10 Tips Memilih Universitas Swasta Murah Berkualitas

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Para calon mahasiswa dan orang tua, sepertinya wajib tahu tips memilih universitas swasta murah berkualitas berikut ini, pasca gagal di SNMPTN dan SBMPTN 2020. Jadi, jangan sedih!

Seperti yang diketahui, memang tak bisa dipungkiri jika sebagian besar siswa di Indonesia, tentu akan memilih perguruan tinggi negeri (PTN), untuk melanjutkan pendidikannya.

Namun, banyaknya siswa yang memilih PTN, membuat peminat PTN membludak, hingga tak bisa menampung semua. Sehingga, bagi siswa yang tak lolos, terpaksa untuk memilih perguruan tinggi swasta.

Biaya PTN Lebih Murah Ketimbang PTS?

Mungkin hal ini menjadi salah satu faktor mengapa banyak siswa dan orang tua lebih memilih PTN ketimbang perguruan tinggi swasta (PTS). Hal itu dikarenakan biaya pendidikan PTN memang jauh lebih rendah, dengan kualitas yang bagus.

Sedangkan PTS, memiliki biaya yang lebih mahal, dengan kualitas setara PTN. Namun, jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak PTS yang memiliki biaya pendidikan murah, dengan kualitas yang tak kalah bagus dari PTN.

Sehingga, buat kamu para calon mahasiswa selanjutnya, penting untuk menyediakan beberapa pilihan PTS, selain mencoba tes di PTN.

(Baca Juga: Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta)

Tidak sulit untuk memilih PTS yang bagus, jika kamu mengetahui tips memilih universitas swasta murah berkualitas berikut ini.

Jadi, tak perlu minder jika kamu masuk PTS. Karena, dengan masuk PTS, bukan berarti kamu tidak pintar atau bahkan sulit mendapatkan pekerjaan.

Tips Memilih Universitas Swasta Murah Berkualitas

Yuk, langsung saja intip tips memilih universitas swasta murah berkualitas, di sini:

1. Ranking Universitas

Tips memilih universitas swasta murah berkualitas yang pertama adalah dengan melihat dari ranking universitasnya. Karena dengan ranking, kamu bisa melihat apakah kampus tersebut tersohor atau tidak.

Pasalnya, masih banyak calon mahasiswa, yang masih menyepelekan ranking. Untuk melihat ranking suatu universitas, baik secara nasional atau internasional, kamu bisa mengeceknya di banyak lembaga.

Seperti di Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICURank/Unirank, dan QC World University Ranking, lembaga lainnya.

2. Akreditasi Universitas

Setelah mengetahui ranking universitas yang kamu pilih, tips memilih universitas swasta murah berkualitas selanjutnya adalah melihat akreditasi universitasnya.

Akreditasi merupakan sebuah penilaian, yang menentukan sebuah universitas tersebut, berkualitas atau tidak. Penilaian ini, dinilai langsung oleh pemerintah, untuk menstandarisasi mutu sebuah sekolah maupun kampus.

Akreditasi sendiri dibedakan menjadi beberapa kelompok, yakni Akreditasi A (Sangat Baik), Akreditasi B (Baik), Akreditasi C (Kurang), dan Belum Terakreditasi (Belum Ada Penilaian).

Jika sebuah universitas memiliki akreditasi tinggi atau berada di grade A, maka sudah pasti universitas tersebut memiliki kualitas yang bagus, dari segi fasilitas, pengajar, lulusan, citra, dan lainnya.

Untuk daftar akreditasi kampus yang ingin kamu pilih, kamu bisa melihatnya di website resmi BAN-PT.

3. Akreditasi Fakultas/Jurusan/Program Studi

Tidak hanya universitasnya, fakultas/jurusan/program studinya pun memiliki akreditasi. Jadi, jangan mentang universitasnya terakreditasi A, kamu mengabaikan akreditasi fakultas.

Pasalnya, dalam tips memilih universitas swasta murah berkualitas, hal ini juga tak boleh terlewatkan.

Karena, jika suatu universitas memiliki akreditas bagus, belum tentu jurusannya juga bagus.

Untuk akreditasi jurusan, kamu juga bisa melihatnya langsung, di website resmi BAN-PT.

4. Prospek Kerja

Gagal masuk PTN, bukan berarti kamu akan sulit dapat pekerjaan. Karena, semua tergantung dari usahamu sendiri, begitupun ketika kamu menimba ilmu di universitas swasta.

Maka dari itu, pilihlah universitas swasta yang memiliki citra yang bagus di mata perusahaan-perusahaan di Indonesia. Pilih juga jurusan, yang memiliki peluang kerja yang tinggi.

5. Kesuksesan para Alumni

Tips memilih universitas swasta murah berkualitas, yang berikutnya ini juga bisa kamu lihat dari sisi kesuksesan alumninya. Pasalnya, dengan kesuksesan alumni, maka nama kampus juga akan ikut tersohor.

Meski swasta, ternyata banyak juga loh petinggi-petinggi sebuah perusahaan atau lembaga, pengusaha, hingga selebriti, yang berasal dari universitas swasta.

Nah, jika universitas swasta yang kamu pilih memiliki segudang alumni yang sukses, maka besar kemungkinan, kampus tersebut juga memiliki kualitas yang baik.

Pasalnya, citra alumni juga akan berdampak terhadap perusahaan tempat alumni bekerja. Sehingga, para fresh graduate bisa memiliki peluang yang besar, untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut.

6. Usia Kampus

Tips memilih universitas swasta murah berkualitas, yang tak kalah penting adalah dilihat dari usia kampusnya. Memangnya penting melihat usia kampus?

Jelas penting dong! Karena logikanya, jika sebuah universitas swasta memiliki usia yang sudah tua, maka citranya semakin baik. Dilihat dari mana?

Artinya, universitas tersebut masih tetap bertahan, dengan segala apa yang telah dia miliki. Misalnya, masih banyak siswa yang memilih kampus tersebut, masih menghasilkan lulusan berkompeten, dan lain-lain.

Coba bayangkan, jika sebuah kampus sepi peminat, lulusannya jarang yang berkompeten dan lain-lain. Apakah kampus tersebut bisa terus berdiri, tanpa dukungan dari para penghuninya?

7. Fasilitas Kampus

Sebenarnya, jika kampus tersebut memiliki akreditasi yang bagus, maka fasilitas kampusnya sudah terjamin. Karena, fasilitas kampus akan mendukung proses belajar mahasiswa.

Misalnya, kelas yang nyaman, tersedia laboratorium yang lengkap, perpustakaan, kantin, dan lain-lain.

8. Lokasi Kampus

Dalam memilih universitas swasta murah berkualitas, kamu juga harus meriset lokasi kampus. Biasanya, lokasi kampus juga menentukan bagus atau tidak, bahkan hingga murah atau mahalnya kampus.

Selain itu, jarak kampus dari rumah juga harus dipertimbangkan. Karena, hal tersebut menyangkut biaya pendidikan, yang masuk sebagai ongkos.

Kamu bisa cari kampus yang berlokasi dekat rumah terlebih dahulu, jika tidak ada universitas swasta yang murah dan berkualitas, bisa cari ke luar kota, atau provinsi.

Namun, tetap memperhitungkan biaya ongkos, seperti bayar transportasi, kost, biaya hidup dan lain-lain.

Jadi, sesuaikan juga ya, dengan biaya pendidikan kampusnya. Jangan sampai kamu pilih kampus yang terlampau mahal, dan jauh pula dari rumah.

9. Meminta Rekomendasi dari Para Alumni

Jika kamu kesulitan untuk me-review universitas swasta yang kamu pilih, kamu juga meminta rekomendasi langsung dari para alumni, sebagai tips memilih universitas swasta murah berkualitas.

Biasanya, review dari para alumni lebih jujur dan lengkap. Pengalaman mereka juga bisa dijadikan sumber informasi yang relevan.

(Baca Juga: SMA Swasta Terbaik di Bogor Terakreditasi A)

Sehingga, jika kamu ingin meriset sebuah universitas swasta, langsung saja tanyakan kepada alumninya. Mulai dari akreditasi, fasilitas, biaya, prospek kerja, dan lainnya.

10. Biaya Pendidikan

Tips memilih universitas swasta murah berkualitas, yang satu ini sepertinya sangat menentukan ketika kamu sudah memiliki beberapa pilihan universitas, dengan status terbaik.

Meski beberapa PTS memiliki biaya pendidikan yang lebih mahal daripada PTN, namun dari sisi kualitas sama bagusnya, kenapa tidak dipilih?

Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan hal tersebut, dengan anggaran kuliah yang sudah kamu siapkan.

Jika tidak mencukupi, kamu bisa memilih universitas, yang memiliki biaya pendidikan lebih rendah, namun masih memiliki kualitas yang masih bagus.

Misalnya, universitas terakreditasi A, jurusan terakreditasi B, lokasi di perkotaan, fasilitas mumpuni, pengajar dari lulusan universitas ternama, prospek kerja bagus, memiliki banyak alumni yang sukses.

Bahkan, tidak jarang juga universitas swasta, yang menyediakan beasiswa. Atau, kamu juga bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan, dengan mudah, cepat, dan praktis, melalui CekAja.com.

Pinjam Dana Pendidikan? Lewat CekAja.com Saja!

Pinjaman dana pendidikan, biasanya dibutuhkan ketika kamu baru masuk sebuah instansi pendidikan. Misalnya untuk membayar uang pangkal sekolah, biaya masuk kuliah, dan lain-lain.

Karena, di saat seperti itu, biaya pendidikan yang dibutuhkan, langsung besar. Sehingga, pinjaman dana pendidikan, sangat membantu kamu, untuk soal biaya pendidikan.

CekAja.com sendiri, menyediakan banyak produk pinjaman dana untuk pendidikan, dari berbagai perusahaan P2P lending, hingga bank. Adapun pilihan suku bunga, tenor, dan cicilannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Jadi, jangan tunda lagi impianmu untuk bisa melanjutkan pendidikan setinggi mungkin. Dengan bantuan pinjaman dana pendidikan dari CekAja.com, kamu bisa dengan mudah memilih universitas swasta terbaik pilihanmu.

Yuk, kunjungi situs CekAja.com sekarang juga, dan dapatkan produk pinjaman dana pendidikan terbaik!