Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

THR PNS Makin Besar? Cek Cara Cerdik untuk Mengelolanya!

by Achmad Fauzi on 3 Mei, 2018

pekerjaan sampingan karyawan - CekAja.com

Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan hal yang paling ditunggu oleh Anda para pekerja. Karena, dengan mengantongi THR yang jumlahnya terbilang lumayan besar, para pekerja mendapatkan tambahan pendapatan di luar gaji bulanan.

Sesuai namanya, lembaga atau perusahaan akan membagikan THR menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Umumnya, THR diberikan sebesar satu kali gaji karyawan.

Nah, apabila Anda berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anda bisa berbahagia sebab pemerintah mewacanakan besaran THR PNS pada tahun ini lebih besar. Pemerintah berencana menambahkan komponen THR PNS yang awalnya hanya satu kali gaji pokok, kini ditambah dengan tunjangan kinerja dan tunjangan keluarga.

Namun, dengan bertambahnya THR Anda, Anda akan mudah tergiur menggunakannya untuk berbelanja. Apalagi menjelang lebaran, kebutuhan akan semakin meningkat. Karena itu, Anda harus cerdas untuk mengelola THR. Jangan sampai THR yang Anda dapatkan habis tanpa ada kejelasan.

Berikut ini contoh beberapa pengelolaan THR. Jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan THR.

Belanja tidak kurang dan tidak lebih

Biasanya, Anda akan lapar mata jika sudah mendapatkan THR yang nilainya semakin besar. Akan timbul berbagai keinginan, mulai dari membeli perlengkapan pribadi hingga kendaraan baru. Namun, Anda harus ingat bahwa tidak semua keinginan Anda berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Lalu bagaimana caranya agar THR tidak jebol gara-gara adanya godaan dari berbagai keinginan tersebut? Artinya, Anda hanya perlu belanja secukupnya, tidak kurang dan tidak lebih. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. (Baca juga: Tak Mau Kredit Ditolak Oleh Bank? Cek Hal-hal Berikut Ini!)

Tahan hasrat membeli barang elektronik baru

Teknologi barang-barang elektronik makin berkembang dan canggih, hal ini bisa membuat Anda tergiur untuk membelinya. Namun, apabila barang-barang elektronik Anda masih berfungsi baik dan tidak kalah canggih, buat apa harus mengganti dengan yang baru?

Apalagi jika barang-barang elektronik yang baru dirilis tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, atau dengan kata lain hanya menambah fitur-fitur baru. Bahkan, bentuknya terkadang sama dengan sebelumnya.

Hal-hal semacam itu harus Anda pikirkan. Jangan sampai Anda tergiur membeli barang elektronik baru hanya karena nafsu dan kemudian menyesali keputusan Anda.

Menggunakan THR untuk investasi

Berinvestasi merupakan pilihan tepat bagi para pekerja termasuk PNS, karena hasil investasi Anda bisa berguna di masa-masa pensiun. Meskipun PNS akan mendapatkan uang pensiun, tetapi jumlahnya belum tentu mencukupi. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan THR yang Anda dapatkan untuk berinvestasi.

Terdapat banyak pilihan instrumen investasi, mulai dari deposito bank hingga logam mulia. Apalagi kini, Anda bisa berinvestasi semudah membalikan telapak tangan alias gampang. Ya, kini Anda bisa berinvestasi secara online di layar kaca komputer dan handphone Anda.

Nah, dengan semakin mudahnya cara untuk berinvestasi, Anda harus segera memanfaatkan uang THR untuk berinvestasi. Yakinlah, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dengan berinvestasi. (Baca juga: Hardiknas, Ini Langkah-langkah Siapkan Biaya Pendidikan Anak)

E-commerce finansial nomor satu CekAja.com memberikan kemudahan bagi Anda untuk berinvestasi. Anda bisa memilih berbagai pilihan jenis investasi secara online. Yuk cek!

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami