11 Tanda-Tanda Usus Kotor dan Cara Membersihkannya

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Berbagai keluhan fisik sering kali dirasakan meskipun tubuh sedang tidak menderita penyakit apapun. Jangan anggap sepele, bisa jadi itu adalah tanda-tanda usus kotor. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang hal ini!

Sistem pencernaan memproses segala makanan yang kita konsumsi setiap harinya

Dari pagi hingga malam, organ-organ seperti lambung hingga usus bekerja mengolah makanan menjadi sumber energi, simpanan lemak, dan zat sisa yang dibuang dalam bentuk kotoran dan urine.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum terlalu peduli untuk menjaga kesehatan organ penting ini. Makan makanan sembarangan dan gaya hidup yang tidak sehat membuat tanda-tanda usus kotor akhirnya muncul.

Akibatnya, berbagai keluhan fisik mulai dirasakan dan risiko mengidap penyakit tertentu pun jadi meningkat, lho.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui tanda-tanda usus kotor beserta cara membersihkannya agar kesehatan sistem pencernaan semakin terjaga.

Bahaya dari Usus Kotor

Bahaya dari usus yang kotor rupanya tak bisa dianggap sepele. Kotoran yang menumpuk di dalam saluran pencernaan akan membuat berbagai penyakit timbul.

Selain itu, segala zat racun yang ada akan meningkatkan risiko penyakit-penyakit berbahaya.

Berikut ini bahaya dari usus kotor yang bisa saja diderita seseorang:

  • Gangguan metabolisme
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • BAB tidak lancar (sembelit)
  • Kulit yang tidak sehat
  • Penuaan dini
  • Gangguan penglihatan dan pendengaran
  • Peningkatan risiko terena penyakit diabetes, jantung koroner, gagal ginjal, darah tinggi, liver, penyakit lambung, stroke, hingga munculnya tumor dan kanker.

(Baca Juga: 9 Jenis-Jenis Roti untuk Diet, Tinggi Serat dan Bikin Kenyang Lebih Lama)

Tanda-Tanda Usus Kotor

Usus kotor yang bisa menimbulkan bahaya di atas bisa kamu atasi dengan cepat asalkan kamu mengenal tanda-tanda usus kotor.

Berikut ini beberapa tanda-tanda usus kotor yang patut diwaspadai:

1. Susah BAB

Tanda-tanda usus kotor yang pertama adalah susah buang air besar (BAB). Ini terjadi karena usus dipenuhi sisa-sisa makanan yang tersimpan lama, dan usus tidak memproduksi lendir yang cukup.

Sehingga terjadi kesulitan pembuangan kotoran dalam beberapa hari. Jika kamu baru bisa BAB dalam beberapa hari sekali, bisa jadi ususmu kotor.

Dalam kondisi terburuk, kesulitan BAB atau sembelit ini bisa menyebabkan timbulnya wasir dan ambeien yang tentu membuatmu tidak nyaman, dan semakin merasa sakit ketika mengejan saat BAB.

2. Nyeri dan Pegal di Berbagai Bagian Tubuh

Keluhan nyeri dan pegal di berbagai bagian tubuh juga bisa menjadi tanda-tanda usus kotor.

Jamur yang menginfeksi usus akan membuat tubuh mudah pegal di bagian tulang belakang, punggung, betis, paha, tumit, dan lainnya.

Asam laktat di dalam tubuh yang sulit dihilangkan dan diganti dengan energi baru juga akan membuat rasa pegal ini makin terasa, khususnya saat pagi hari. Kemudian ada juga rasa nyeri pada bagian kepala yang sering dirasakan.

3. Merasa Lelah

Nyeri dan pegal yang sering terjadi tentu saja menyebabkan rasa lelah lebih cepat menghampiri tubuhmu.

Tubuh yang kelelahan juga makin diperparah dengan adanya racun dari usus yang kotor. Racun ini bisa masuk ke dalam darah melalui saluran limfa, yang mengakibatkan imunitas menurun.

Tubuh pun akan mudah terserang penyakit.

4. Mudah Lapar

Tanda Usus Kotor - Mudah Lapar

Bakteri dari sisa-sisa makanan akan membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Demikian halnya dengan hormon yang mengatur rasa lapar.

Enggak heran jika kamu akan makin mudah merasa lapar, dan kemudian terus makan secara tidak terkontrol.

Jika kamu tidak menyadari tanda-tanda usus kotor ini, maka risiko obesitas akan menghantuimu.

5. Bau Mulut

Tanda-tanda usus kotor selanjutnya adalah bau mulut yang parah dan sulit hilang, sekalipun sudah sering sikat gigi atau berkumur dengan cairan pembersih mulut.

Saluran pencernaan yang kotor menyebabkan gas dari dalam perut naik ke rongga mulut dan dikeluarkan saat kamu berbicara.

Gas ini memiliki bau yang tidak sedap, karena berasal dari sisa-sisa makanan yang mengendap di dalam usus yang kotor.

6. Kulit Berjerawat dan Bekasnya Sulit Hilang

Tanda-tanda usus kotor juga membuat masalah pada kulit. Kulit akan menjadi tidak sehat, terlihat kusam, berjerawat, dan bekas jerawat itu makin susah dihilangkan.

Peradangan kulit ini disebabkan oleh ketidakstabilan hormon, yang kemudian berimbas pada melambatnya proses pembaruan sel kulit yang baru.

Jadi, jangan hanya menggunakan skincare yang tepat, kamu juga harus menjaga kebersihan usus agar kulitmu senantiasa sehat.

7. Keaktifan Otak dan Tubuh Menurun

Bukan hanya soal keluhan fisik, tanda-tanda usus kotor juga berdampak pada menurunnya keaktifan otakmu.

Nutrisi ke otak akan terhambat oleh kotoran dan racun yang ada di dalam tubuh. Ini mengakibatkan kamu akan lebih malas berpikir secara kritis, dan tubuh akan makin malas bergerak.

Mood atau suasana hati yang kacau bikin semangatmu menurun, dan jadi tidak produktif.

(Baca Juga: 8 Penyebab Bibir Menghitam dan Cara Mengatasinya)

8. Sulit Berkonsentrasi

Penyaluran nutrisi dan mineral penting ke otak yang terhambat juga akan membuat kamu sulit berkonsentrasi.

Zat racun dari usus yang kotor akan mengganggu kinerja sel saraf. Kesulitan berpikir kritis dan mengatur konsentrasi tentu sangat mengganggu kegiatanmu sehari-hari.

9. Mudah Masuk Angin

Jika sebelumnya dijelaskan bahwa gas dari dalam perut akan keluar melalui rongga mulut dan menimbulkan bau tak sedap, maka kamu juga perlu tahu bahwa gas ini akan membuatmu masuk angin.

Bagi orang yang memiliki tanda-tanda usus kotor, keluhan seperti perut kembung, rasa mual, dan sendawa akan dirasakan cukup sering.

10. Berat Badan Berlebih

Berat badan yang sudah melebihi batas normal akan membuat seseorang menderita obesitas. Siklus BAB yang tidak lancar juga akan membuat peningkatan berat badan semakin mungkin terjadi.

Sebab, sisa-sisa makanan yang menempel di usus bisa saja tertinggal dalam bentuk lemak. Tanda-tanda usus kotor ini menyebabkan perut akan berubah menjadi buncit dan terasa keras.

11. Memiliki Alergi Makanan

Tanda-tanda usus kotor yang terakhir adalah adanya alergi tubuh atas jenis makanan tertentu. Jika kamu memiliki alergi terhadap beberapa makanan, bisa jadi ada yang salah dengan sistem pencernaanmu.

Racun yang ada di dalam tubuh akibat usus kotor akan membuat tubuh lebih sensitif, dan bereaksi dengan cara menolak makanan itu.

Alergi makanan bisa ditandai dengan munculnya ruam, rasa gatal pada kulit, dan lainnya.

Cara Membersihkan Usus Kotor

Lalu, bagaimana sih cara membersihkan usus yang kotor? Jawabannya adalah dengan melakukan proses detoksifikasi alias pembersihan sistem pencernaanmu.

Proses ‘bersih-bersih’ usus ini tidak hanya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, tetapi disertai juga dengan penerapan gaya hidup sehat.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara membersihkan usus kotor secara alami:

  • Perbaiki jadwal makan yang teratur.
  • Perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas sehari.
  • Melakukan proses detoks 1 kali dalam seminggu, caranya dengan puasa makanan padat. Jadi, kamu hanya boleh minum air, serta sayur dan buah yang dikonsumsi mentah dalam kondisi segar.
  • Mengonsumsi makanan alami yang kaya serat dan membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh. Seperti buah apel, alpukat, aneka buah beri, lemon, sayuran hijau, hingga umbi jahe.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi dengan kandungan bakteri baik untuk pencernaan. Sebut saja seperti yogurt, kimchi, kefir, teh kombucha, minuman prebiotik, dan lain-lain.
  • Hindari makanan berlemak dan makanan yang digoreng. Perhatikan pengolahan makanan yang ingin dikonsumsi.
  • Hindari stres
  • Olahraga secara rutin, setidaknya 30 menit sehari yang minimal dilakukan 3 kali dalam seminggu.

Itulah penjelasan mengenai tanda-tanda usus kotor beserta cara membersihkannya.

Ingat, usus yang kotor akan menimbulkan penyakit berbahaya yang tentu membutuhkan biaya perawatan yang tidak murah.

Maka dari itu, lindungi dirimu dan keluarga dengan pilihan asuransi kesehatan yang bisa dibandingkan dan diajukan via CekAja.com.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak perlu khawatir dengan jaminan layanan kesehatan saat risiko buruk terjadi di masa mendatang.

CekAja.com akan membantumu memilih produk asuransi terbaik, premi murah, dan sesuai dengan kebutuhan.

Proses pengajuannya juga mudah dan cepat, karena semua dilakukan melalui sistem online yang canggih.

Ayo, cek asuransi yang tepat untukmu sekarang juga hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah