Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Sukses Jualan di Instagram

by Miftahul Khoer on 22 Oktober, 2018

Tren aktivitas belanja di tengah masyarakat sudah mulai bergeser dari konvensional menjadi belanja online. Wajar jika Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat belanja online terbesar. Instagram pun saat ini menjadi salah satu media “jualan” yang banyak dipakai. Nah, simak tips sukses jualan di Instagram.

Tahun lalu, Google & Temasek mencatat pembelian produk melalui e-commerce di Indonesia mencapai 10,9 miliar dolar AS atau naik drastis dibandingkan pada 2015 yang mencapai 5,5 miliar dolar AS.

Perubahan pola belanja secara konvensional menjadi belanja online semakin banyak diminati masyarakat seiring hadirnya marketplace hingga media sosial yang digunakan untuk berbisnis.

Salah satu media sosial yang kerap dijadikan medium bisnis adalah Instagram. Dengan fitur yang mudah untuk mengunggah foto atau video produk, Instagram menjadi pilihan favorit banyak orang untuk berbelanja.

Nah, bagi Anda yang ingin sukses berbisnis online, berikut beberapa kiat jitu agar jualan Anda banyak dilirik banyak orang. Yuk cek!

(Baca juga: Laris Manis, Ini 5 Bisnis Fashion Wanita yang Paling Diminati)
Unggah konten menarik

Instagram merupakan platform untuk berbagi foto dan video. Ini bisa Anda manfaatkan untuk jualan produk. Caranya cukup mudah. Anda bisa unggah foto atau video yang menarik, bagus dan berkualitas agar bisa membuat calon pembeli tertarik dengan produk Anda.

Tentu Anda tak bisa seenaknya mengunggah foto atau video produk Anda. Ada cara-cara tersendiri bagaimana mengambil foto atau video agar hasilnya bagus untuk diunggah di Instagram Anda.

Ibaratnya, foto atau video yang bagus akan banyak dilihat orang. Paling tidak calon pembeli menilai bahwa Anda berbisnis secara serius dengan memperhatikan konten yang Anda unggah.

Ibarat sebuah etalase, Anda harus sebisa mungkin memajang produk yang Anda jual serapi dan semenarik mungkin. Kalau Anda menyimpan barang dagangan di etalase secara berantakan, orang akan malas juga membelinya.

Begitupun dengan feed Instagram. Semakin menarik Anda unggah konten yang bagus, semakin banyak peluang orang akan mengunjungi akun Instagram Anda. Dan peluang produk Anda dibeli juga cukup besar.

Caption unik dan kreatif

Salah satu kunci sukses jualan produk di Instagram adalah sebisa mungkin Anda membuat caption sebuah unggahan secara unik dan kreatif.

Mengunggah konten produk dengan caption yang datar dan biasa-biasa saja akan membuat calon pembeli tidak tertarik dengan barang jualan Anda.

Namun, coba Anda buat sebuah unggahan produk dengan caption yang membuat pelanggan penasaran, atau bertanya-tanya tentang produk Anda, niscaya produk Anda akan banyak diburu.

(Baca juga: 5 Bisnis Franchise Minuman Hits yang Keuntungannya Menggiurkan)
Interaktif dengan pelanggan

Banyak orang yang jualan di Instagram tidak berinteraksi dengan pelanggan. Misalnya, ketika mereka mengunggah produknya, mereka tidak membalas komentar-komentar pelanggan yang menanyakan terkait produk yang dijualnya.

Baiknya, Anda selaku penjual harus berinteraksi agar pelanggan merasa komunikasi dengan Anda tetap terjaga. Kalau pun Anda tidak mungkin membalas semua komentar, paling tidak Anda bisa ‘like’ komen-komen pelanggan.

Satu hal yang penting, ketika ada keluhan yang disampaikan pelanggan baik di kolom komentar maupun melalui pesan direct message, maka sebisa mungkin Anda harus membalasnya dengan bahasa yang baik.

Jangan pernah, Anda malah balik emosi ketika banyak keluhan disampaikan pelanggan. Sebaliknya, Anda harus menyampaikan permintaan maaf dengan bahasa halus. Kalau memungkinkan Anda bisa memberikan produk gratis sebagai tanda permintaan maaf kepada pelanggan.

Cara ini juga banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar kepada pelanggan yang komplain. Jika Anda melakukan cara ini, bukan tidak mungkin pelanggan yang komplain bisa terus berlangganan.

(Baca juga: Kiat-kiat Investasi Reksa Dana untuk Pemula)
Harga kompetitif

Ingin bisnis yang sukses di Instagram tentu harus memperhatikan harga yang dijual. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk membandingkan harga dengan yang lain.

Misalnya, Anda berencana menjual sepatu di Instagram. Maka Anda bisa cari tahu dahulu produk sepatu yang Anda jual ada di pasaran harga berapa.

Jangan sampai Anda menjual terlalu mahal atau terlalu murah. Jika Anda jual terlalu mahal maka akan menyulitkan Anda mendapat pelanggan. Jika terlalu murah, Anda juga akan banyak dikomplain oleh pelaku usaha lain. Selain itu, Anda akan mendapat untung yang kecil.

Namun, Anda bisa menyiasati untuk menawarkan harga yang sedikit lebih rendah dari harga pasaran. Dan pastikan meski harga lebih murah tapi produk yang dijual tidak murahan.

Promo, diskon dan hadiah

Kiat agar jualan Anda di Instagram semakin sukses, Anda bisa memberikan harga promosi ketika bisnis Anda pertama kali buka. Harga promo ini bisa dilakukan untuk waktu tertentu, misalnya dalam waktu seminggu setelah bisnis Anda launching.

Selain itu, Anda bisa memberikan voucher diskon kepada para pelanggan untuk menarik minat mereka membeli produk yang Anda jual.

Selain itu, Anda juga bisa bikin give away atau hadiah menarik di Instagram. Cara yang banyak biasa dilakukan misalnya ajak pelanggan Anda mengulas salah satu produk Anda di kolom komentar Instagram bisnis Anda.

Pilih ulasan terbaik dari pelanggan sebagai pemenang dan umumkan di Instagram. Jika cara ini dilakukan, maka akan semakin meningkatkan branding produk jualan Anda.

(Baca juga: 5 Hal Penting Ini Harus Anda Miliki di Usia 30)
Permudah cara pembayaran

Kiat lain yang bisa Anda lakukan agar jualan di Instagram Anda berhasil adalah dengan mempermudah cara pembayaran.

Saat ini sistem pembayaran melalui transfer semakin banyak dilakukan. Hanya saja, masih banyak pelaku usaha yang mencantumkan satu nomor rekening.

Padahal pelanggan bisanya ingin membayar dengan mentransfer kepada rekening yang sama. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda memiliki rekening yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Nah, itulah beberapa kiat jitu agar jualan Anda di Instagram Anda sukses dan mendapat untung. Di Indonesia setidaknya terdapat 53 juta pengguna Instagram yang aktif. Angka ini bisa dijadikan referensi dan modal yang ketika Anda terjun di bisnis online terutama Instagram.

Bagi Anda yang punya rencana bisnis tapi masih terhambat permodalan, Anda bisa akses CekAja.com untuk mendapat panduan finansial profesional. Yuk cek.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami