12 Tanaman Paling Berbahaya Bagi Manusia Ini Memiliki Racun Mematikan, Hati-hati!

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Tahukah kamu, kalau ternyata di dunia ini ada beberapa jenis tanaman paling berbahaya bagi manusia. Dan konon katanya, beberapa tanaman tersebut apabila tersentuh, ada yang mampu membuat seseorang mengalami kematian.

Lantas, apakah hal itu benar adanya? Atau hanya omongan masyarakat sekitar saja? Untuk tahu lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas sederet tanaman paling berbahaya bagi manusia secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

12 Tanaman Paling Berbahaya Bagi Manusia

1. Sri Rejeki

Tanaman paling berbahaya bagi manusia yang pertama, yaitu Sri Rejeki. Seringkali dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah, Sri Rejeki ternyata mengandung racun pada getah di bagian daun dan batangnya.

Hal tersebut karena, dua bagian tanaman tersebut memiliki kandungan kalsium oksalat, yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada bibir dan lidah hingga iritasi.

Tidak hanya itu, dalam kondisi terparahnya getah racun tanaman ini juga mampu membuat seseorang mengalami kejang-kejang.

2. Gympie Gympie

Berikutnya ada Gympie Gympie yang menjadi tanaman paling berbahaya bagi manusia. Tanaman yang lebih banyak ditemukan di Maluku dan wilayah hutan hujan Australia ini, memiliki racun mematikan yang tersebar di seluruh bagian tanaman, kecuali akar.

Meski disebut mematikan, namun efek yang ditimbulkan tidak benar-benar membuat seseorang mati. Tetapi, efeknya dapat menyiksa korban yang terkena racun ini hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

(Baca Juga: Daftar Tanaman Pembawa Keberuntungan)

3. Mata Boneka

Di urutan ketiga ada Mata Boneka, sebagai tanaman paling berbahaya bagi manusia versi CekAja.com. Bagaimana tidak, tanaman yang memiliki nama latin Actaea Pachypoda ini, pasalnya memiliki buah yang mengandung racun kardiogenik.

Apabila buah ini termakan, maka racun tersebut akan memberikan efek penenang langsung pada jaringan otot.

Dengan kata lain jika buah ini tertelan, maka tidak menutup kemungkinan orang yang menelan buah mata boneka akan mengalami serangan jantung, bahkan kematian. Jadi, hati-hati dengan tanaman yang satu ini, ya!

4. Datura

Walaupun memiliki bunga yang cantik, namun tanaman yang satu ini menjadi salah satu tanaman paling berbahaya bagi manusia.

Hal itu karena, bunga dari tanaman yang kerap kali disebut dengan Trompet Setan, Bel Neraka, dan Biji Setan ini dapat mengeluarkan racunnya begitu saja, apabila salah satu bagian dari tanaman ini terluka.

Bahayanya bunga Datura pun sudah terbukti, karena ada banyak kasus yang menyatakan, kalau orang yang mengonsumsi bunga tanaman Datura berujung dalam keadaan koma, bahkan meninggal dunia.

5. Manchineel

Selain empat tanaman di atas, Manchineel juga menjadi bagian dari daftar tanaman paling berbahaya bagi manusia.

Hal itu tidak mengherankan, karena tanaman yang banyak dijumpai di wilayah Amerika Serikat bagian selatan dan Amerika Tengah ini, seringkali disebut dengan pohon kematian saking berbahayanya.

Getah yang dimiliki buah tanaman ini, diketahui mampu memberikan sensasi terbakar yang dapat membuat kebutaan, serta menyebabkan lecet orang yang terkena getahnya.

Namun selain getah, semua bagian dari tanaman Manchineel sejatinya bisa menyebabkan kerusakan.

Sehingga, jika bertemu dengan tanaman ini, lebih baik segera menjauh dan tidak menyentuh semua bagiannya, termasuk daun.

6. Tanaman Jarak

Meski dikenal dengan sebutan Jarak, namun tanaman yang satu ini memiliki banyak nama sebutan sesuai dengan daerahnya masing-masing.

Seperti misalnya di Jawa Barat, tanaman ini dikenal dengan nama Kaliki, di Sumatera dikenal dengan nama Dulang atau Gloah dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang belum tahu, Jarak menjadi salah satu tanaman paling berbahaya bagi manusia, karena mengandung zat ricin yang mematikan.

Di mana, zat ricin ini apabila termakan bisa menyebabkan iritasi lambung, sakit perut, muntah, diare yang mengeluarkan darah, meningkatnya denyut jantung, kolaps, tekanan darah rendah, bahkan kematian yang dapat terjadi dalam hitungan hari.

7. Pong-pong

Jika dilihat dari namanya, tanaman ini terkesan lucu dan menggemaskan, ya? Namun faktanya, tanaman ini menjadi salah satu tanaman paling berbahaya bagi manusia.

Hal ini rasanya tidak bisa dibantah, karena tanaman dengan nama latin Cerbera Odollam ini, mampu menghasilkan racun yang sangat kuat dan tajam dari bagian buah, getah, daun serta bijinya.

Melihat dari semua kemampuan yang dimilikinya tersebut, maka tak heran apabila tanaman ini sering digunakan untuk membunuh dan bunuh diri.

8. Wolf’s Bane

Wolf’s Bane merupakan tanaman paling berbahaya bagi manusia, yang mampu menipu setiap orang yang melihatnya, melalui tampilannya yang cantik dan menarik.

Dikatakan memiliki kemampuan menipu yang sangat baik, karena tanaman ini menyimpan racun mematikan, yang sering digunakan untuk membunuh serigala.

Cara penggunaan racun untuk membunuh serigala ini pun, dilakukan dengan mengolesi racun ke seluruh bagian tombak yang akan digunakan.

Karena racunnya yang banyak digunakan untuk membunuh serigala, maka tercetuslah nama Wolf’s Bane untuk tanaman dengan nama latin Aconitum Variegatum ini.

9. Saga Rambat

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu daun saga? Tanaman yang memiliki manfaat untuk meredakan batuk dan sariawan ini, rasanya sudah sangat terkenal dimana-mana.

Namun sayangnya, tanaman Saga Rambat juga menjadi salah satu tanaman paling berbahaya bagi manusia, karena memiliki kandungan zat abrin yang menjadi racun untuk tubuh.

Zat abrin sendiri nantinya jika masuk ke dalam tubuh, akan “mengambil alih” tubuh dengan cara mematikan ribosom, sebagai bagian tubuh yang memiliki tanggung jawab dalam mensintesis protein yang dikonsumsi.

Untuk itu, jika ingin menggunakan dan memanfaatkan daun saga sebagai obat, ada baiknya pastikan kalau daun tersebut sudah terpisah dari bijinya.

Karena apabila kamu tidak sengaja menelan satu biji saga, maka itu membuka peluang yang sangat besar untuk zat abrin membunuhmu.

10. Hogweed Raksasa

Di urutan ke-10 ada Hogweed Raksasa, yang menjadi tanaman paling berbahaya bagi manusia.

Memiliki untaian bunga putih yang cantik dan mempesona, tanaman satu ini ternyata menyimpan racun yang sangat mematikan.

Hal itu karena, racun tersebut dapat merusak fungsi jaringan kulit, yang akan membuat kulit menjadi terbakar, bahkan dapat menyebabkan kebutaan total pada korban yang terkena racunnya.

11. Foxglove

Tanaman berwarna ungu yang memiliki bentuk lonceng ini, mungkin memiliki penampilan yang sangat memukau dan memikat mata.

Hanya saja dibalik kecantikannya tersebut, Foxglove menyimpan racun yang dalam bentuk glikosida.

Ya, zat kompleks yang mengandung gula ini, apabila tertelan akan menimbulkan beberapa efek samping, seperti sakit perut, diare, mual, muntah, sakit kepala, halusinasi hingga delirium.

Jika kamu sudah terkena racun dari tanaman ini, biasanya kamu akan mengalami beberapa gejala, seperti tremor, denyut nadi yang lemah, hingga gangguan detak jantung yang mematikan.

12. Birthwort

Tanaman paling berbahaya bagi manusia yang terakhir adalah Birthwort. Bagi sebagian kalangan, tanaman ini mungkin masih sangat asing didengar.

Padahal, tanaman yang memiliki nama latin Aristolochia Clematitis ini, sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Amerika Serikat.

Namun sayangnya, penggunaan tanaman Birthwort sebagai obat tradisional ini, sudah dilarang oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, karena memiliki kandungan yang berbahaya, yaitu asam yang sangat tinggi serta mampu mengeluarkan racun, yang dapat merusak jaringan tubuh.

(Baca Juga: Tanaman Hias Paling Mahal di Indonesia)

Beberapa tanaman paling berbahaya bagi manusia, kini sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya.

Semua tanaman tersebut, memiliki tingkat berbahaya yang berbeda-beda, ada yang ringan sampai mematikan.

Meskipun tingkatannya berbeda, namun tetap saja semua tanaman tersebut harus dihindari, untuk meminimalisir risiko yang dapat terjadi.

Karena apabila sudah terkena racunnya, maka kemungkinan timbulnya efek samping tidak dapat dihindari.

Yang mana, efek samping tersebut bisa berupa mual, muntah, sakit perut, halusinasi, bahkan kematian.

Jika sudah begitu, kamu tentu harus segera membawa dan memeriksanya ke dokter, untuk mendapatkan penanganan khusus.

Hal tersebut tentu akan memakan biaya yang cukup besar. Namun, hal itu tidak akan terjadi apabila kamu memiliki asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, nantinya kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan.

Maka dari itu, keberadaan asuransi kesehatan sangat penting. Dan bagi kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatanmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani