Tips memelihara Kucing Persia Agar Bulu Lembut Tanpa Kutu dan Sehat

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Hewan berbulu lembut nan lucu yakni kucing, memang sering dijadikan hewan peliharaan, yang tentunya menggemaskan. Dari banyaknya jenis kucing yang ada di dunia ini, kucing jenis Persia disebut sebagai salah satu kucing yang sering dipelihara. Buat kamu pecinta kucing dan ingin memelihara kucing jenis ini, lebih baik intip tips memelihara kucing Persia berikut ini.

Tips Memelihara Kucing Persia

Namun, bagi yang belum mengenal kucing jenis ini, mungkin akan mengalami kesulitan ketika baru pertama kali memeliharanya. Sehingga, sangat penting untuk mengetahui tips memelihara kucing Persia.

Pasalnya, kucing Persia dikenal memiliki bulu yang lebih lebat dan panjang, ketimbang jenis kucing lainnya. Sebelum mengetahui tips memelihara kucing Persia, lebih baik intip dulu ciri-ciri kucing Persia berikut ini, yang lucu dan menggemaskan.

Ciri-ciri Kucing Persia

  • Bulu lebat dan panjang
  • Kaki lebih besar ketimbang kucing lokal
  • Hidung lebih pesek
  • Telinga lebih besar dan berdekatan
  • Bentuk wajah lebih bulat

Selain ciri-ciri fisik yang bikin gemas, sifat dan prilaku kucing Persia juga dikenal sangat manja, lembut dan tenang. Pantas saja, banyak orang yang suka dengan kucing jenis ini, untuk dipelihara ya.

Tips Memelihara Kucing Persia

Bagaimana? Enggak sabar mau pelihara? Yuk, langsung saja intip tips memelihara kucing Persia agar bulu lembut tanpa kutu dan sehat, berikut ini:

1. Siapkan kandang besi yang agak besar

Tips memelihara kucing Persia yang pertama adalah menyiapkan kandang. Karena ukuran kucing jenis ini tergolong besar, terlebih juga karena bulunya yang lebat dan panjang, jadi sebisa mungkin siapkan kandang berbahan besi yang ukurannya besar.

Hal ini dilakukan agar kucing kamu bisa bergerak bebas, dan kandang jadi mudah untuk dibersihkan. Dengan kandang yang luas, kucing jadi tidak mudah stres, dan kandang yang bersih juga bisa membuat kucing kamu sehat.

Selain itu, letakan kandang kucing di tempat yang terkena sinar matahari dan memiliki sirkulasi udara yang cukup.

2. Beli peralatan makan dan minum khusus kucing

Selain kandang, ternyata ada banyak peralatan lainnya untuk memenuhi kebutuhan kucing. Di tips memelihara kucing Persia selanjutnya ini, kamu juga harus membeli peralatan makan dan minum khusus kucing.

Meski makanan kucing juga bisa diletakan di piring, baskom atau wadah lainnya, lebih baik kamu membeli peralatan makan dan minum khusus untuk kucing.

Pasalnya, desain tempat makanan dan minuman khusus kucing, telah dibuat senyaman mungkin untuk mereka.

Apalagi, lidah kucing jenis Persia dikenal lebih pendek, jadi kalau pakai gelas atau baskom, kemungkinan tidak nyaman untuk mereka.

(Baca Juga: 15 Jenis Kucing Termahal di Dunia)

3. Beli Pasir, tempat pasir, beserta serokannya

Tips memelihara kucing Persia yang kedua adalah membeli pasir, tempat pasir, beserta serokannya. Untuk kamu yang baru pertama kali pelihara kucing, peralatan ini tentunya wajib dimiliki.

Terlebih, kucing yang baru tinggal dengan majikan baru, masih harus bersosialisasi dengan lingkungan. Sehingga, mereka tentunya belum bisa untuk buang hajat langsung di toilet.

Nah, pasir beserta tempatnya ini bisa membantu kucing buang hajat. Majikannya pun hanya perlu membuang kotoran dan membersihkan pasirnya. Daripada kucing buang hajat di sofa, lebih baik di pasir.

Setelah itu, baru kamu bisa mengajarkan kucing peliharaan untuk ke toilet sendiri. Namun, hal ini butuh kesabaran ekstra ya.

4. Beli makanan kucing yang mengandung bahan-bahan bergizi

Tidak hanya kandang, lingkungan dan peralatan yang bersih, kucing juga perlu diberi makanan yang sehat dan bergizi. Ada banyak jenis makanan kucing yang tersedia di toko atau petshop. Bahkan, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Nah, memilih makanan kucing yang bergizi di sini juga termasuk dalam tips memelihara kucing Persia. Pasalnya, makanan juga akan berpengaruh pada kesehatan bulunya. Tidak mau kan, kalau bulu di empus rontok dan kusut?

Berikut beberapa rekomendasi makanan kucing Persia yang disarankan:

  • Daging ayam, bebek, sapi, dan ikan. Cara membuatnya, hanya cukup direbus, lalu dicincang.
  • Makanan kucing buatan pabrik yang kering dan basah. Merek yang direkomendasikan antara lain adalah Royal Canin, Whiskas, pro Plan, Me-O, Friskies, dan Maxi.

Untuk minumnya, cukup berikan air putih, atau sesekali susu sapi murni.

5. Jangan sering memandikan, cukup 1 kali seminggu

Seperti yang kita tahu, bahwa kucing tidak bisa membersihkan dirinya sendiri, karena kucing hanya perlu menjilati tubuhnya untuk membersihkan tubuh. Namun, dengan menjilati saja rasanya belum tentu membuat tubuh kucing bersih sempurna.

Nah, disini kamu perlu memandikannya dengan air dan shampo khusus kucing. Tidak perlu sering, kamu cukup memandikannya 1 kali dalam seminggu.

Setelah selesai dimandikan, segera keringkan bulu dengan handuk dan hair dryer sambil disisir. Pisahkan bulu-bulu yang rontok, dan sisir bulu hingga kusutnya hilang.

6. Untuk sisir, gunakan sisir bulu khusus bulu kucing

Ada satu tips memelihara kucing Persia yang kerap dilewatkan, yakni menggunakan sisir khusus kucing. Jadi jangan sampai kamu menyisirkan bulu kucing dengan sisir rambut manusia ya.

Bentuk sisir bulu kucing memiliki gigi yang pendek dan halus. Berbeda dengan sisir manusia yang keras dan rapat.

7. Bersihkan bagian-bagian kucing yang sulit dijangkau

Mandi saja tidak cukup, kamu juga harus rajin membersihkan bagian-bagian kucing yang sulit dijangkau. Seperti bagian kuku, telinga, gigi, kelamin, mata, hingga hidung.

Cara membersihkannya, cukup menggunakan cotton buds, lalu bersihkan bagian-bagian tersebut. Lakukan kegiatan ini sehabis memandikan kucing, agar bersih dan sehat maksimal.

8. Rutin memberi vaksin

Selain makanan yang sehat, kucing juga perlu divaksin seperti manusia. Hal tersebut dilakukan agar tubuhnya bisa kebal terhadap penyakit dan tentunya selalu sehat.

Pasalnya, penyakit juga bisa ditularkan lewat hewan peliharaan, sehingga jika kucing tersebut rentan sakit, maka berkemungkinan besar ia bisa menularkannya ke orang-orang yang ada di rumahmu.

Tidak hanya vaksin, kucing Persia ternyata juga perlu diberikan obat cacing. Obat cacing ini disebut berguna untuk menjaga pencernaan, dan terhindar dari penyakit pencernaan seperti diare.

Pasalnya, jika hal tersebut terjadi, mereka akan lemah, lesu, nafsu makan berkurang, tubuhnya sulit gemuk, dan yang paling parah bisa mati. Enggak mau kan, hal tersebut terjadi pada kucing Persia perliharaanmu?

Nah, itu dia beberapa tips memelihara kucing Persia yang mungkin bermanfaat untuk kamu, para pecinta kucing. Namun, ketika kamu memelihara kucing, memang harus diperlukan persiapan yang baik. Jika tidak, kucing bisa terbengkalai dan mati.

Maka dari itu, memelihara hewan bisa dibilang tidak murah. Terlebih kamu harus menyiapkan biaya, yang jumlahnya mungkin tidak beda jauh dengan biaya memiliki bayi.

Dapatkan pinjaman dana untuk membeli peralatan memelihara kucing, dengan cara yang aman, mudah, dan cepat, yang bisa kamu lakukan melalui Cairin.id.

Apa saja syarat pengajuannya?

  • Usia: Mulai dari 21 – 55 tahun
  • Jumlah pengajuan pinjaman: Mulai dari Rp400.000 – Rp3,6 juta
  • Waktu proses: 1-3 hari
  • Bunga keterlambatan: 3% per transaksi + denda bunga 1,79% per hari
  • Biaya admin: 0,58% per hari (+ bunga 0,1% per hari + biaya operasi 0,12% per hari)= Total 0,8% per hari
  • Wajib memiliki rekening tabungan
  • Jenis pengajuan: Online
  • Lokasi pelayanan: Seluruh Indonesia
  • Pekerjaan: Semua pekerjaan, kecuali supir online, pegawai legal, polisi, TNI

Yuk, tunggu apa lagi, ajukan segera pinjamanmu di Cairin.id, cairkan dana, dan siapkan peralatan memelihara kucing, untuk menyambut si hewan lucu dan menggemaskan ini.