Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Daftar Universitas Terbaik Jurusan IT di Jakarta Terakreditasi A

by Vera Khairifah on 2 Juli, 2020

Siapapun pasti ingin berkuliah di universitas berkualitas. Makanya, akreditasi jurusan menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih universitas. Untuk kamu yang ingin masuk ke Jurusan IT, berikut ini daftar universitas terbaik Jurusan IT di Jakarta.

Daftar Universitas Terbaik Jurusan IT di Jakarta Terakreditasi A

Mengenal Jurusan IT

Sebelum masuk ke daftar universitas terbaik Jurusan IT di Jakarta, mari kita ulas lebih lanjut mengenai Jurusan IT atau yang dikenal dengan Jurusan Teknik Informatika.

Jurusan ini mempelajari prinsip ilmu komputer, analisa matematika, serta logika dalam pengembangan, pembuatan desain, pengujian, serta mengevaluasi perangkat lunak dan sistem operasi computer maupun aplikasi.

Jurusan IT sangat cocok untuk mahasiswa yang memiliki ketertarikan pada dunia informasi teknologi, serta memahami logika dan matematika. Sebab, pembelajaran ilmu IT akan menghabiskan banya waktu dalam pemrograman yang berkaitan dengan algoritma (gabungan dari matematika dan logika).

Di era globalisasi, seluruh kegiatan industri melibatkan teknologi. Tak heran jika lulusan Jurusan IT banyak dicari berbagai perusahaan. Meskipun ketersediaan lowongan kerja cukup banyak, kisaran gaji untuk posisi pekerjaan yang melibatkan lulusan Jurusan IT masih terbilang tinggi, meskipun pada jabatan dasar.

Inilah yang membuat banyak calon mahasiswa tertarik untuk memilih jurusan yang satu ini.

(Baca Juga: 5 Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika)
Indikator Penilaian Kualitas Universitas

Jakarta sebagai Ibu Kota terbilang maju dalam berbagai hal. Salah satunya sebagai tempat perusahaan-perusahaan dalam dan luar negeri mengembangkan usahanya. Karir pekerjaan Jurusan IT di sini  pun cukup baik.

Selain itu, pertumbuhan universitas di Jakarta lebih beragam dan dipercaya sebagai salah satu yang terbaik kualitasnya. Maka dari itu, sebagian calon mahasiswa memilih untuk berkuliah di universitas terbaik jurusan IT di Jakarta.

Lalu, bagaimana sih cara menilai dan indikator penilaian kualitas sebuah universitas beserta segala jurusan di dalamnya? Di Indonesia, ada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang berwenang untuk memberi akreditasi pada sebuah univeristas maupun jurusan di dalamnya.

BAN PT ditunjuk langsung oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk memberi penilaian berupa akreditasi guna meningkatkan mutu pendidikan.

Akreditasi jurusan di sebuah universitas didasari oleh beberapa kriteria penilaian. Berdasarkan PerBAN No 4 Tahun 2017 tentang Instrumen Akreditasi, penilaian akreditas mencakup aspek kondisi, kinerja, dan pencapaian mutu akademik dan non-akademik jurusan tersebut.

Singkatnya, hal-hal yang dinilai BAN PT sebelum memberi akreditas jurusan adalah sebagai berikut:

  • Mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola. Meliputi visi-misi, kepemimpinan, tata pemon, manajemen sumber daya, dan lain sebagainya.
  • Kualitas lulusan, produk ilmiah, dan kemanfaatan bagi masyarakat.
  • Proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan suasana akademik.
  • Kualitas dosen dan tenaga kependidikan, kualitas mahasiswa, kurikulum, sarana prasarana, dan pembiayaan serta pendanaan keuangan.
Universitas Terbaik Jurusan IT di Jakarta

Berikut daftar universitas terbaik Jurusan IT di Jakarta yang memiliki akreditasi A oleh BAN PT.

1. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara - Daftar Universitas Terbaik Jurusan IT di Jakarta Terakreditasi A

Kualitas jurusan IT universitas yang juga dikenal dengan nama Binus ini memang sangat baik. Sebab sejak awal universitas ini didirikan, jurusan andalannya adalah seputar ilmu komputer dan IT.

Lulusan universitas terbaik Jurusan IT di Jakarta Barat ini banyak yang bekerja di perusahaan multinasional dan menjadi ahli di bidangnya.

Sedangkan untuk  lulusan Binus yang menempati jabatan prestige, nama-nama seperti Herbet Ang (Presdir ACER Indonesia), Jessica Handojo (Software Engineer Google Tokyo), dan William Tanuwijaya (CEO Tokopedia) tentu sudah tak asing lagi di telinga pelaku industri IT.

2. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul - Daftar Universitas Terbaik Jurusan IT di Jakarta Terakreditasi A

Universitas terbaik Jurusan IT di Jakarta selanjutnya adalah Universitas Esa Unggul (UEU) yang juga berlokasi di Jakarta Barat. Universitas ini sudah ada sejak tahun 1986.

Bidang pekerjaan IT menjadi salah satu industri yang banyak dipilih lulusan UEU dalam membangun karirnya. Tak heran jika Jurusan IT di UEU menjadi jurusan terfavorit nomor dua setelah Jurusan Akuntansi UEU.

Biaya kuliah per semester di UEU berkisar antara Rp7 juta sampai Rp11 juta. Namun, setiap tahunnya UEU sellau membuka beasiswa untuk calon mahasiswa yang berprestasi. Baik prestasi dari bidang akademik maupun non-akademik.

(Baca Juga: Universitas Terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta)
3. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana - Daftar Universitas Terbaik Jurusan IT di Jakarta Terakreditasi A

Universitas Mercu Buana yang diresmikan berdiri pada tahun 1985 awalnya hanya memiliki Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi saja. Namun seiring berjalannya waktu, peningkatan kualitas setiap jurusan semakin dikembangkan.

Akreditasi A untuk Jurusan IT sendiri baru dikantongi oleh Universitas Mercu Buana sejak tahun 2018 lalu. Selain kelas regular, Jurusan IT di Universitas Mercu Buana juga bisa kamu ambil dengan program kelas karyawan.

4. Universitas Pancasila

Universitas Pancasila - Daftar Universitas Terbaik Jurusan IT di Jakarta Terakreditasi A

Universitas terbaik Jurusan IT di Jakarta dengan akreditasi A yang terakhir adalah Universitas Pancasila. Kampus ini terletak di daerah Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Universitas Pancasila merupakan salah satu universitas swasta tertua di Jakarta, karena sudah berdiri sejak tahun 1966.

Biaya per semester Jurusan IT di kampus ini dipatok Rp14 juta-an untuk dua tahun pertama masa kuliah, dan Rp7 juta-an per semester untuk tahun berikutnya.

Itulah keempat universitas terbaik Jurusan IT di Jakarta. Memang tidak banyak yang memiliki akreditasi A, makanya tak heran jika banyak calon mahasiswa yang ingin masuk ke universitas ini.

Kualitas terbaik jurusan IT didominasi oleh universitas swasta. Sebab perguruan tinggi negeri memang tidak memiliki jurusan tersebut, atau hanya meraih akreditasi B.

Jadi, sudah siap lanjut kuliah di universitas terbaik incaranmu? Menggapai impian untuk berkuliah di mana saja kini makin mudah diraih dengan mengajukan dana pinjaman dari Kredit Tanpa Agunan (KTA).

CekAja.com dapat membantumu membandingkan berbagai produk KTA cicilan ringan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Proses pengajuannya juga dimudahkan dengan sistem online. Syaratnya pun gampang, dan yang pasti tak perlu menjaminkan aset apapun.

Yuk, ajukan KTA terbaik untukmu sekarang juga hanya melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast