14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Tanaman merambat sejatinya terdiri dari dua jenis, yaitu tanaman merambat berbunga dan tanaman merambat daun. Untuk tanaman merambat berbunga sendiri, biasanya digunakan untuk menutupi dan memperindah dinding bagian luar rumah, pagar bahkan kanopi.

14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Banyaknya jenis tanaman merambat berbunga, kerap kali membuat bingung banyak orang yang baru ingin mencoba menanam tanaman merambat.

Sebab, ada beberapa jenis tanaman merambat berbunga yang menjadi incaran banyak orang, seperti bougenville, mandevilla, alamanda, begonia, hingga tanaman merambat flame of Irian yang terbilang cukup sulit ditemukan.

Ciri-ciri Tanaman Merambat Berbunga

Sebelum membahas lebih jauh tentang tanaman merambat berbunga, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dari tanaman merambat berbunga itu sendiri. Adapun ciri-ciri dari tanaman merambat berbunga, yaitu:

  • Tumbuh akar pada bagian batang tanaman
  • Pada awal pertumbuhan, batang akan terlihat seperti terlilit karena penyesuaian
  • Memiliki daun yang sudah termodifikasi menjadi tendril daun atau sulur
  • Bergantung pada pohon lainnya, karena memiliki batang yang lemah

(Baca Juga: 10 Jenis Tanaman di Dalam Air)

14 Tanaman Merambat Berbunga

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui ciri-ciri tanaman merambat berbunga, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui apa saja tanaman merambat berbunga, yang dapat mempercantik bagian luar rumah.

Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 14 tanaman merambat berbunga dan akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Wisteria

Wisteria - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Tanaman merambat berbunga yang pertama adalah Wisteria. Tanaman merambat yang satu ini memiliki kemampuan bertahan hidup hingga ratusan tahun, apabila dirawat secara rutin dengan baik dan benar.

Namun sayangnya, Wisteria memiliki cara perawatan khusus yang terbilang tidak mudah. Hal tersebut dikarenakan, Wisteria merupakan tanaman subtropis yang harus dirawat dengan benar dan teliti, mulai dari proses pembibitan hingga pemindahannya ke tanah.

Maka dari itu, tidak heran apabila tanaman merambat berbunga ini memiliki harga yang cukup mahal di pasaran. Terlebih, Wisteria juga dapat tumbuh hingga sepanjang 20 m.

2. Alamanda

Alamanda - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Di urutan kedua ada Alamanda yang menjadi tanaman merambat berbunga. Selain menjadi tanaman hias yang tahan panas, alamanda nyatanya juga menjadi salah satu tanaman yang populer sebagai tanaman rambat pagar.

Meski begitu, tanaman yang memiliki bunga berbentuk lonceng berukuran besar ini, juga sangat cocok digunakan untuk menghias kanopi. Hanya saja, kamu perlu memastikan bahwa kanopi mu terpasang kuat.

Pasalnya, Alamanda memiliki daun yang lebat, meskipun bunga yang dihasilkan tanaman rambat ini tidak banyak dan letaknya jarang-jarang.

Selain itu, tanaman ini nyatanya juga memiliki nama sebutan lain selain Alamanda, yaitu bunga terompet emas, bunga buttercup dan bunga lonceng.

3. Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Berikutnya ada Air Mata Pengantin sebagai tanaman merambat berbunga versi CekAja.com. Tanaman merambat yang memiliki nama latin Antigonon Leptopus ini memiliki bunga dengan kombinasi warna merah jambu dan putih.

Tanaman yang berasal dari Meksiko ini sangat populer di Indonesia, karena tidak hanya unggul dalam kecantikan visualnya, tetapi juga memiliki kemampuan bertahan hidup yang cukup lama.

Tidak hanya itu, tanaman ini pun tidak memiliki perawatan yang khusus. Sebab, tanaman ini masuk ke dalam kategori gulma, yang akan tetap tumbuh subur meski tidak dilakukan perawatan khusus secara rutin.

4. Mandevilla

Mandevilla - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Sebagai tanaman merambat berbunga, Mandevilla kerap kali digunakan untuk menghias dinding bagian luar rumah dan pagar.

Hal tersebut dikarenakan, Mandevilla memiliki bunga dengan warna yang beraneka ragam, mulai dari warna putih, merah jambu hingga warna merah.

Namun sayangnya, batang dari tanaman merambat ini tidak terlalu kuat. Sehingga, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu perlu mengikat beberapa bagian sudutnya agar tanaman ini merambat dengan sempurna.

Mandevilla akan lebih cepat tumbuh, apabila diletakkan di tempat yang mendapat cukup cahaya matahari. Tetapi, Mandevilla sangat rentan dengan cacing tanah.

Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk menanam tanaman merambat Mandevilla, pastikan bahwa kamu menggunakan media tanam selain tanah, seperti misalnya arang kelapa.

5. Morning Glory

Morning Glory - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Di urutan kelima ada tanaman merambat Morning Glory. Tanaman yang memiliki bentuk bunga layaknya terompet ini memiliki ciri khas, yaitu bunga-bunganya akan selalu bermekaran di pagi hari.

Lebih dari itu, bunga-bunga dari tanaman ini juga akan mengalami perubahan warna menjadi ungu terang, apabila mendapat cukup cahaya matahari dan berubah kembali menjadi warna biru, apabila kekurangan cahaya matahari.

Bunga yang memiliki 1.000 jenis variasi warna ini, tidak memiliki perawatan khusus untuk menjaga kesegarannya.

Kamu hanya perlu menyiramnya setiap 5-7 hari sekali dan melakukan pemupukan setiap 2-2,5 bulan sekali. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Tetapi, bunga ini memiliki kekurangan yang terletak pada kemampuan bertahan hidupnya. Karena, tanaman merambat morning glory hanya mampu bertahan selama kurang dari satu tahun.

6. Flame of Irian

Flame of Irian - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Tanaman merambat berbunga yang selanjutnya datang dari daratan Papua, yaitu Flame of Irian. Tanaman yang terbilang langka ini, sangat cocok untuk ditanam di daerah tropis.

Bagaimana tidak, tanaman ini pasalnya memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, tanpa harus dilakukan perawatan khusus.

Meski begitu, tanaman dengan bunga berwarna jingga dan biru ini memiliki harga yang sangat mahal. Tentu, karena keberadaannya yang sudah sangat langka saat ini.

Dengan begitu, orang-orang yang memiliki tanaman merambat Flame of Irian, harus menjaga dengan baik dan semaksimal mungkin.

Tanaman rambat ini juga dapat memberikan suasana yang teduh dan sejuk. Sehingga, seringkali dijadikan tanaman untuk menghias kanopi atau tiang-tiang tanaman.

7. Soapwort

Soapwort - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Soapwort merupakan salah satu jenis tanaman merambat berbunga yang memiliki banyak bunga dan masa pertumbuhan yang cepat. Bunga-bunga yang dihasilkan soapwort pun sangat cantik dan mungil.

Memiliki warna merah jambu, bunga dari tanaman soapwort ini memberikan aroma harum yang semerbak. Maka, tidak heran apabila tanaman yang satu ini menjadi incaran banyak orang.

Tidak hanya itu, tanaman dengan nama latin Saponaria Ocymoides ini juga kerap kali dijadikan sebagai bahan pembuatan sabun yang digunakan untuk mencuci dan membersihkan kain yang halus.

8. Bougenville

Bougenville - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Kedelapan ada Bougenville yang masuk ke dalam tanaman merambat berbunga versi CekAja.com. Tanaman yang memiliki bunga dengan kelopak setipis kertas ini, nyatanya juga menjadi salah satu tanaman hias yang tahan panas, loh!

Terlebih, tanaman ini tidak memiliki perawatan khusus untuk membuatnya bertahan lama dan terjaga kesegaranya. Karena, bougenville tetap dapat tumbuh secara normal meski tidak disiram setiap hari.

Tanaman yang sangat populer di Indonesia ini memiliki variasi warna bunga yang sangat beragam, mulai dari warna merah jambu, ungu hingga kuning. Namun sayangnya, bougenville hanya dapat tumbuh hingga sepanjang 1 m saja.

9. Clematis

Clematis - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Menjadi salah satu tanaman merambat berbunga yang berfungsi sebagai peneduh, Clematis memiliki ragam warna bunga yang sangat cantik, seperti ungu, biru, kuning, putih, merah muda dan merah tua seperti warna merah bunga mawar.

Tanaman yang seringkali disebut dengan queen of the climbers ini, mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 12 m dengan lebar yang bervariasi, yaitu antara tiga sampai empat kaki.

Tanaman yang sangat cocok ditanaman di daerah berudara sejuk ini, akan menghasilkan banyak bunga ketika waktu berbunga sudah tiba. Tidak hanya itu, Clematis juga menghasilkan aroma yang semerbak.

10. Begonia

Begonia - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Di urutan kesepuluh ada Begonia. Tanaman berbunga yang mampu bertahan di cuaca panas ini, memiliki 1.700 jenis yang tersebar di seluruh dunia.

Memiliki bunga warna merah muda dengan putik berwarna kuning ini, membuat Begonia sangat cocok untuk dijadikan dekorasi pagar atau dinding bagian luar rumah.

Banyaknya jenis begonia, seringkali membuat bingung orang-orang yang ingin memilih jenis begonia untuk dijadikan dekorasi rumah. Namun, salah satu jenis begonia yang paling banyak dicari adalah Scandent Begonia.

11. Dipladenia

Dipladenia - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Sebagai tanaman merambat berbunga, Dipladenia menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kamu jadikan hiasan atau dekorasi pagar, kanopi dan dinding bagian luar rumah.

Tanaman yang masih satu famili dengan tanaman Mandevilla ini, memiliki nama latin yaitu Mandevilla Red Riding Hood.

Tanaman ini juga memiliki bentuk bunga seperti Adenium, dengan warna merah menyala serta daun yang berukuran kecil.

12. Bunga Ivy

Bunga Ivy - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Di urutan ke-12 ada bunga Ivy. Tanaman yang memiliki daun berbentuk segitiga, serta batang yang menjalar ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat.

Menariknya, bunga Ivy juga mampu tumbuh di berbagai jenis media, seperti dinding, pagar, batang pohon hingga penutup lahan atau tanah kosong.

Tanaman yang masuk ke dalam jenis evergreen ini, umumnya memiliki daya tahan hidup yang cukup lama dan mampu menyerap polusi di lingkungan sekitar. Maka dari itu, Ivy seringkali ditemukan di daerah-daerah perkotaan.

Namun, jika kamu memiliki tanaman yang satu ini harus berhati-hati. Sebab jika tersentuh kulit, bunga ini dapat menyebabkan iritasi kulit dengan sensasi terbakar.

Oleh karena itu, pastikan bahwa tanaman ini tumbuh di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.

13. Petrea Volubilis

Petrea Volubilis - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Jenis tanaman perdu yang berasal dari Amerika Tengah ini, memiliki beberapa nama panggilan yang sangat unik. Mulai dari Purple Wreath, Purple Vine, Queen’s Wreath hingga Blue Bird Vine. Namun, di Indonesia sendiri tanaman ini dikenal dengan nama Petrea Volubilis.

Petrea sendiri memiliki bunga yang sangat banyak, terlihat di hampir setiap batang pasti ditumbuhi oleh bunga-bunga dari tanaman petrea volubilis.

Dan uniknya, bunga-bunga tersebut pasti akan mengalami perubahan warna sebelum memasuki masa gugur.

Proses masa gugur itu terjadi secara perlahan. Pertama, bunga akan mengalami perubahan warna dari yang sebelumnya ungu cerah menjadi memucat. Setelah itu, bunga kembali berubah warna menjadi hijau dan gugur secara perlahan.

14. Jalaran Api

Jalaran Api - 14 Tanaman Merambat Berbunga yang Cantik dan Segudang Manfaatnya

Jenis tanaman rambat berbunga yang terakhir adalah Jalaran Api. Tanaman yang satu ini memiliki bunga yang terkesan seperti semburan api berwarna jingga.

Meski begitu, namun warna yang dihasilkan dari bunga jalaran api sangat indah dan membuat halam rumah tampak lebih cerah.

Kamu bisa menjadikan jalaran api sebagai tanaman untuk dekorasi rumah. Kamu bisa menggunakannya untuk hiasan pagar, dinding bagian luar rumah dan kanopi.

Manfaat Tanaman Merambat Berbunga

Tanaman merambat berbunga nyatanya tidak hanya mampu memberikan kesan cantik pada rumah, tetapi juga memberikan sederet manfaat. Lantas, apa saja manfaat dari tanaman rambat berbunga? Berikut uraiannya.

  • Dapat menyejukkan lingkungan
  • Mempercantik tampilan rumah
  • Beberapa jenis tanaman mampu menyerap polusi udara
  • Membuat teduh halaman rumah
  • Beberapa jenis tanaman rambat dapat digunakan sebagai obat
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Tanaman Pengusir Nyamuk)

Itulah beberapa informasi terkait tanaman rambat, mulai dari ciri-ciri, jenis, hingga manfaat dari tanaman rambat itu sendiri.

Beberapa informasi tersebut bisa kamu jadikan panduan, apabila kamu ingin mencoba menanam tanaman rambat di rumah.

Jika sudah ahli, kamu pun bisa menjadikan tanaman rambat sebagai salah satu peluang usaha.

Namun, untuk memulai usaha ini kamu juga memerlukan modal yang tidak sedikit. Sebab, kamu harus membeli beberapa jenis tanaman rambat, peralatan serta kebutuhan lainnya.

Maka dari itu, kamu perlu memiliki dana lebih untuk modal usaha. Tetapi, jika dana yang kamu miliki saat ini belum mencukupi, jangan khawatir. Kamu bisa mendapatkan pinjaman dana tunai dengan mengajukan KTA di CekAja.com.

Yang mana, proses pinjaman dana tunai atau KTA di CekAja.com sangat mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, buat kamu yang ingin memulai usaha namun terhambat dengan modal, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan KTA di CekAja.com!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani