Tips Berbisnis saat Pandemi Ala Yunita Triyana

Pandemi tidak melulu menjadi biang keladi yang menyebabkan bisnismu sepi. Pasalnya, masih ada banyak cara agar bisnis tetap berjaya, meski banyak kendala, seperti tiga jenis bisnis milik Yunita Triyana.

Adapun, ibu dua anak ini, akan memberikanmu beberapa tips berbisnis saat pandemi, agar kamu tetap semangat membangun usaha dan meraih laba!

Mengenal Yunita Triyana, Si Dokter Gigi yang Beralih Profesi Menjadi Pebisnis

Namun, sebelum kita membahas lebih dalam terkait tips berbisnis saat pandemi, yuk kita kenalan dulu dengan salah satu pebisnis muda, sekaligus mantan kontestan Puteri Indonesia, perwakilan Sulawesi Tenggara 2007, bernama Yunita Triyana.

Wanita cantik, bernama lengkap Yunita Triyana Nasruddin atau yang lebih akrab disapa Mimo ini, merupakan ibu dua anak yang juga berkecimpung di dunia kedokteran gigi.

Namun, pandemi mengubah segalanya, dan membuat Mimo beralih profesi menjadi seorang pebisnis.

Bahkan, kini ia sudah sudah memiliki tiga brand bisnis sekaligus, di bidang fashion dan kecantikan, yakni Mimo Label, Glowmy, dan Slim By Mimo.

Tidak mudah bagi Mimo untuk bisa berada di titik ini, dengan tiga bisnis sekaligus, terlebih di masa pandemi.

Seperti yang diketahui, selama pandemi sudah banyak bisnis tumbang, baik bisnis kecil maupun besar.

Memanfaatkan Peluang Bisnis di Tengah Pandemi

Tapi, ternyata pandemi tidak melulu soal kepedihan. Karena, di sini Mimo berhasil membangun dan mempertahankan bisnisnya, di tengah goyangnya perekonomian Indonesia.

Kira-kira, apa yang dilakukan Mimo agar bisnisnya tak mudah goyang, di tengah pandemi seperti ini?

Bahkan, wanita kelahiran 1988 itu, merasa bahwa pandemi ini tak hanya memberikan hal buruk dalam hidupnya, atau bagi orang-orang yang tak patah semangat.

Itu artinya, di balik pedihnya kasus Covid-19, ternyata juga memiliki keuntungan baginya, atau bahkan bagi pebisnis lainnya.

(Baca Juga: Intip Peluang Bisnis Baju Kekinian dari Mimo Label Milik Yunita Triyana)

Nah, di sini Mimo juga ingin memberikan semangat kepada pebisnis lain, lewat tips berbisnis saat pandemi ala Yunita Triyana.

Hmm, kira-kira apa saja ya yang dilakukan Mimo selama menjalankan bisnisnya saat pandemi? Kok bisa makin berjaya?

Yuk, langsung saja intip tips berbisnis saat pandemi ala Yunita Triyana berikut ini! Check this out!

Tips Berbisnis saat Pandemi Ala Yunita Triyana

1. Konsisten dan Tetap Semangat

Tips berbisnis saat pandemi yang pertama adalah selalu konsisten dengan apa yang sedang diusahakan, dan tetap semangat.

Jika kamu memiliki sebuah bisnis, lalu terdapat masalah tak terduga, seperti tiba-tiba pandemi, maka kamu harus tetap konsisten dengan apa yang sedang kamu jalankan.

Memang tidak mudah, namun dengan niat yang kuat, selalu konsisten, pintar memutar otak, hingga memanfaatkan peluang, maka harapan besar akan datang padamu.

Ketika semua energi di atas berkumpul, sandingkan juga dengan semangat. Pikirkan terus, bahwa kamu pasti akan mendapatkan keuntungan yang setimpal.

2. Memanfaatkan Internet Sebaik Mungkin

Tips berbisnis saat pandemi yang kedua dari Yunita Triyana adalah pintar memanfaatkan internet sebaik mungkin.

Jangan mentang-mentang diimbau untuk di rumah saja, kamu santai menikmati penggunaan internet, untuk nonton video musik, nonton drama Korea, hingga update status nggak jelas.

Nah, daripada waktu dan kuotamu terbuang sia-sia, lebih baik manfaatkan untuk hal yang bisa menghasilkan keuntungan, seperti berbisnis.

Hanya dengan modal internet, bahkan kamu bisa membangun bisnis tanpa modal berupa uang.

Namun, hal tersebut pastinya harus disandingkan dengan keahlian yang memadai, seperti jasa desain, jasa menulis, jasa penerjemah, dan lain-lain.

Tetapi, jika kamu punya keahlian yang lain, seperti berdagang, maka rekomendasi bisnis yang bisa dijalankan dengan bantuan internet adalah bisnis online.

Kamu bisa menjual barang apapun yang nantinya bisa dijual secara online. Mulai dari pembelian bahan baku, referensi produk, pemasaran, hingga proses order, bisa dilakukan melalui online.

Tips berbisnis saat pandemi ini dengan bantuan internet, tentu sangat membantu.

Karena, disaat orang lain tidak bisa bepergian, kamu menyediakan layanan bisnis online, agar pelanggan bisa membelinya dari jarak jauh.

Sama seperti yang dilakukan Mimo, semua bisnis miliknya, mulai dari Mimo Label, Glowmy, hingga Slim By Mimo, dijual secara online melalui beberapa platform.

Jadi, kuota internet yang kamu bayarkan setiap bulannya, tidak terbuang sia-sia. Dengan memanfaatkannya sebagai bisnis, kuota internet bisa jadi alat bantu, yang menguntungkan.

3. Gunakan Media Sosial

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa memanfaatkan internet, adalah salah satu tips berbisnis saat pandemi, begitu juga dengan memanfaatkan berbagai platform, seperti media sosial.

Jangan cuma bisa update status di media sosial sjaa, kamu juga bisa jadi alat pemasaran gratis loh.

Cukup bermodal konten bisnis yang kreatif dan followers aktif, maka kamu bisa gunakan media sosial tersebut untuk beriklan.

Selanjutnya, kamu tinggal tunggu saja, pelanggan memesan barang daganganmu di rumah.

Bahkan, beriklan di media sosial juga sangat praktis, karena bisa menjadi media dua arah. Di mana pelanggan dan penjual bisa berkomunikasi hingga bernegosiasi tentang hal apapun.

Media sosial apa saja yang bisa dijadikan alat pemasaran? Kamu bisa gunakan media sosial Instagram, Facebook, hingga TikTok.

Produk-produk Mimo juga, semuanya tersedia di berbagai platform media sosial loh. Seperti;

4. Jualan di Marketplace

Tidak hanya di media sosial, tips berbisnis saat pandemi yang satu ini, juga bisa dilakukan bagi para pebisnis pemula maupun profesional, yakni menjual produk di marketplace atau e-commerce.

Apalagi, saat ini sangat mudah bagi kamu untuk memilih marketplace atau e-commerce terbaik. Sebut saja seperti Shopee dan Tokopedia.

Tak ketinggalan, produk-produk Mimo pun, juga menggunakan fasilitas marketplace untuk menjual barang dagangannya.

Terlebih, dengan menjual di marketplace, kamu bisa menikmati berbagai fitur dan layanan yang praktis.

Mulai dari mencantumkan foto produk, harga, potongan harga, deskripsi produk dengan jelas, ongkos kirim, sistem pengantaran, review produk dari pelanggan, dan lainnya.

Jenis pembayarannya juga banyak, mulai dari kartu debit, kartu kredit, cash on delivery, melalui minimarket, pay later, hingga uang digital.

Pokoknya, platform marketplace tersebut akan sangat bermanfaat dan menguntungkan, jika digunakan dengan baik dan benar.

5. Berikan Promo Menarik!

Tips berbisnis saat pandemi berikutnya ini, mungkin bisa membuat calon pelanggan merasa senang. Apalagi kalau bukan memberikan promo.

Di tengah perekonomian yang sedang menurun, justru hal ini akan membuat para pelanggan memburu barang-barang promo.

Di sini para pebisnis, bisa manfaatkan peluang dengan memberikan banyak promo yang bisa menarik perhatian pelanggan.

Meski begitu, kamu tetap memperhitungkan keuntungan. Jangan sampai, dengan memberikan promo, bisnis kamu malah buntung.

Pastikan juga, promo yang diberikan memiliki persyaratan dan ketentuan, yang bisa membantu menaikkan brand produk kamu.

Misalnya, promo belanja maksimal Rp500.000, bisa dapat potongan, atau hadiah, dan lainnya.

Atau, promo diskon, jika bantu mempromosikan produk terkait ke beberapa teman di media sosial, sambil menyertakan buktinya, dan masih banyak lagi jenis promo yang bisa kamu terapkan.

(Baca juga: Rahasia Wajah Glowing Alami dengan Glowmy)

6. Fokus Kembangkan Usaha Tanpa Harus Membandingkan dengan Usaha Orang Lain

Untuk tips berbisnis saat pandemi ala Yunita Triyana yang terakhir ini, sangat penting kamu ketahui, karena sering diabaikan.

Yakni fokus kembangkan usahamu sendiri, tanpa membandingkan dengan usaha orang lain.

Jika, hal itu terjadi, maka kamu akan merasa tersaingi terus, dan tidak fokus dengan bisnismu.

Bahkan, banyak kasus yang disebabkan oleh rasa iri, dengan cara menjatuhkan pesaing. Tentu hal tersebut bukan cara bersaing yang sehat.

Jika ingin bersaing, dan kamu tak ingin kalah, maka gunakan cara yang sehat. Yakni dengan membuat hal yang terbaik di dalam bisnismu, yang tidak mudah dilakukan atau dimiliki pebisnis lain.

Entah dari sistemnya, pemasarannya, kualitas produknya, engagement terhadap pelanggannya, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Siap untuk membangun dan mempertahankan bisnismu di tengah pandemi?

Dukung Juga Bisnismu dengan Pinjaman Dana yang Memadai

Selain dengan tips-tips berbisnis saat pandemi ala Yunita Triyana di atas, bisnis kamu juga tentunya harus memiliki modal yang memadai.

Tidak harus besar, yang penting cukup untuk memenuhi segala kebutuhan bisnismu. Adapun, untuk mendapatkan pinjaman dana modal usaha yang tepat, kamu bisa cek berbagai produk pinjamannya melalui situs CekAja.com.

Di CekAja.com, kamu bisa mengetahui banyak produk pinjaman dana usaha, dari berbagai perusahaan P2P Lending ternama di Indonesia.

Semua produk pinjaman di CekAja.com, juga dijamin aman dan terpercaya, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, jika kamu butuh solusi pinjaman untuk modal usaha di tengah pandemi, maka pilih pinjaman dana terbaik, hanya di CekAja.com.