Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tak Langsung Cantik, Ini Efek yang Didapat Pasca Operasi Plastik

by Sindhi Aderianti on 5 Oktober, 2018

Belakangan  ini, Indonesia dibuat geger oleh berita hoax yang sempat disebarluaskan aktivis Ratna Satumpaet. Alih-alih mengaku dianiaya sejumlah orang dengan memperihatkan foto wajah yang bengkak, ternyata perempuan berusia 70 tahun itu justru melakukan operasi plastik, khususnya sedot lemak di pipi. Nah, ini beberapa efek yang didapat pasca operasi plastik.

Dugaan tersebut awalnya diungkapkan oleh penyanyi sekaligus dokter , Tompi. Menurut pengalamannya di ranah bedah plastik, bengkak dan lebam seperti yang dialami Ratna acap kali terjadi setelah tindakan sedot lemak terlebih jika dilakukan pada wajah. Jadi berdasarkan kaca mata medis, jelas berbeda dengan luka akibat pemukulan.

(Baca juga: Ingin Operasi Plastik Seperti Ratna Sarumpaet? Perhatikan 5 Hal Ini)
Penyebab Bengkak dan Lebam 

Meski lumrah, tapi masih banyak pasien yang tak menyadari soal penyebab bengkak dan lebam karena sedot lemak pipi. Anestesi umum lah yang menjadi alasan di balik pelebaran pembuluh darah dan kebocoran. Demi alasan keamanan, cairan anestesi yang diberikan biasanya cukup tinggi. Oleh karena itu, cairan pada jaringan kulit pun semakin meningkat hingga memunculkan efek tersebut.

Kondisi bengkak itu dimulai dengan tanda-tanda mata yang mulai mengecil atau tertutup. Hari kedua dan ketiga bengkak tersebut kian parah. Setelah itu, baru kelihatan hasil yang diinginkan. Jika tak ada komplikasi atau masalah lain, orang yang melakukan sedot lemak ini bisa kembali beraktivitas normal setelah 4-5 hari.

3 Efek Lain Usai Operasi Plastik

Pada kenyataannya operasi plastik seperti sedot lemak wajah memang tidak langsung memberi hasil yang sempurna alias cantik. Tapi bukan berarti menandakan operasi tersebut gagal ya. Selain bengkak dan lebam tadi, berikut 3 efek lain dari operasi plastik yang juga terlebih dahulu muncul.

Keluhan fisik

Selain bengkak dan lebam, efek yang bermunculan pasca operasi plastik juga menimbulkan berbagai keluhan fisik. Keluhan yang paling sering terjadi yaitu mual, muntah, sakit kepala dan nyeri yang berkepanjangan. Seiring berjalannya waktu, rasa sakit ini bisa hilang, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi rasa sakit dapat bertahan lama. Kemungkinan besar, peradangan di sekitar area di mana prosedur operasi dilakukan pun bisa dialami.

(Baca juga: Tiga Operasi Plastik Berbiaya Mahal dengan Hasil Menyeramkan)

Pengikisan Kulit

Operasi plastik ternyata bisa ikut mengganggu suplai darah ke jaringan wajah. Efeknya, kulit jadi mengalami pengikisan yang lumayan terlihat. Kondisi ini hanya bisa berangsur membaik apabila dibantu obat-obatan, perawatan luka yang tepat, dan beberapa tindakan untuk meminimalkan jaringan parut oleh dokter.

Bekas sayatan

Dalam prosedur operasi plastik yang dilakukan ibu dari Atiqah Hasiholan ini, dokter akan membuat dua sayatan di area mulut. Area pertama berada di dekat geraham, dan kedua di area belakang rongga pipi melewati otot buccinator.

Saat bantalan lemak terbuka, dokter akan menekan bagian luar pipi untuk menonjolkan bantalan lemak keluar. Bantalan inilah yang akan dipotong. Setelah itu, bantalan lemak pipi yang tersisa akan dikembalikan ke posisinya sebelum dijahit. Jahitan itu lah yang akhirnya meninggalkan luka bekas sayatan yang tidak bisa begitu saja hilang.

 Tanpa Operasi, Begini Cara Alami Agar Pipi Tirus

Tujuan operasi plastik dalam hal ini sedot lemak wajah, pastinya untuk membuat bentuk pipi seseorang lebih proporsional dan tirus. Namun kalau mengingat efek-efek pasca tindakannya yang cukup mengerikan, Anda mungkin akan berpikir dua kali. Belum lagi biaya yang dihabiskan tidak sedikit, bisa mencapai 90 juta lebih!

Salah satu cara alami dan efektif digunakan sebagai untuk mengecilkan pipi berisi adalah dengan melakukan senam wajah. Jiika dilakukan secara rutin, senam wajah amat membantu kurangi tumpukan lemak pada wajah, lho. Begini caranya:

  • Siapkan 1 buah balon
  • Tiup balon menggunakan mulut Anda
  • Setelah balon mengembang, kempeskan lagi lalu tiuplah lagi.

Lakukan minimal seminggu 3 kali diikuti dengan menjaga pola makan. Hindari konsumsi makanan manis yang paling cepat mempengaruhi bertambahnya lemak pada pipi. Jadi, tak perlu lagi berpikir untuk operasi plastik yang berisiko dan memakan banyak biaya. Semoga berhasil!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami