Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Hemat untuk Karyawan, Pakai 2 Rekening Sampai Sering Cek Saldo CIMB Niaga

by CekAja on 25 Maret, 2019

Memiliki penghasilan tetap bukanlah jaminan untuk mencapai kestabilan kondisi finansial. Hal ini jelas dialami oleh sebagian karyawan kantoran jika tidak mampu mengelola uang dengan baik.

tips kerja di kantor baru _ investasi - CekAja.comMemiliki penghasilan tetap bukanlah jaminan untuk mencapai kestabilan kondisi finansial. Hal ini jelas dialami oleh sebagian karyawan kantoran jika tidak mampu mengelola uang dengan baik.

Yuk, simak tips berhemat bagi karyawan kantoran jika tak mau terus-terusan berutang di tanggal tua:

1. Miliki Tabungan Bank CIMB Niaga

Membuka rekening di bank CIMB Niaga bisa menjadi pilihan tepat. Karena proses cek saldo dan aktivitas perbankannya tergolong praktis. Kamu bisa melakukan proses cek saldo secara teratur dengan tiga cara berikut ini:

  • Cek Saldo Bank CIMB Niaga via ATM

ATM Bank CIMB Niaga kini tersebar di berbagai tempat dan mudah diakses. Kamu tinggal menggunakan kartu ATM dan memasukkan nomor PIN. Selanjutnya, pilih menu informasi rekening, lalu menu tabungan untuk mendapatkan informasi tentang saldo tabungan kamu.

  • Cek Saldo Bank CIMB Niaga via Aplikasi Go Mobile

Selain mendaftar di cabang bank CIMB Niaga terdekat, kamu juga dapat melakukan proses pendaftaran aplikasi Go Mobile melalui ATM. Setelah memasukkan PIN ATM, pilihlah menu branchless banking lalu pilih menu Go Mobile.

Kemudian, masukkan nomor HP dan PIN yang akan kamu daftarkan. Setelah itu kamu tinggal mengunduh aplikasi Go Mobile dan melakukan registrasi sebelum bisa mengecek saldo tabungan.

  • Cek Saldo Bank CIMB Niaga via CIMB Clicks

Sama seperti proses registrasi aplikasi Go Mobile, kamu juga bisa melakukan registrasi CIMB Clicks melalui ATM. Setelah memasukkan PIN ATM, pilih menu e-banking lalu registrasi e-banking. Masukkan PIN dan nomor HP kamu. Kemudian, jangan lupa mengambil struk ATM karena struk tersebut memuat informasi user ID CIMB Clicks kamu.

Bersamaan dengan proses pendaftaran via ATM, kode afirmasi CIMB Clicks juga akan dikirimkan ke nomor HP kamu. User ID dan kode afirmasi tersebut selanjutnya akan digunakan untuk registrasi di https://www.cimbclicks.co.id/ib-cimbniaga/Login.html. Jika proses registrasi sudah selesai, kamu bisa segera login di CIMB Clicks untuk mengecek jumlah saldo tabungan.

Meskipun cara cek saldo Bank CIMB Niaga atau bank lainnya kini sangat praktis, berat juga melakukannya jika saldo tabungan selalu kritis. Jika kamu termasuk orang yang mengalami kendala tersebut, sebaiknya memulai gaya hidup hemat dari sekarang.

2. Gunakan dua rekening tabungan

Sudah waktunya kamu memiliki rekening kedua khusus untuk menabung. Jika selama ini saldo tabungan selalu habis karena kamu tergoda memakainya, cobalah menyisihkan sebagian pendapatan sejak awal bulan. Masukkan sebagian tabungan tersebut ke dalam rekening khusus yang berbeda dengan rekening utama.

3. Membawa bekal makanan

Jangan malu membawa bekal makanan dari rumah. Karena membawa bekal makanan pasti jauh lebih hemat daripada membeli di sekitar kantor. Selain hemat, kamu juga dapat menyesuaikan menu dan porsinya dengan selera pribadi.

Bahkan, kamu juga dapat bonus menghemat waktu karena tidak perlu pergi jauh untuk membeli menu makan siang. Cara berhemat sederhana ini membuatmu bisa menyisihkan ratusan ribu rupiah setiap bulan.

4. Gunakan transportasi umum

Membawa kendaraan pribadi akan membuat kamu terlihat lebih keren dan profesional. Namun, hal tersebut berbanding lurus dengan biaya yang harus kamu keluarkan untuk bahan bakar, biaya parkir dan tol, serta biaya tambahan lainnya.

(Baca juga: Ini Hitung-hitungan Kenapa Kamu Mesti Pakai Transportasi Umum di Negara Ini).

Jika rutinitas kerja tidak mengharuskan kamu untuk sering-sering bepergian, alangkah lebih baik bila kamu memanfaatkan fasilitas transportasi umum. Selain menghemat pengeluaran, kamu pun dapat beristirahat lebih leluasa selama berada di transportasi umum.

5. Jangan keseringan beli baju kerja baru

Hampir semua karyawan kantoran tentu ingin terlihat fashionable agar sedap dipandang. Sayangnya, keinginan tersebut sering membuat karyawan kantoran membeli baju secara berlebihan.

Padahal, baju-baju lama masih bagus dan sangat layak pakai. Jika kamu juga memiliki kebiasaan tersebut, sebaiknya hentikan. Belilah baju-baju dengan model minimalis dan warna netral. Supaya kamu lebih mudah memadukannya dengan beragam aksesori untuk meminimalkan kesan monoton.

6. Kurangi kebiasaan jajan di kantor

Tak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan jajan di kantor juga kerap membuat karyawan jadi boros. Sekarang, kamu memang tak harus keluar kantor untuk membeli jajanan dengan adanya jasa delivery ojek online. Namun, akhirnya kamu harus membayar jajanan lebih mahal karena ditambah dengan ongkos ojek online.

Sebaiknya, kamu mulai mengurangi kebiasaan jajan di kantor dari sekarang. Kamu juga dapat menyiasatinya dengan menyimpan persediaan camilan di ruang kerja.

Selain mendukung upaya penghematan, mengurangi kebiasaan jajan di kantor juga akan membuat kamu semakin sehat. Karena tubuh tidak memperoleh asupan kalori berlebihan dari konsumsi jajanan tersebut.

7. Manfaatkan promo e-wallet

Platform e-wallet (misalnya OVO dan Gopay) sedang gencar mengadakan promo cashback dan diskon. Sebaiknya kamu memanfaatkan promo tersebut semaksimal mungkin untuk mendukung gaya hidup hemat.

(Baca juga: Berbagai e-Wallet alias Dompet Digital yang Sedang Tren di Indonesia).

Jangan malas mencari informasi tentang promo e-wallet sebelum membeli atau membayar sesuatu. Nilai cashback yang kamu dapatkan bisa dialokasikan untuk membeli atau membayar berbagai kebutuhan lainnya.

Namun, jangan sampai promo tersebut membuat kamu tergoda membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan ya.

Jika strategi penghematan tersebut berhasil, dijamin kamu bisa menyisihkan uang cukup banyak untuk investasi. Aktivitas memutar uang yang akan membantu kamu mewujudkan target hidup lebih mapan di masa mendatang. Pilih sendiri instrumen investasi terbaik sesuai kebutuhanmu di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami