Tips Membuat CV yang Out of The Box Saat Melamar Kerja

5 min. membaca Oleh CekAja on

CV atau resume mungkin adalah salah satu hal terpenting yang pernah kamu rancang dalam hidup. Bagaimana tidak? CV memegang peranan penting terutama kalau kamu sedang mencari kerja. CV adalah gambaran atas siapa dirimu dan sering kali dijadikan acuan pertimbangan dari pihak HRD perusahaan untuk menerimamu atau tidak.

tips membuat CV

Ketika kamu mengirimkan CV, sama saja kamu sedang mengirimkan perwakilan dirimu sendiri. Jadi kamu harus memanfaatkan kesempatan itu untuk menampilkan yang terbaik dari dirimu. Sama halnya seperti penampilan yang harus diperhatikan saat wawancara, kamu juga harus memperhatikan penampilan CV, memastikannya rapi dan menarik.

Salah satu hal penting lain adalah, pastikan kalau desain CV yang kamu kirim sesuai dengan image perusahaan dan bidang yang kamu geluti. Mengirimkan CV untuk melamar kerja sebagai pegawai bank tentu berbeda dengan mengirim CV untuk menjadi bagian dari tim kreatif suatu perusahaan periklanan, misalnya. Dan masih banyak lagi. Kamu ingin memastikan kalau pihak perusahaan melihat image-mu sejalan dengan mereka.

Untuk mempermudah dalam membuat CV, berikut ini tips membuat CV yang baik:

1. Header yang menarik perhatian

Pertama, kamu harus membuat header yang tegas dan jelas. Tulis namamu di header. Tambahkan dengan keyword yang mendeskripsikan dirimu. Misal: art director, web developer, dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk membuat namamu lebih mudah diingat dan membuat identitasmu secara umum langsung bisa dikenali.

(Baca juga: 5 Pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Berpeluang Tinggi, Gaji Mumpuni)

2. Pisahkan per bagian

Dalam CV, ada beberapa informasi yang wajib kamu cantumkan, misalnya riwayat pendidikan, kemampuan, penghargaan, pengalaman kerja, dan lain sebagainya. Alih-alih membuatnya hanya dalam bentuk baris dan kolom yang membosankan, kamu bisa memisahkan masing-masing bagian ke dalam kotak-kotak terpisah sehingga lebih mudah dibaca.

3. Menonjolkan yang penting

Pada tiap bagian, kamu bisa menonjolkan judul bagiannya misalnya dengan font yang lebih tebal, dengan highlight, atau dengan kotak berwarna kontras sehingga CV kamu lebih mudah terbaca dan terlihat dengan jelas.

4. Skema warna

Tips lain dalam membuat CV adalah kamu juga harus memperhatikan skema warna. Pastikan skema warna yang kamu pilih sesuai dengan image yang mau kamu tampilkan sekaligus sesuai dengan image perusahaan. Untuk bidang kreatif, mungkin kamu memiliki lebih banyak kebebasan dalam menggunakan warna. Meski demikian, kamu tetap harus memastikan kalau warna yang kamu pilih masih dalam satu keluarga warna yang sama supaya tidak terlalu heboh dan bertabrakan.

(Baca juga: 5 Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika Beserta Gajinya)

5. Sapaan

Untuk bidang kreatif, kamu bisa membuat CV yang lebih interaktif. Misalnya, alih-alih hanya menuliskan nama dan deskripsi di header, kamu bisa menuliskan “Halo, nama saya Adi. Saya adalah seorang web developer.”

Bentuk CV seperti ini akan terasa lebih akrab dan tidak kaku. Namun kamu harus tetap profesional dengan menggunakan bahasa baku dan tidak berlebihan. 

6. Personal branding

Kamu juga bisa menggunakan beberapa elemen untuk personal branding. Misalnya logo yang kamu buat sendiri dengan inisial nama kamu, pemilihan skema warna yang kamu banget, pemilihan font tertentu, tagline, dan lain sebagainya. Hal ini penting untuk membuat CV kamu beda dari yang lain.

7. Ilustrasikan

Kalau kamu bekerja di bidang kreatif, kamu sangat bisa mengilustrasikan kemampuan kamu dengan gambar-gambar. Kamu juga bisa menambahkan grafik, logo-logo custom, atau bahkan barcode aplikasi chatting di bagian kontak.

8. Foto diri

Beberapa perusahaan menuntut adanya foto pada CV. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan foto berkualitas baik yang merepresentasikan dirimu. Gunakan foto terbaru dengan pose profesional dan usahakan untuk tidak melakukan terlalu banyak manipulasi digital agar fotomu tetap sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Dan jangan lupa cantumin juga akun media sosial kamu ya.

9. Pilihan kertas

Tips membuat CV selanjutnya adalah perhatikan pilihan kertas yang akan kamu gunakan. Alih-alih mencetak CV di kertas HVS biasa, kamu bisa mencoba untuk mencetaknya di kertas lain. Misalnya kertas bertekstur untuk tampilan yang lebih ‘mahal’ dan profesional. Kamu juga bisa menggunakan warna kertas lain misalnya biru atau abu-abu tua dan menggunakan teks dengan warna lebih terang. Namun, sekarang CV bisa dibuat dalam bentuk digital atau PDF yang juga bisa diterima oleh perusahaan.

10. CV yang rapi dan bersih

Pada akhirnya, resume yang rapi, bersih, dan mudah dipahami adalah yang terbaik. Kamu bisa membuat CV yang kreatif dengan warna-warna seru juga ilustrasi, tapi kamu harus pastikan kalau semua informasi bisa terbaca dan dipahami dengan baik. Kalau perusahaan yang kamu tuju bergerak bukan di bidang kreatif dan membutuhkan CV profesional, buatlah CV yang sederhana dan minimalis.

Contoh CV yang Out of The Box

Bekerja di industri kreatif memang menyenangkan. Kamu bahkan bisa merasakan kesenangan itu sejak membuat CV saat melamar kerja. Karena di dunia kreatif biasanya aturannya bisa lebih longgar, maka kamu bisa berkreasi membuat CV yang berbeda seperti di bawah ini:

1. CV kemasan cokelat

Bukan hanya mencetak CV di kertas biasa, orang ini mencetak dan menjadikan CV sebagai bungkus cokelat. Ini adalah salah satu cara kreatif untuk cepat mendapat perhatian. Hanya saja kamu harus pastikan kalau cokelat itu ditujukan pada orang yang tepat dan bungkusnya benar-benar dibaca dan tidak langsung dibuang ya.

2. CV boks sereal

Hampir sama idenya dengan CV bungkus cokelat, CV yang satu ini malah lebih menonjol lagi karena dicetak menyerupai kotak sereal. Victor Rodriguez, orang yang membuat CV ini, memuat informasi mengenai kemampuan dan pengalamannya di bagian yang seharusnya merupakan tabel informasi nilai gizi.

3. CV komik

Kalau kamu akan melamar ke perusahaan komik atau animasi, kamu bisa membuat CV dalam bentuk komik. Kamu bisa menceritakan pengalaman dan kemampuanmu dalam gelembung-gelembung dengan latar belakang yang sesuai.

4. CV game

Kalau kamu akan melamar ke perusahaan game, tidak ada salahnya kalau kamu unjuk kemampuan dengan membuat CV berbentuk game seperti yang dibuat oleh Robby Leonardi. Dia membuat game interaktif dengan empat level yang menceritakan kehidupannya.

5. CV video

Kamu juga bisa membuat CV dalam bentuk video. Sebenarnya, sudah banyak orang yang melakukan ini. CV berbentuk video sangat efektif karena selain menceritakan kemampuan dan pengalaman, video juga menampilkan secara langsung penampilan, sikap, cara bicara, dan lain sebagainya.

6. CV gulungan film

Kalau kamu berencana melamar ke perusahaan film, ide yang satu ini patut kamu coba. Brian Moose membuat CV berbentuk gulungan film untuk melamar kerja di Pixar. Selain CV, gulungan film itu juga memuat pengalaman dan pandangannya akan masa depan Pixar.

Nah, demikian tadi tips dan cara membuat CV serta contoh CV yang out of the box. Kamu bisa berkreasi dengan membuat CV versi kamu sendiri, tentunya disesuaikan dengan perusahaan yang kamu tuju. 

Tentang kami

CekAja

CekAja