagal bayar yang akan merusakkan BI Checking kamu padahal usia masih sangat muda.

Pasalnya, nama debitur akan langsung tercatat di Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia begitu mendapat restrukturisasi pinjaman dari pihak bank. Catatan tersebut nantinya akan menyulitkan untuk mengajukan pinjaman di kemudian hari sebab nama kamu telah tertera sebagai pihak yang pernah mengalami kredit macet. Karena itu, sebaiknya menghindari kredit macet dengan tetap teguh memegang prinsip-prinsip pinjaman dan tekun melakukan pembayaran yang telah disepakati.

Bagaimana sudah memutuskan akan menggunakan kredit jenis apa? Pastikan kamu sudah memahami apapun jenis kredit yang kamu gunakan ya!

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti