Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tips Menata Apartemen Studio agar Terkesan Luas

by Ariesta on 2 Desember, 2016

Apartemen studio semakin populer akhir-akhir ini. Hunian ini memang cocok bagi single yang hidup sendiri atau pasangan muda. Meski berbentuk studio tanpa sekat, fungsinya lengkap seperti hunian pada umumnya.

Tidak seperti di Indonesia di mana harga apartemen seringkali lebih mahal daripada rumah tapak, di negara-negara maju harga apartemen lebih bersahabat. Di Jepang dan China misalnya, di mana harga tanah sangat mahal, kebanyakan orang tinggal di flat/apartemen. Orang yang bisa membeli rumah tapak dinilai sangat kaya.

Karena keterbatasan luas apartemen studio, mereka mengupayakan penataan hunian seefisien mungkin agar terkesan luas. Yuk contek ide penghuni apartemen studi di luar negeri.

Apartemen studio identik dengan satu ruangan yang berfungsi sebagai kamar, ruang keluarga, dan dapur sekaligus. Ide membuat lantai dua di dalam ruangan membuat apartemen studio seperti memiliki ruangan terpisah.

foto: dailymail.co.uk-cekaja.com
foto: dailymail.co.uk

Cat berwarna putih bisa dikenal bisa membuat ruangan terasa luas. Tapi jika tidak suka dengan warna terang, kamu juga bisa kok mengecat apartemen dengan warga gelap favoritmu. Kuncinya, pasang cermin besar supaya ruangan terkesan luas. (Baca juga: Cara Supaya Pekarangan Rumah Kamu Tidak Tergenang Setelah Hujan Besar)

foto: dailymail.co.uk-cekaja.com
foto: dailymail.co.uk

Karena sempit, coba letakkan perabotan menempel pada tembok seperti pada gambar di atas. Meja makan dan kulkas berukuran kecil sudah cukup jika kamu tinggal sendiri atau berdua.

foto: dailymail.co.uk
foto: dailymail.co.uk-cekaja.com

Meski hanya sebuah ruangan kecil, siapa bilang kamu tidak bisa meletakkan sofa. Coba contek gambar di bawah ini.

4

Gunakan sofa bed yang bisa berfungsi sebagai sofa sekaligus tempat tidur. Saat siang bisa dilipat menjadi sofa, dan saat malam cukup dibuka dan dipasang seprai dan jadilah tempat tidur.

foto: dailymail.co.uk
foto: dailymail.co.uk

Keberadaan lemari bisa membuat apartemen studio terasa terlalu penuh dengan perabotan. Kenapa tidak membuat laci untuk menyimpan baju seperti berikut? (Baca juga: Berencana jadi Driver Taksi Online? Baca Artikel Ini Dulu Sebelum Memutuskan)

foto: dailymail.co.uk
foto: dailymail.co.uk

Ingin punya rumah sendiri? Wujudkan impianmu dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Ajukan sekarang juga di sini

 

 

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami