Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tabungan Umrah dengan Setoran Awal Rp100.000, Pilih-pilih Yuk!

by Tisyrin N. T on 22 November, 2019

Kasus penipuan dari biro perjalanan umrah First Travel masih heboh diberitakan di media. Kabar terbaru yang masih hangat adalah perihal lelang aset First Travel. Kalau bicara akan kasus tersebut, kamu pasti akan ingat untuk lebih hati-hati memilih agen perjalanan umrah. Ya betul, jangan karena pasang harga super murah, lalu kamu langsung percaya dan setor duit.

serba-serbi ibadah haji

Idealnya, kamu cari tahu terlebih dahulu tentang riwayat agen perjalanan yang kamu incar. Kamu tentu gak mau kan kalau kamu kehilangan sejumlah uang yang sudah kamu kumpulkan susah payah untuk ibadah umrah?

Nah, buat kamu yang belum punya dana, yuk mulai dari sekarang untuk ngumpulin duit biar bisa ke Tanah Suci. Daripada nyimpen duit di tabungan biasa, rentan sekali uangmu gak kekumpul-kumpul karena kamu tergoda mengambil sebelum waktunya.

Kalau masih bingung, ini beberapa tabungan umrah dengan setoran awal minimal Rp100.000 yang bisa kamu pilih buat bantu ngewujudin mimpimu ke Tanah Suci, yuk cek!

1. Tabungan BISA Umrah iB – Danamon

Tabungan berjangka ini menerapkan prinsip syariah mudharabah (bagi hasil). Kamu bisa menabung secara rutin setiap bulan lewat pendebetan otomatis dari rekening sumber (source account) pendebetan ke rekening TBU. So, gak ada alasan untuk gak nabung setiap bulannya!

Rekening sumber pendebetan merupakan rekening lain selain rekening TBU. Kamu bisa nyetor dengan jumlah sesuai dengan pilihan setoran bulanan mulai dari Rp300.000 hingga Rp5 juta, dengan jangka waktu mulai dari 6 hingga 72 bulan. Sementara setoran awal minimalnya cuma Rp100.000 kok!

Tabungan ini adalah bentuk kerja sama Danamon dengan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia. Karena itu, TBU dalam rupiah dilengkapi manfaat perlindungan asuransi (Proteksi Rencana Umrah). Pertanggungan asuransinya sampai dengan Rp200 juta lho!

Nantinya, kamu bebas memilih antara travel rekanan bank atau biro travel pilihan kamu sendiri. Kalau kamu pilih biro travel sendiri, dana yang dikumpulkan di rekening Tabungan BISA Umrah iB akan dikembalikan ke rekening sumber.

Untuk membuka rekening TBU, kamu cukup menunjukan identitas asli yang masih berlaku. Untuk WNI berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM atau Paspor. Sedangkan untuk WNA berupa Paspor, KIMS, KITAS / KITAS / KITAP. Selanjutnya, kamu bisa mengisi formulir pembukaan rekening. Pembukaan rekening dapat dilakukan di cabang syariah / layanan syariah Bank Danamon Indonesia terdekat.

(Baca juga: Serba-serbi Ibadah Haji yang Perlu Kamu Ketahui)
2. Tabungan Mabrur – Mandiri Syariah

Tabungan Mabrur merupakan tabungan dalam mata uang rupiah untuk membantu pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Tabungan ini menggunakan prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah.

Kalau buka tabungan ini, kamu gak bisa mencairkan kecuali untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/ Umrah (BPIH). Setoran awal minimal adalah Rp100.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp100.000.

Apa saja persyaratannya? Cukup siapin KTP dan NPWP, kamu sudah bisa memulai untuk mewujudkan mimpimu pergi ke Tanah Suci. Pembukaan Tabungan Mabrur dapat dilakukan di seluruh outlet Bank Syariah Mandiri (BSM), online via Mobile Banking BSM, dan di jaringan Layanan Syariah Bank (LSB) Bank Mandiri.

Tabungan Mabrur ini tidak menyediakan fasilitas ATM dan autodebet/pendebetan otomatis. Bank dapat memberikan layanan notifikasi melalui pesan singkat (SMS) sebagai pemberitahuan kepada nasabah kalau jumlah saldo sudah mencapai Rp25,1 juta. 

3. BNI Baitullah iB Hasanah – BNI

BNI Baitullah iB Hasanah merupakan tabungan dengan akad mudharabah atau wadiah. Kamu dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk mendapatkan kepastian porsi berangkat menunaikan ibadah haji (reguler/khusus) dan merencanakan ibadah umrah. Sistem setorannya bebas atau bulanan dalam mata uang Rupiah dan USD.

Fasilitas yang akan didapat yaitu Kartu Haji dan Umrah Indonesia, buku tabungan, dan autokredit untuk setoran bulanan dari rekening Tabungan iB Hasanah/Bisnis Hasanah/Prima Hasanah. Selain itu, nasabah dapat didaftarkan menjadi calon jemaah haji melalui SISKOHAT.

Untuk membuka tabungan ini, persyaratannya adalah kartu identitas asli (KTP/Paspor). Kalau pengen setoran awal minimal Rp100.000, kamu bisa pilih yang wadiah. Untuk tabungan dengan akad mudharabah, setoran awal minimalnya adalah Rp500.000.

Tabungan ini bebas biaya pengelolaan rekening bulanan. Ada juga fasilitas asuransi kecelakaan diri untuk nasabah Tabungan Baitullah (mudharabah IDR) dengan saldo di atas Rp5 juta.

4. Mandiri Tabungan Haji dan Umrah (MTHU) – Bank Mandiri

Mandiri Tabungan Haji dan Umrah akan memudahkan kamu nyiapin Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/Umrah (BPIH) baik haji reguler, haji khusus (haji plus) maupun umrah. Kamu dapat membuka tabungan ini di seluruh cabang Bank Mandiri.  Kamu gak perlu bayar biaya pembukaan, administrasi, dan penutupan rekening, karena gratis!

Penyetoran bisa dilakukan secara tunai di cabang atau melalui fasilitas pemindahbukuan melalui Mandiri e-banking (Mandiri ATM, Mandiri sms, Mandiri internet dan Mandiri call). Ada pula fasilitas autodebet dari rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro ke rekening Mandiri Tabungan Haji dan Umrah.

Untuk buka tabungan ini, kamu dapat melampirkan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM). Setoran awal dan saldo minimalnya sebesar Rp100.000. Sedangkan setoran berikutnya minimal Rp100.000.

(Baca juga: Pilihan Tabungan Haji dengan Setoran Awal Cuma Rp50.000!)
5. Tabungan MyArafah – Maybank

Pilihan selanjutnya untuk membantu mewujudkan impian haji atau umrah adalah Tabungan MyArafah dari Maybank. Tabungan MyArafah menggunakan prinsip syariah dengan akad mudharabah. Setoran awalnya ringan mulai dari Rp100.000 atau USD10 aja lho.

Tabungan ini juga bebas biaya administrasi. Pembukaan tabungan dapat dilakukan di kantor cabang Maybank seluruh Indonesia. Terdapat fasilitas internet banking yang memudahkan kamu mengetahui dana yang sudah terkumpul.

Kamu juga akan mendapatkan kartu ATM/debit berlogo Mastercard® & berteknologi chip sehingga lebih aman & membantu terhindar dari penyalinan data ilegal di kartu magnetic. Asyiknya, Maybank juga kerap bagi-bagi hadiah untuk para nasabah Tabungan MyArafah.

Yuk, segera buka tabungan umrah!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.