Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Tips Cari Perumahan Murah dengan Harga Terjangkau

by Rafly Aditia on 11 September, 2017

kontrak atau indekos _ KPR - CekAja.com

Kini, banyak informasi seputar rumah murah atau rumah subsidi dengan harga terjangkau. Di tambah ada fasilitas kredit yang mudah dan cicilan ringan.

Zaman sudah semakin canggih dan peredaran informasi begitu cepat, namun hingga kini masih banyak orang yang kerap kali tertinggal informasi seputar rumah dijual murah. Padahal saluran-saluran tentang informasi ini banyak tersedia.

Memang tidak bisa dipungkiri, proses sosialisasi penjualan rumah dengan harga terjangkau tidak begitu gencar layaknya perumahan atau apartemen kelas atas yang miliki harga “selangit”. Tetapi ini bukan alasan untuk sulit mencari informasi terkait rumah murah ataupun rumah subsidi.

Ada banyak cara dan banyak tempat yang bisa digunakan untuk mendapatkan info mengenai perumahan yang dijual murah. Coba saja tip berikut ini:

1. Rajin-rajinlah ikut pameran properti

Dari data yang ada, kebutuhan akan properti berbanding lurus dengan keinginan seseorang untuk miliki tempat tinggal. Angkanya terus meningkat dari hari ke hari. Tidak heran bila hampir setiap waktu digelar pameran properti.

(Baca: Biaya Proses Beli Kredit Rumah Baru, Cek Sebelum Ajukan KPR)

Perlu diketahui, biasanya saat pameran properti para pengembang akan memberikan harga penawaran khusus. Di sinilah kesempatan yang bisa kita gunakan. Sebab harga spesial akan diberikan bagi pengunjung yang membeli rumah ketika pameran tersebut berlangsung.

Tidak hanya potongan harga, terkadang berbagai promo fasilitas kelengkapan rumah dan hal lainnya juga ditawarkan ketika pameran properti berlangsung. Di samping itu, pihak pengembang juga akan membantu kita apabila ingin mengajukan KPR (kredit pemilikan rumah). Sehingga proses pembelian dapat dilakukan dengan cicilan dan lebih mudah serta lancar.

2. Ikuti media sosial promosi properti

Di media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram banyak sekali informasi harga jual-beli properti yang bisa didapatkan. Melalui bentuk iklan yang interaktif, para pengembang properti maupun penyalur kredit rumah mengeluarkan bentuk promosinya.

Tujuan kita di sini adalah untuk mencari informasi rumah murah, maka ikuti akun-akun tertentu yang membahas hal tersebut. Dengan cara ini, kita tidak perlu keluar biaya besar, tenaga, dan waktu yang banyak untuk mencari informasi seputar perumahan murah.

3. Coba cari informasi program rumah murah di bank

Bukan hanya pihak pengembang saja, bank yang merupakan lembaga keuangan bisa juga memberikan berbagai informasi mengenai properti. Mulai dari informasi tentang perumahan murah bersubsidi, sampai acara lelang properti yang kerap kali dilakukan oleh bank.

Guna mengetahui hal ini, kita harus menanyakan langsung kepada petugas bank yang berada di kantor agar mendapatkan informasi yang valid dan terpercaya. Sedikit bocoran, pihak bank memang kurang terbuka untuk memberikan informasi mengenai lelang rumah. Jadi dari kita sendiri harus lebih aktif bertanya secara langsung kepada petugas di bank tersebut.

(Baca: Mau Tahu Jenis Kredit yang Cocok untuk Karyawan? Cek di Sini)

4. Kunjungi situs-situs jual-beli properti

Saat ini sudah banyak sekali situs-situs jual beli properti yang beredar di dunia maya. Dengan berbagai fitur menarik mulai dari filterisasi berdasarkan wilayah, harga, hingga fasilitas, kita dapat lebih mudah mencari rumah impian yang harganya sesuai dengan kantong.

Beberapa situs jual beli properti yang terkenal di Indonesia antara lain urbanindo.com, rumah.com, dan rumah.mitula.co.id. Lewat situs-situs tersebut, kita bisa mencari berbagai macam rumah dengan harga dan fasilitas yang menyesuaikan.

Tidak jarang juga di situs-situs tersebut ada orang yang menjual rumahnya dengan harga dibawah rata-rata. Jadi, sering-sering deh mengunjungi situs jual beli properti!

Kenali ciri-cirinya

Sedikit tip kalau mau pergi mencari rumah yang murah, coba perhatikan saja perumahan yang sedang dibangun dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Lahan yang sedang digarap ada di pinggiran kota dan miliki ukuran yang luas
  • Pembangunan biasanya berada di area yang masih berkembang
  • Dalam tahap awal, biasanya rumah yang ditawarkan punya harga yang jauh lebih murah
  • Perhatikan luas tanahnya, pilih rumah dengan luas tanah yang tidak terlalu luas. Semakin kecil tanah makan semakin murah juga rumah tersebut.

Dengan ciri-ciri yang disebutkan di atas, biasanya harga jual rumah lebih miring atau punya harga rendah dibandingkan perumahan lain. Jangan lupa juga, ketika ingin membeli rumah coba lakukan negosiasi dengan pihak pengembang untuk memberikan bonus berupa casback, potongan harga, atau fasilitas atau barang gratis.

Ambil fasilitas KPR, jangan lupa siapkan uang muka alias DP

Kalau sudah menemukan rumah yang sesuai dengan keinginan dan harganya bersahabat, harus dipastikan uangnya siap. Apalagi proses pembelian yang akan dilakukan adalah melalui KPR, harus dipastikan bahwa uang muka untuk proses kreditnya telah siap. (Baca: Cara Mudah Siapkan Uang Muka KPR)

Karena itu, mulai dari sekarang coba persiapkan uang muka untuk beli rumah, agar nanti tidak kecolongan dan menyesal saat menemukan rumah impian tetapi gagal membeli karena tidak punya DP.

Jika perumahan murah ada di Jakarta, Bogor, Tangerang atau dekat dengan rumah, datangi langsung pengembang

Jika memungkinkan, cobalah datangi pengembang properti secara langsung. Cari tahu apakah ada pengembang properti yang kantornya dekat dengan tempat tinggal atau tempat kita bekerja?

Bukan hanya lebih praktis, tetapi dengan mendatangi pengembang properti langsung kita juga bisa mendapatkan informasi yang valid. Bisa dibilang, dengan mendatangi langsung pengembang maka kita dapat meminimalisir risiko terjadinya penipuan atau kesalahan informasi. Karena tidak jarang penipuan dengan kedok penjualan rumah murah dilakukan akhir-akhir ini.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.