Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Memilih Kartu Kredit yang Tepat Sesuai Kepribadianmu

by Ariesta on 5 Agustus, 2016

kartu kredit - CekAja.com

Masih bingung memilih kartu kredit yang paling pas buat kamu? Simak perbedaan tipe kartu kredit dan apa saja yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih kartu kredit.

Kartu kredit yang tepat bisa membantu semua orang menciptakan kebiasaan finansial yang sehat. Kartu kredit sebagai alat pembayaran dan pembiayaan juga turut membangun riwayat (skor kredit) dan mendatangkan keuntungan jika digunakan secara tepat. Untuk memilih kartu kredit yang tepat, tentukan tipe kepribadianmu lebih dulu, lalu simak penjelasan berikut ini.

Si shopaholic

Kartu kredit yang dibutuhkan:
√ Bunga rendah

√ Reward

√ Cash back

√ Diskon retail/bensin

Si shophalic yang doyan belanja pasti akan diuntungkan dengan kartu kredit yang punya bunga rendah sehingga cicilan jangka panjang tidak menjadi beban. Transaksi dalam jumlah banyak juga mengharuskan tipe shopaholic punya kartu kredit dengan reward tinggi.

Kamu bisa memilih kartu kredit dengan 1 poin reward untuk pembelanjaan Rp500 dibandingkan kartu kredit dengan 1 poin reward setiap belanja Rp5.000. Cari juga kartu kredit yang menawarkan diskon dan cash back belanja retail.

Si cermat

Kartu kredit yang dibutuhkan:

√ Reward

√ Cash back

√ Travel reward

√ Diskon retail/bensin

Si cermat senang menghitung dan penuh pertimbangan sebelum membeli sesuatu. Tipe ini tertarik dengan semua keuntungan yang didapat karena pembelanjaan. Jika dirasa semakin untung, semakin sering pula kartu kredit digunakan.

(Baca juga: Waspada Penipuan Kartu Kredit, Bagaimana Cara Menolak Transaksi)

Si bisnis traveler

Kartu kredit yang dibutuhkan:

√ Travel reward

√ Kartu kredit korporat

Kamu yang sering bepergian untuk urusan bisnis di dalam maupun luar negeri wajib punya kartu kredit dengan fitur airmiles. Misalnya, kartu kredit Citibank Garuda Miles yang menawarkan diskon 5%  seumur hidup untuk pembelian tiket Garuda Indonesia, 3x miles untuk transaksi tiket di Garuda Indonesia, dan gratis ekstra bagasi 20kg. Nasabah juga diuntungkan dengan 3x miles setiap transaksi luar negeri. Nantinya miles tersebut bisa ditukar dengan tiket pesawat gratis.

Pebisnis juga perlu kartu kredit korporat seperti BCA VISA korporat yang menyediakan fitur kemudahan bagi perusahaan untuk mengontrol pengeluaran pegawai, free airport lounge, asuransi perlindungan terhadap kecelakaan, airmiles, dan pembayaran rutin pengeluaran kantor, serta asuransi.

Ibu rumah tangga

Kartu kredit yang dibutuhkan:

√ Reward

√ Cashback

√ Diskon retail/bensin

Ibu rumah tangga berkewajiban mengatur belanja bulanan, mencari supermarket favorit, mengatur liburan keluarga, dan rutin mengisi bensin untuk antar jemput anak. Kartu kredit yang dibutuhkan adalah yang menawarkan reward, cashback (karena bisa digunakan untuk belanja bulanan selanjutnya), diskon khusus di supermarket langganan, dan diskon bensin.

(Baca juga: Inilah Keuntungannya Punya Dua Kartu Kredit atau Lebih)

Contohnya Mega Visa Carrefour yang punya diskon sampai 50% di Carefour, Trans Fashion, Trans Luxury Bandung & Tans Resort Bali, Trans Studio, Baskin Robin, The Coffee Bean & Tea Leaf, Wendy’s, dan TransVision. Keuntungan menggiurkan lainnya adalah cashback 1,5% untuk semua transaksi di Carrefour. Kerepotan ibu rumah tangga berkurang karena ada fasilitas tagihan rutin bulanan untuk internet, asuransi, TV kabel, telepon selular prabayar dan pascabayar.

Si takut miskin


Kartu kredit yang dibutuhkan:

√ Bunga rendah

√ Bebas biaya iuran tahunan seumur hidup

Si takut miskin sering menghindari penggunaan kartu kredit karena takut terjerat utang. Tipe ini sangat perhitungan, sering merasa bunga terlalu tinggi dan hanya membeli sesuatu jika dirasa perlu. Prinsipnya, kartu kredit hanya digunakan saat benar-benar mendesak. Reward dan cashback bukan prioritas karena si takut miskin jarang belanja.

Supaya ketakutan tidak semakin menjadi, kamu yang termasuk tipe ini hanya butuh kartu kredit dengan bunga rendah seperti BRI Visa Tourch yang suku bunga bulanan efektifnya hanya 2,85%. BRI Visa Tourch juga bebas biaya iuran tahunan seumur. Alhasil kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk kartu kredit yang jarang kamu pakai.

Si pemula

Kartu kredit yang dibutuhkan:

√ Bunga rendah

√ Iuran tahunan murah atau gratis di tahun pertama

Kamu yang baru punya kartu kredit dan masih belajar tentang perhitungan reward sebenarnya bebas memilih kartu kredit manapun. Tapi jika ingin makin untung pilihlah kartu kredit yang menawarkan bunga rendah dan iuran tahunan murah atau gratis. Setelah cukup terbiasa dan mengenal manfaat kartu kredit, di tahun berikutnya kamu bisa memilih kartu kredit yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Kartu kredit pertama adalah kesempatan untuk membangun skor kredit. Jadi yang harus diutamakan adalah membayar tagihanmu tepat waktu.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami