Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika, Ini Harga dan Cara Pesannya!

3 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Tahun 2021 mendatang, Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah ajang balap motor dunia MotoGP. Acara ini akan digelar di Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tertarik untuk nonton? Berikut informasi harga dan cara pesan tiket MotoGP Sirkuit Mandalika.

Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika, Ini Harga dan Cara Pesannya!

Sejarah MotoGP di Indonesia

MotoGP adalah ajang balap Grand Prix motor kelas dunia yang memiliki nama resmi FIM MotoGP World Championship. Dulunya kelas ini dikenal dengan nama kelas 500 cc atau biasa disebut GP500 yang pertama kali digelar sejak musim 1949.

Pada tahun 2007, kelas MotoGP berubah menjadi 800 cc. hal ini dikarenakan adanya izin pabrikan motor yang memproduksi motor dengan kapasitas total mesin khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990 cc.

Di Indonesia, ajang balap motor kelas dunia yakni Grand Prix pernah digelar pada 1996 dan 1997. Sedangkan kejuaraan MotoGP di Indonesia pernah direncanakan akan digelar pada 2017 di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Namun sayangnya gagal karena kondisi sirkuit yang masih di bawah standar dan tidak disetujui oleh Dorna selaku penyelenggara MotoGP.

Persetujuan kontrak kerjasama yang kini dibuat Pemerintah Indonesia dengan Dorna kini benar-benar terwujud.

Bertempat di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, kejuaraan MotoGP akan digelar untuk musim 2021.

(Baca Juga: Line Up MotoGP 2020 yang Sangat Dinanti Oleh Publik)

Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021

Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit bertaraf internasional yang dipersiapkan untuk ajang-ajang dunia. Laga balap MotoGP pertama di Indonesia juga akan digelar di sini.

Letak Sirkuit Mandalika berada di The Mandalika, yakni Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yang menjadi salah satu Kawasan super prioritas di Indonesia.

Ini adalah destinasi pariwisata kelas dunia yang dikelola oleh BUMN pengembang kawasan pariwisata yakni PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Sirkuit Mandalika dibangun dengan mengusung sirkuit jalan raya di alam terbuka dengan keamanan tinggi. Penonton ajang balap MotoGP di sirkuit ini akan disuguhi pemandangan indah dari area perbukitan dan pantai yang terlihat tak jauh dari sirkuit tersebut.

Track balap dipastikan akan seru dan memacu adrenalin, sebab Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan. Diperkirakan, Sirkuit Mandalika bisa menampung hingga 150.000 penonton, dengan 97.000 kursi penonton di dalam sirkuit dan area lainnya.

Termasuk slot kursi penonton di area perbukitan. Jadi, penonton juga bisa menonton MotoGP dari ketinggian bukit di Pulau Lombok. Seru, kan? Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika yang dibeli dijamin worth it untuk pengalaman nonton yang seru ini.

Sejauh ini, progress pembangunan Sirkuit Mandalika sudah mencapai 40 persen. Penyelesaian pembangunan ditargetkan pada Oktober 2020, dan paling lambat pada Desember 2020. Uji coba sendiri diharapkan bisa digelar pada Februari 2021.

Pre-booking Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika Laris Terjual

Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika sudah bisa dipesan dalam bentuk tiket pre-booking, sejak tanggal 20 Januari 2020 lalu dan berakhir pada 20 Februari 2020.

Yang dimaksud dengan pre-booking tiket MotoGP adalah tiket untuk pemesan nantinya akan dipriotitaskan untuk slot tiket jika harga dan kelasnya sudah diumumkan oleh pihak Dorna MotoGP. Sebab harga dan kelasnya baru diumumkan pada Agustus 2020 nanti.

Hingga 29 Januari 2020, sudah terjual sekitar 3.200 tiket dari total 10.000 tiket yang tersedia. Antusiasme penonton diperkirakan akan terus meningkat.

Perkiraan Harga Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika

Meskipun belum diumumkan, harga tiket MotoGP di Sirkuit Mandalika diperkirakan sekitar US$100 atau Rp1,4 juta. Perkiraan harga ini mengikuti harga tiket MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia.

MotoGP biasanya digelar selama tiga hari, yakni testing day, qualification day, dan race day, dari Jumat hingga Minggu. Adapun general admission ticket (berlaku untuk hari Jumat) harganya diperkirakan mulai dari Rp295.000 untuk masuk ke lokasi penyelenggaraan MotoGP, tapi tidak memiliki kursi penonton.

Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu harganya akan berbeda lagi.

MotoGP 2021 diperkirakan akan diliput dan ditayangkan di 200 negara. Pada pelaksanaannya akan dihadiri oleh setidaknya 150.000 penonton dari seluruh penjuru dunia. serta jutaan pasang mata yang menonton melalui TV dan media lainnya.

(Baca Juga: Menanti Kiprah Monas jadi Sirkuit Balap Formula E)

Cara Pesan Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika

Setelah membicarakan mengenai perkiraan harga tiket MotoGP Sirkuit Mandalika, kini saatnya kamu ketahui cara pesannya. Berikut tahapan memesan pre-booking tiket MotoGP Sirkuit Mandalika.

  • Kunjungi situs https://themandalikagp.com/, kemudian klik banner penjualan pre-booking tiket MotoGP Sirkuit Mandalika.
  • Klik “Daftar & Pesan Sekarang”, kemudian buat akun dengan mengisi data diri. Seperti e-mail, nama lengkap, dan buat password, lalu klik persetujuan pendaftaran, dan klik daftar.
  • Registrasi berhasil. Dengan memesan tiket pre-booking, kamu akan mendapat hak prioritas pembelian tiket ketika harga dan kelas resmi diumumkan dan dijual.

Nantinya, apabila tiket resmi dijual, kamu bisa langsung log in dengan akunmu dan memesan tiket. Masukkan data diri, pilih, kelas kursi penonton yang kamu inginkan, lalu selesaikan pembayaran. Mudah, bukan?

Lindungi perjalanan nonton MotoGP dengan berbagai asuransi yang bisa kamu ajukan melalui CekAja.com. Yuk, bandingkan, pilih sesuai kebutuhan, dan ajukan sekarang!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah