10 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan beserta Efek Sampingnya

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Meski memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun manfaat buah markisa yang diberikan untuk kesehatan sangat banyak, loh! Ini sebenarnya tidak mengherankan, karena kandungan nutrisi yang dimiliki buah markisa pun sangat banyak.

Markisa merupakan salah satu jenis buah yang sangat unik, karena yang dikonsumsi dari buah ini adalah bijinya. Berbeda dari jenis buah lainnya, yang dikonsumsi adalah daging buah itu sendiri.

Buah yang memiliki nama latin Passiflora Quadrangularis L, ini memiliki cita rasa yang asam sedikit manis. Rasa asam itulah yang menjadi ciri khas dari buah markisa.

Jika berbicara tentang habitatnya, buah ini sejatinya berasal dari daerah pegunungan yang sejuk. Tetapi, buah ini juga bisa ditanam dan dibudidayakan di daerah dataran rendah. Dengan kata lain, markisa menjadi salah satu buah yang mudah dibudidayakan dimana saja.

Buah markisa sejatinya terdiri dari empat jenis, yang di antaranya yaitu markisa ungu, markisa kuning, markisa erbis dan markisa konyal. Keempat buah markisa tersebut, tentunya berbeda dari sisi warna buah, ukuran serta rasanya.

Tidak hanya itu, manfaat dari keempat buah markisa juga berbeda. Namun, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas manfaat buah markisa secara umum, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Kandungan Nutrisi Buah Markisa

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat buah markisa, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi yang dimiliki buah markisa. Sejatinya, dalam satu buah markisa, terkandung sekitar 80-100 kalori.

Selain itu, buah ini juga mengandung beberapa jenis vitamin, mineral dan nutrisi lainnya, seperti:

  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Magnesium
  • Kalium
  • Tembaga
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Asam folat
  • Karbohidrat kompleks
  • Selenium
  • Zinc
  • Karotenoid
  • Polifenol

(Baca Juga: 9 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan)

Manfaat Buah Markisa

Memiliki bentuk serta penampilan yang serupa dengan selasih, biji buah markisa ternyata memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, dari banyaknya manfaat tersebut, CekAja.com telah merangkum 10 manfaat buah markisa, yang di antaranya yaitu:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah markisa yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan, kandungan vitamin C, beta-karoten, serta polifenol yang dimiliki buah markisa ini, berperan sebagai antioksidan.

Yang mana, antioksidan ini berguna dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, agar nantinya tubuh tidak mudah terserang virus. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam melawan radikal bebas, yang menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Dengan mengonsumsi buah markisa, sistem pencernaanmu pun akan semakin lancar dan sehat. Buah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, yaitu sekitar 2 gram dalam satu buah markisa.

Selain membantu melancarkan sistem pencernaan, buah markisa juga mampu mencegah sembelit dan mengatasi lapar. Dengan begitu, buah markisa sangat cocok untuk dikonsumsi oleh kamu yang sedang menjaga berat badan, karena tidak membuat perut terasa cepat lapar.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi

Kamu sudah mulai merasa kesehatan tulang dan sendimu terganggu? Eits, hati-hati! Bisa jadi kamu menderita osteoporosis.

Seperti yang diketahui, osteoporosis merupakan sebuah kondisi berkurangnya kepadatan tulang, yang membuat tulang menjadi lebih cepat keropos dan patah.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mulai mengonsumsi buah markisa. Kandungan mineral yang dimiliki buah markisa, secara efektif mampu meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, serta menurunkan risiko osteoporosis.

Lebih dari itu, buah markisa juga bisa dikonsumsi oleh para penderita osteoarthritis. Manfaat buah markisa yang satu ini bisa dirasakan, apabila para penderitanya mengonsumsi ekstrak kulit markisa secara rutin. Jika sudah begitu, maka rasa sakit akan berkurang secara perlahan.

4. Melawan Radikal Bebas

Sebagai salah satu faktor penyebab timbulnya berbagai jenis penyakit, radikal bebas tentu harus ditangani dengan serius. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi buah markisa.

Bagaimana tidak, buah markisa pasalnya memiliki manfaat dalam melawan radikal bebas. Ya, manfaat buah markisa yang satu ini memang sudah sangat terkenal, karena mengandung beberapa jenis antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, piceatannol dan vitamin C.

5. Mengatasi Insomnia

Buat kamu yang memiliki gangguan tidur, kini kamu tidak perlu merasa gelisah lagi. Sebab, kamu bisa mengonsumsi buah markisa untuk mengatasi insomnia. Selain mengobati, buah markisa juga dapat membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Kamu bisa mengonsumsinya begitu saja dalam bentuk buah, ataupun mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus. Tetapi agar lebih mudah, kamu bisa membeli jus markisa instan kemasan 1 liter di supermarket.

6. Memberikan Efek Tenang

Memiliki rasa cemas yang berlebihan memang sangat mengganggu dan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Tetapi tenang saja, karena hal itu bisa kamu atasi dengan mudah, hanya dengan mengonsumsi buah markisa.

Tidak hanya mengusir rasa cemas, manfaat buah markisa juga dapat memberikan efek tenang pada penderitanya. Hal itu disebabkan oleh kandungan magnesium yang sangat kaya, yang mampu menurunkan kadar cemas dan stres.

7. Sumber Antioksidan

Manfaat buah markisa yang selanjutnya adalah sebagai sumber antioksidan, tepatnya yaitu vitamin C. Sebab, dengan kandungan vitamin C yang dimilikinya, buah markisa mampu menurunkan risiko terserang flu dan pilek, serta membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

8. Mencegah Terserang Asma

Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang menyebabkan para penderitanya menjadi sesak napas. Hal itu tentu akan mengganggu segala aktivitas yang dilakukan para penderita, mulai dari makan, minum dan aktivitas lainnya, akibat kesulitan menghirup udara.

Mengonsumsi buah markisa, disebut-sebut mampu mencegah risiko terserang asma. Manfaat buah markisa ini dapat dirasakan, apabila penderitanya mengonsumsi buah markisa kuning.

Sebab, markisa jenis tersebut memiliki kandungan yang dapat mencegah dan meredakan serangan asma. Tidak hanya itu, buah markisa kuning juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang dapat memblokir histamin penyebab gejala asma.

9. Menjaga Keseimbangan Kadar Gula Darah

Siapa sangka, bahwa kadar gula darah ternyata dapat dijaga keseimbangannya dengan mengonsumsi buah markisa.

Pasalnya, buah markisa memiliki indeks glikemik yang rendah. Kemudian, manfaat buah markisa ini juga dapat dirasakan karena adanya kandungan nutrisi, serta antioksidan yang tinggi.

Beberapa studi yang dilakukan juga sudah menyatakan, kalau manfaat buah markisa ini sudah terbukti. Terlihat dari ekstrak buah markisa, yang mampu meningkatkan kinerja insulin dan mencegah penyakit diabetes.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah markisa yang terakhir adalah menjaga kesehatan jantung. Sebagai salah satu organ vital yang bekerja tanpa henti, kondisi kesehatan jantung tentu harus diperhatikan sebaik mungkin.

Mengonsumsi buah markisa, menjadi cara yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, buah markisa memiliki kandungan serat dan potasium, yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah markisa juga memiliki kemampuan dalam menstabilkan tekanan darah.

Efek Samping Mengonsumsi Buah Markisa

Meski manfaat buah markisa sangat banyak, namun tetap saja buah ini memiliki efek samping apabila dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki alergi buah markisa, maupun jika dikonsumsi secara berlebihan. Adapun beberapa efek samping yang dapat timbul, setelah mengonsumsi buah markisa, yaitu:

  • Alergi
  • Mengganggu anestesi pada saat operasi
  • Menyebabkan kontraksi kehamilan
  • Menyebabkan sindrom buah-buahan

(Baca Juga: Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan)

Itulah beberapa manfaat buah markisa yang baik untuk kesehatan tubuh, beserta efek sampingnya. Untuk bisa mendapatkan semua manfaat tersebut, kamu tentu harus mengonsumsinya secara rutin, namun tidak berlebihan.

Kamu bisa mengonsumsi buah markisa secara langsung dalam bentuk buah, maupun mengolahnya dalam bentuk makanan dan minuman. Apabila kamu ingin mengonsumsinya dalam bentuk minuman, kamu bisa mengolah buah markisa menjadi jus atau es markisa.

Sementara, jika kamu ingin mengonsumsinya dalam bentuk makanan, kamu bisa mengolahnya menjadi puding markisa, smoothie markisa, cheesecake markisa, pie markisa, macaron markisa dan lain sebagainya.

Kamu bisa langsung membuatnya mengikuti resep masakan yang kamu percaya. Setelah itu, kamu bisa langsung membeli semua bahan yang dibutuhkan di supermarket, maupun di e-commerce yang menjual bahan makanan.

Agar kegiatan belanja menjadi lebih mudah dan hemat, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo menarik, untuk para penggunanya, mulai dari diskon, rewards point hingga cashback.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan kartu kredit, kamu pun mencegah penularan virus Covid-19, yang dapat menular melalui uang kertas.

Terlebih, kamu juga bisa membayar tagihannya dengan cara dicicil. Sehingga, kamu tidak akan terbebani dengan besarnya biaya tagihan.

Nah, maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, yuk segera ajukan melalui CekAja.com. Di sana, tersedia berbagai macam produk kartu kredit, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Proses pengajuan kartu kreditnya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu tunggu apalagi? Yuk ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani