Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Taman Tempat Nongkrong Paling Asyik di Bandung?

by lhmdi on 26 Agustus, 2017

nongkrong hemat - CekAja.com

Bandung, beberapa tahun yang lalu dikenal sebagai salah satu kota terdekat bagi masyarakat yang ingin melepaskan penatnya.

Hal ini terjadi karena banyak ditemukan berbagai macam tempat nongkrong Bandung hampir di setiap sudut tempatnya.

Mulai dari restoran, Coffee Shop dan beragai tempat yang biasa dijadikan kegiatan untuk berkumpul bersama teman-teman dan keluarga.

Akan tetapi, salah satu risiko dari kehadiran tempat-tempat nongkrong ini adalah Bandung selalu penuh sesak dengan kemacetan, bahkan terkesan kumuh. Tidak terasa lagi udara sejuk yang menjadi ciri khas Bandung selama ini.

Widget TRV Insurance

Beberapa hal umum yang sering terlihat adalah polusi dari asap kendaraan dan sampah yang ramai berserakkan di jalanan.

Bandung pun sempat mendapatkan sentimen negatif akan keindahan kotanya yang sudah mulai hilang ditelan kehidupan masa modern.

Namun, dengan cukup cepat, Bandung pun berbenah. Dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai Walikota, kota Kembang membuka banyak ruang-ruang publik yang baru.

Ruang publik ini hadir dalam bentuk taman, dan bukan lagi dalam bentuk tempat nongkrong yang sudah menjadi tren di Bandung selama ini.

(Baca: Ke Bali, Dana Sendiri Vs Paket Wisata, Mana Lebih Hemat?)

Berbagai macam taman-taman ini hadir bagi masyarakat sekitar dan pendatang dari luar kota Bandung kembali berinteraksi di luar ruangan. Interaksi yang menghibur namun sekaligus membuka ruang kreatifitas bagi warga Bandung.

Alasan Taman Jadi Tempat Nongkrong Paling Asik di Bandung

Dilansir dari kompas, pemerintah kota Bandung menyiapkan sekitar hampir 600 taman untuk dijadikan sebagai pelengkap keindahan kota

Tidak hanya sekadar taman biasa, namun setiap taman memiliki keunikannya tersendiri. Selain desain, dan namanya, taman-taman di kota Bandung ini punya alasannya tersendiri untuk menjadi tempat nongkrong bagi masyarakat.

Berikut beberapa alasan kenaa taman-taman yang ada di sekitar Bandung bisa dijadikan sebagai tempat untuk nongkrong.

1. Diskusi sambil nongkrong

Dilihat dari namanya, memang terkesan serius. Taman, pers Malabar. Taman yang memang dirancang untuk tempat nongkrongnya para wartawan yang ingin mencari ide-ide baru atau sekadar memikirkan berita apa yang akan dikerjakan.

Namun, taman pers sendiri terbuka untuk umum. Sebelum menjadi taman yang bernama Malabar ini dikenal sangat kumuh dan penuh dengan rumput liar. Namun, ketika diubah menjadi taman pers, tempat ini menjadi lebih terawat.

Taman itu mulai bisa terlihat dari luar. Di bagian-bagian yang tadinya penuh dengan rumput liar terlihat bersih. Sampah-sampah yang biasanya berserakan juga mulai tidak terlihat lagi.

Pada bagian depan taman terdapat sebuah monumen yang bertuliskan “Harian Bandung Juara” berdampngan dengan logo pemerintahan kota Bandung.

Di dalam taman terdapat beberapa tempat dengan bentuk saung atau ruang-ruang khusus yang memang dibuat sebagai tempat nongkrong.

Selain dibuat khusus untuk wartawan, namun masyarakat umum pun bisa menikmati ruang terbuka bernama Taman Pers ini. Karena, saking tenangnya tempat ini, siapa pun bisa mencari berbagai macam ide-ide baru untuk kegiatannya.

Ingin mencoba tempat ini? Langsung saja kunjungi Jalan Palasari No.1, Malabar, Lengkong, Kota Bandung, untuk menikmati suasana dari Taman Pers.

2. Bersantai sambil melihat ikan hias

Salah satu sumber alam di kota Bandung adalah aliran sungai Cikapundung yang punya cerita sejarahnya sendiri.

Aliran sungai Cikapundung memiliki berbagai macam fungsi yang berbeda di setiap waktunya. Bahkan sungai ini pernah terlihat kumuh dan mejadi sumber air yang meluap sehingga menyebabkan terjadinya banjir.

Namun, di masa modern ini, pemerintah kota Bandung mengubah pinggiran sunga Cikapundung menjadi lebih menarik. Di sisi salah satu sungai dibangun taman teras Cikapundung.

Taman ini juga dibuat dengan konsep ruang publik, artinya masyarakat di sekitar kota atau wisatawan yang datang ke kota ini bisa menikmati kesegaran alami dari sungai Cikapundung.

Selain dapat menikmati suasana sungai, terdapat tiga zona wisata yang dikembangkan melalui taman ini. Pertama air mancur yang mengikuti alunan lagu.

Kedua, taman Cikapundung dibuat bagi masyarakat yang gemar akan ikan hias. Hal ini dikarenakan taman Cikapundung digunakan sebagai tempat konservasi ikan hias.

Bagi yang sekdar ingin mencari tempat nongkrong Bandung, kita bisa langsung menuju Cikapundung Riverspot yang menyediakan meja-meja sambil menikmati sajian kuliner hingga musik gratis di tempat ini.

(Baca: Tidak Cukup Berduit, Jangan Coba-coba Tempat Wisata Ini)

Taman yang penuh kesegaran alami ini sendiri berada di tengah kota, yaitu tepat di Jalan Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung.

3. Nongkrong sembari olahraga di ruangan terbuka

Masih banyak masyarakat Indonesia yang masih malas untuk berolahraga, bahkan di akhir pekan sekalipun.

Hal yang sama juga berlaku bagi masyarakat yang berada di kota Bandung, dimana masyarakatnya sangat jarang mengambil kesempatan untuk memiliki tubuh yang jauh lebih sehat dengan cara berolahraga.

Salah satu faktornya adalah belum ada ruang publik yang tepat untuk melakukan aktifitas olahraga. Pemerintah kota Bandung pun akhirnya menyiapkan sebuah taman yang diberi nama taman fitnes.

Di taman ini disediakan berbagai alat fitnes atau kebugaran yang berada di alam terbukan. Nah, bagi masyarakat yang ingin berolahraga di ruang terbuka bisa mampir ke tempat ini.

Ingin mencoba olaharaga di ruang terbuka? Kunjungi saja taman fitnes yang berada di Jalan Teuku Umar, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung.

4. Menggali ide-ide fotografi

Bagi penggemar fotografi yang ingin eksis di media sosial, Bandung adalah kota yang peenuh surga dengan spot fotografi cantik.

Berbagai tempat unik dengna latar menarik selalu bisa dijadikan sebagai spot fotografi menarik.

Namun, mencari tempat ongkrong Bandung sambil berdiskusi tentang seni sebuah foto, maka taman fotografi adalah tempatnya.

Taman yang terletak tidak jauh dari pusat kota Bandung ini merupakan seebuah tempat nongkrong bagi warga Bandung dan sekitarnya yang gemar fotografi. Berbagai alat pendukung seperti cermin, dan spot foto menarik lainnya di sediakan di taman ini.

Jadi, jika berbagai tempat wisata di Bandung sudah penuh sesak dengan keramaian yang ingin mengabadikan berbagai momen menarik, maka mampi ke taman fotografi sambil mencari ide baru adalah pilihan tepat.

Penasaran seperti taman fotografi di Bandung? Langsung saja menuju Jalan Kemuning No.4, Sumurbandung, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

5. Belajar berbagai macam namai bunga

Nah, jika ingin mencari suasan yang lebih segar dna baru, kita langsung menuju pustaka bunga. Tempat yang dulu bernama taman Cilaki ini kini menjadi salah satu tempat koleksi bunga-bunga di kota Bandung.

Saat masuk ke dalam tempat ini, pengunjung akan menapatkan kesan yang sejuk dan rindang, karena pusataka bunga dikelilingi oleh pohn-pohn rindang serta bunga-bunga cantik nan penuh warna.

Koleksi bunga di tempat ini cukup lengkap dengna nama-nama khas Indonesia beserta nama latinnya.

Jadi, selain nongkrong di tempat yang sejuk, pengunjung pun bia belajar mengenal berbagai tamanan atua bunga-bunga yang ada di taman ini.

Yuk, langsung saja menuju jalan Citarum No.23 A, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, untuk menikmati aneka-anek bunga cantik di kota Bandung.

6. Bermain Skate Board

Jika kota Jakarta punya arena Skate board di daerah Kalijodo, maka Bandung sudha punya tempat seperti ini telerbih dahulu sebelum Kalijodo.

Sebuah tempat yang disulap menjadi taman ini, khusus dibuat untuk penggemar permainan Skate Board.

Tempat ini memang dijadikan sebagai sarana bagi anak-anak muda yang hobi bermain Skate Board, namun tidak jarang pula tempat ini dijadikan sebagai tempat nongkrong Bandung untuk berbagai kegiatan lainnya.

Salah satu yang cukup populer adalah sebaga tempat untuk mengabadikan momen-momen dalam fotografi.

Melalui taman Skate Board, para penggemar fotografi bisa mendapatkan berbagai objek gambar masyarakat yang bermain Skate Board plus aktifitas masyarakat lainnya.

Apalagi taman Skate Board sangat dekat dengan taman Jomblo, sehingga dapat memuaskan para fotografer untuk mendapatkan gambar-gambar menarik lainnya.

Bagi wisatawan yang belum pernah mengunjungi tempat ini, langsung menuju taman yang berlokasi di Jalan Layang Pasupati, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung.

7. Nongkrong sambil diskusi film

Mulai bosan nongkrong di taman Skate Board atau taman Jomblo, bergeser beberapa meter, kita akan bertemu dengan taman film.

Selain nongkrong, di taman ini kita bisa menyaksikan berbagai macam jenis film yang disediakan oleh pihak pengelola.

Karena di taman film kita akan melihat film yang dilengkapi dengan dengan sebuah videotron raksasa dengan ukuran 4 X 8 Meter.

Jika ingin beganti suasana, kita bisa melanjutkan acara nongkrong dengan berdiskusi tentang film atau menyiapkan ide-ide baru untuk membuat film sendiri.

Taman ini sendiri berada di lokasi yang tidak jauh dari taman Skate Board karena berada di Jalan Layang Pasupati, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung.

8. Belajar kembali tentang sejarah Bandung

Tidak semua kejadian yang berkaitan dengan masa lalu itu adalah hal yang menyakitkan. Salah satunya adalah dengan berada di tempat nongkrong Bandung yang bernama taman sejarah.

Tempat ini pastinya bukan tempat mengenang sejarah masa lalu, namun juga bisa belajar menambah pengetahuan dengan informasi yang terkait dengan cerita kota Bandung di masa lalu.

Pengunjung yang datang ke taman sejarah akan mendapatkan pemandangan berbagai relief hingga stiker yang berisikan tentang masa pra-sejarah, masa penjajahan hingga masa modern seperti saat ini.

Jadi, daripada nongkrong mengenang masa lalu tanpa jawaban, lebih baik kunjungi saja taman sejarah yang berada di jalan Aceh No.53, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung.

9. Nongkrong sambil nonton konser musik

Bicara musik tetunya tidak bisa dilepaskan dari koa Bandung. Banyak beberapa musisi yang dilahirkan di kota Bandung, mulai dari Nike Ardila, hingga nama-nama band seperti Noah atau The Changcuters.

Nah, untuk menggali potensi musik anak-anak muda di jaman sekarang, maka pemerintah kota Bandung menyediakan sebuah taman yang diberi nama Musik Centrum.

Tempat nongkrong Bandung ini biasanya dipenuhi oleh masyarakat yang gemar akan musik dari berbagai jenis genre.

Bahkan, taman musik juga sering kali dijadikan tempat untuk manggung yang bagi mereka yang ingin mengenalkan musik ke telinga masyarakat.Ingin nongkrong sekaligus mendengarkan kreatifitas musik dari masyarakat di Bandung? Langsung jalan menuju jalan Sumbawa No.32, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

10. Berjalan-jalan dengan hewan peliharaan

Tempat nongkrong di Bandung yang bisa menjadi pilihan berikutnya adlaah Petpark. Dari namanya saja, sudah terkesan bahwa tempat ini khusus bagi masyarakat yang igin mengajak hewan peliharaan mereka untuk berjalan-jalan.

Namun, taman ini sendiri terbuka bagi masyarakat umum, bahkan bagi yang tidak memiliki hewan peliharaan pun.

Tamannya cukup besar, dikelilingi dengan berbagai aneka tanaman yang membuat kesannya menjadi sejuk.

Di beberapa area, ditempatkan beberapa benda-end ayang bisa dijadikan sebagai alat pemrinana bagi hewan peliharaan.

Nah, bagi yang ingin bersantai sekligus nongkrong dan bertemu dengan masyarakat yang menyukai hewan, bisa langsung menuju jalan Ciliwung No.14, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami