10 Tempat Terbaik dan Aman dari Covid untuk Liburan Panjang, Wajib Masuk Daftar Destinasi!

Mengetahui daftar tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang, rasanya saat ini sangat penting. Mengingat, long weekend yang dimulai dari Rabu (28/10) sampai Minggu (1/11) sudah ada di depan mata.

Sebagian dari kamu mungkin sudah memiliki rencana untuk berkunjung ke suatu tempat, menikmati long weekend bersama keluarga atau kerabat.

Namun, melihat kondisi pandemi Covid-19 yang hingga kini masih belum mereda, sebaiknya cari dan pilih tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang.

Yang mana, tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang sejatinya sangat banyak. Beberapa di antaranya akan CekAja.com ulas secara lengkap, pada kesempatan kali ini.

Tempat Terbaik dan Aman dari Covid untuk Liburan Panjang

Jika berbicara tentang tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang, sejatinya ada sangat banyak. Mulai dari yang berada di Provinsi Jawa Barat, hingga di luar Provinsi Jawa Barat.

Semua tempat tersebut, tentunya sudah dinilai aman untuk dikunjungi, jauh dari keramaian dan bahkan ada yang masih menjadi zona hijau atau tidak terpapar Covid.

Nah mengingat long weekend sudah di depan mata, dan sebagian besar dari kamu sudah berencana untuk melakukan perjalanan wisata, maka kali ini CekAja.com akan memberikan daftar tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang, yang telah CekAja.com rangkum dari berbagai sumber.

Penasaran, apa saja daftar tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Kebumen

Tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang yang pertama adalah Kebumen. Daerah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini, memiliki satu destinasi wisata sejarah terbaik bernama Benteng Van Der Wijck.

Ini merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda dalam bentuk benteng, yang menyimpan banyak sejarah.

Benteng Van Der Wijck ini pun tidak hanya dijadikan sebagai benteng pertahanan saja, tetapi juga pernah dijadikan sebagai lokasi sekolah anak-anak Belanda pada masa itu.

Jika ingin berkunjung, destinasi wisata yang satu ini berada sekitar 19 km dari pusat kota Kebumen.

Namun jika ingin berkunjung ke pantai, menikmati suasana dan main-main air, kamu juga bisa datang ke Pantai Menganti yang memiliki air jernih, serta keindahannya yang memukau.

Kedua tempat ini disebut sebagai tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang, karena tidak memiliki pengunjung yang sangat ramai seperti destinasi wisata lainnya.

2. Banyuwangi

Selain Kebumen, Banyuwangi juga menjadi daerah sekaligus tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang.

Hal tersebut dikarenakan, Banyuwangi memiliki Taman Nasional Baluran, yang dijuluki dengan sebutan “Little Africa in Java”.

Julukan itu diberikan, karena Taman Nasional Baluran memiliki pemandangan savana yang sangat mirip, seperti yang ada di Afrika.

Memiliki luas lahan sekitar 25 ribu hektar, Taman Nasional Baluran digunakan khusus untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna.

Sehingga, ketika berkunjung ke tempat wisata satu ini, kamu bisa menjumpai banyak flora dan fauna, yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain.

(Baca Juga: Tips Liburan di Masa Pandemi)

3. Pontianak

Berikutnya ada Pontianak, yang menjadi tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang.

Sebagai Ibu Kota dari Kalimantan Barat, Pontianak memiliki segudang menu makanan unik yang menarik untuk dicoba, salah satunya yaitu ce hun tiaw.

Buat kamu yang baru tahu atau mendengar nama kudapan tersebut, ce hun tiaw sejatinya merupakan jajanan es campur khas Pontianak, yang disajikan dengan sagu potong dicampur dengan ketan hitam, kacang merah, bongko (ati pari) dan mutiara.

Namun selain ce hun tiaw, ada kudapan lain khas Pontianak yang juga wajib dicoba, yaitu es krim Angi dan kopi legenda Koh Asiang.

Untuk es krim Angi sendiri, ini merupakan jenis es krim yang disuguhkan dalam batok kelapa.

Sementara, kopi legenda Koh Asiang merupakan minuman kopi yang dibuat menggunakan metode Hainan.

4. Sabang

Di urutan keempat ada Sabang, sebagai tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang. Daerah yang terletak di bagian paling barat Indonesia ini, memiliki banyak wisata bahari.

Dan salah satu destinasi wisata bahari yang wajib dikunjungi, yaitu Pantai Iboih. Sebab, pantai yang satu ini memiliki ombak yang tenang. Sehingga, Pantai Iboih sangat cocok untuk digunakan snorkeling dan berenang.

Tidak hanya itu, buat kamu warga Ibu Kota yang memiliki segudang aktivitas sibuk juga bisa datang ke tempat ini, untuk sekadar refreshing dan menenangkan diri serta pikiran dari rutinitas yang padat.

5. Tana Toraja

Tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang yang kelima, yaitu Tana Toraja. Dikenal sebagai daerah yang sangat menjaga tradisinya, Tana Toraja khususnya wilayah Kabupaten Tana Toraja dan Tana Toraja Utara, menjadi sentra kopi arabika sejak zaman Belanda.

Selain itu, salah satu tradisi atau ritual masyarakat Tana Toraja yang terkenal, yaitu upacara kematian.

Kamu bisa melihatnya secara langsung, apabila ketika berkunjung ke daerah ada ada masyarakat Tana Toraja yang meninggal.

Di Tana Toraja, kamu juga bisa berkunjung ke Desa Kete Kesu yang menjadi kompleks rumah adat Tana Toraja.

Karena di sana, kamu bisa melihat banyak rumah adat Tongkonan, yang menjadi tempat diletakannya mayat sebelum dikebumikan.

Intinya dengan berkunjung ke Tana Toraja, kamu bisa melihat dan banyak sekali adat istiadat khas Tana Toraja yang unik dan menarik.

6. Bali

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu Bali? Sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia andalan wisatawan lokal dan internasional ini, nyatanya menjadi tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang.

Dan satu wilayah yang aman dinilai aman dari Covid, yaitu Ubud. Terletak di bagian tengah Provinsi Bali, Ubud terkenal sebagai pusat tarian dan kerajinan tangan tradisional khas Bali.

Ubud sendiri tak jarang dijadikan sebagai tujuan utama wisata untuk menenangkan diri, karena wilayah ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah.

Mulai dari area persawahan terasering, hingga hutan tropis yang mengelilingi hampir seluruh wilayah Ubud.

Dengan semua pemandangan alam tersebut, maka sangat wajar apabila Ubud menjadi tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang, karena memberikan udara yang sejuk, suasana yang tenang dan jauh dari keramaian.

Terlebih, pemerintah setempat juga dinilai mampu menekan angka kasus Covid-19, meskipun tidak ada satupun kota/kabupaten yang menerapkan sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

7. Papua

Rasanya sudah menjadi hal yang wajar, apabila Papua menjadi tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang.

Jauh dari keramaian layaknya Ibu Kota, Papua cenderung menawarkan panorama alam yang sangat indah, asri dan begitu memanjakan mata.

Salah tempat di Papua yang cocok untuk dijadikan lokasi liburan panjang, yaitu Desa Ugimba yang terletak di Intan Jaya.

Menurut data resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Intan Jaya masuk ke dalam zona hijau atau daerah yang masih bebas Covid-19.

Maka dari itu, Desa Ugimba bisa dijadikan sebagai salah satu tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang.

Keindahan alam yang memukau, deretan pegunungan dan bukit-bukit hijau yang menawan, serta beberapa potensi wisata lain yang juga memikat mata pun tersedia di sana.

Apalagi, Desa Ugimba juga sudah dinobatkan sebagai desa wisata oleh pemerintah sejak 2014, seperti yang dilansir travel.okezone.com.

8. Bangka Belitung

Jika ada yang bertanya, destinasi wisata apa yang dimiliki Bangka Belitung? Jawabannya sangat banyak.

Ya, Bangka Belitung memiliki banyak destinasi wisata menawan yang bisa dikunjungi, seperti misalnya beberapa pantai pasir putih dengan laut biru yang jernih.

Banyaknya pantai yang dimiliki Bangka Belitung ini, membuat aktivitas island hopping menjadi hal yang wajib dilakukan selama di sana.

Jika kamu melewatkan satu pantai saja untuk dikunjungi, maka rasa menyesal akan selalu menghampiri.

Oleh sebab itu, jika ingin berkunjung ke Bangka Belitung, pastikan semua pantai ternama dengan panorama indah sudah masuk ke daftar destinasi wisatamu, ya!

9. Danau Toba

Tidak hanya terkenal, Danau Toba nyatanya juga menjadi salah satu tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang.

Terletak di Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba memiliki pemandangan alam yang memikat mata, yang tidak bisa dilewatkan.

Apalagi, danau yang seringkali dijadikan sebagai destinasi utama dan wajib untuk disambangi ketika berada di Sumatera Utara ini, memiliki sebuah pulau di bagian tengahnya yang bernama Pulau Samosir.

Danau Toba pun akan terlihat lebih menawan, apabila dilihat dari Hutan Ginjang. Yang mana, hutan tersebut menjadi lokasi terbaik untuk menikmati Danau Toba, sembari dimanjakan dengan hembusan angin segar.

10. Nusa Tenggara Timur

Tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang, yang terakhir yaitu Nusa Tenggara Timur.

Provinsi yang satu ini menyimpan segudang destinasi wisata indah dan memukau, yang wajib dikunjungi. Salah satu destinasi wisata tersebut, yaitu Desa Wae Rebo.

Terletak di ketinggian 1.200 mdpl, Desa Wae Rebo dikelilingi oleh deretan gunung yang menjulang tinggi dan hijau.

Jika kamu berkunjung ke desa ini di pagi hari, kamu akan disuguhkan dengan udara segar dan menyejukkan, yang berpadu dengan asrinya pemandangan alam.

Berkunjung ke desa yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO pada 2012 ini pun, bisa memberikanmu sensasi berkehidupan secara tradisional.

Sebab, di sana kamu tidak akan mendapatkan sinyal, bahkan listrik untuk mendapatkan penerangan dari lampu.

Sehingga, desa ini sangat cocok untuk dijadikan tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang, serta tempat untuk menenangkan pikiran dan padatnya rutinitas.

Daftar Daerah yang Tidak Terdampak Pandemi Covid-19

Selain 10 tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang yang sudah dibahas sebelumnya, ternyata masih ada beberapa daerah lain yang juga aman untuk dikunjungi, karena tidak terdampak pandemi Covid-19.

Adapun beberapa daerah lain tersebut, di antaranya yaitu:

  • Papua, yaitu daerah Mamberamo Tengah, Yalimo, Waropen, Dogiyai, Yahukimo, Deiyai, Mamberamo Raya, Nduga, Asmat, Puncak Intan Jaya
  • Nusa Tenggara Timur, yaitu daerah Lembata, Sabu dan Raijua
  • Maluku Utara, yaitu daerah Pulau Taliabu
  • Maluku, yaitu daerah Maluku Barat Daya, Buru Selatan dan Maluku Tenggara Barat
  • Lampung, yaitu daerah Mesuji
  • Kepulauan Riau, yaitu daerah Lingga, Natuna dan Kepulauan Anambas
  • Bengkulu, yaitu daerah Bengkulu Selatan dan Lebong
  • Papua Barat, yaitu daerah Pegunungan Arfak.

Tips Liburan Aman dari Covid-19

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui sederet tips aman dari Covid-19, yang di antaranya yaitu:

  • Selalu gunakan masker untuk menghindari penularan droplet, dari percikan air liur saat berbicara
  • Tetap menjaga jarak 1 – 2 meter
  • Tidak datang ke tempat wisata yang dikunjungi kerumunan orang
  • Pilih destinasi wisata yang aman dari virus Covid-19
  • Pilih destinasi wisata dengan tempat terbuka, untuk meminimalisir penularan virus Covid-19
  • Pastikan tubuh selalu dalam keadaan sehat
  • Selalu bawa tisu kering, tisu basah dan hand sanitizer
  • Rajin mencuci tangan dengan air mengalir.

(Baca Juga: Rekomendasi Tempat Camping di Bogor Paling Hits)

Beberapa informasi terkait tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang, beserta tips liburan aman selama Covid sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, pilihan tempat terbaik dan aman dari Covid untuk liburan panjang sangat banyak, bukan?

Dari semua tempat tersebut, kamu bisa memilih satu di antaranya yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu.

Setelah itu, kamu bisa langsung memesan tiket kendaraan, baik kereta maupun pesawat, tiket penginapan dan beberapa hal lainnya, termasuk pemeriksaan kesehatan dan Rapid Test.

Rapid Test sendiri, menjadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi untuk bisa melakukan perjalanan wisata, selama pandemi.

Karena melalui Rapid Test, kondisi tubuhmu terhadap virus Covid-19 akan diketahui. Apabila setelah melakukan Rapid Test didapatkan hasil reaktif, maka kamu harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Apabila kamu juga merasakan beberapa gejala tertentu, maka kamu pun harus melakukan pemeriksaan ke dokter.

Mengingat biaya yang akan dihabiskan cukup besar, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan untuk menanggung semua biaya pengobatan dan perawatan selama sakit.

Tetapi apabila kamu hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal!