Universitas Terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta

5 min membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Jadi rebutan para lulusan SMA sederajat, jurusan Desain Komunikasi Visual juga, jadi salah satu jurusan favorit. Ada banyak universitas yang menyediakan jurusan tersebut, terutama di Jakarta. Adapun universitas terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta ini, perlu kamu ketahui sebelum mendaftarkan diri sebagai mahasiswa. 

universitas terbaik untuk desain komunikasi visual di jakarta

Namun, apa kamu sendiri tahu jurusan Desain Komunikasi Visual ini, belajar tentang apa, bagaimana prospek kerjanya, dan apa saja keahlian yang akan kamu dapatkan? Nah, sebelum membahas terkait universitas terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta, lebih baik ketahui sekilas informasinya terlebih dahulu berikut ini.

Apa Itu Desain Komunikasi Visual?

Secara umum, Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah sebuah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik, dan media, dengan memanfaatkan elemen-elemen visual maupun rupa. Adapun teknik tersebut digunakan untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu.

Di sini, tujuannya adalah berupa tujuan informasi dan persuasi, untuk bisa mempengaruhi perilaku seseorang. Nah, bagaimana untuk keahlian yang akan didapat dari seorang lulusan Desain Komunikasi Visual?

Sangat menarik untuk dipahami, karena seorang sarjana Desain Komunikasi Visual, akan memiliki keahlian atau bisa mengolah sebuah pesan secara efektif, informatif, dan komunikatif. 

Seorang sarjana Desain Komunikasi Visual juga bisa mengembangkan bentuk bahasa visual lewat gambar, pesan (bermain kata), yang biasa digunakan untuk tujuan sosial maupun komersial. 

Bentuk informasi yang kreatif dan inovatif, akan lebih mudah diterima khalayak. Sehingga pesan tersampaikan dengan baik pada sasaran. 

(Baca Juga: SMA Swasta Terbaik di Bogor)

Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual

Adapun prospek kerja dari lulusan Desain Komunikasi Visual sangat banyak dan luas. Mulai dari label produk/makanan, desain logo yang mencitrakan sebuah perusahaan/lembaga (branding), desain grafis, agensi pembuatan iklan di media massa, dan lain-lain. 

Maka dari itu juga, ketika mahasiswa Desain Komunikasi Visual telah mendapatkan pelajaran mendasar di semester awal, di semester enam, mereka akan dijuruskan pada tiga jalur minat program studi. Hal ini juga bisa mencakup, ke bidang pekerjaan apa yang akan kamu tekuni. 

Adapun tiga jalur minat tersebut di antaranya adalah:

  • Komunikasi Grafis
  • Komunikasi Visual Periklanan
  • Komunikasi Multimedia

Pantas saja jurusan ini sangat diminati calon mahasiswa masa kini. Pasalnya prospek kerja jurusan Desain Komunikasi Visual sangat luas, dan bisa dibilang kekinian. 

Bagaimana? Setelah mengetahui informasi terkait jurusan Desain Komunikasi Visual, kamu jadi pengin pilih jurusan ini bukan? Tapi, untuk bisa menjadi salah satu lulusan terbaik, kamu juga jangan sampai salah pilih universitas. 

Universitas Terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta

Daripada salah pilih, mendingan intip deretan universitas terbaik untuk jurusan Desain Komunikasi Visual, yang ada di Jakarta, berikut ini:

1. Trisakti

Trisakti - Universitas Terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta

Universitas terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta yang pertama adalah Trisakti. Meski swasta, Trisakti memiliki kualitas yang tak kalah bagus dari kampus negeri. 

Bahkan, Desain Komunikasi Visual Trisakti sudah mendapatkan predikat sebagai “Indonesia Best School of Visual Communication design, A Accreditation Category” dari Mix Marketing Communication Magazine yang pernah didapatkan berturut-turut pada tahun 2013, 2014, dan 2015. 

DKV Trisakti juga memiliki dua pembagian jalur minat program studinya, yakni Desain Grafis, dan Multimedia. Lokasi kampusnya juga sangat strategis, karena dekat dengan jalan utama, yakni di Jl. Kyai Tapa No.1 Rw 16, Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

2. Bina Nusantara

Bina Nusantara - Universitas Terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta

Selain Trisakti, Bina Nusantara (Binus) juga termasuk dalam universitas terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta. Kampus swasta yang terkenal dengan jurusan tekniknya ini, juga memiliki jurusan DKV yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT. 

Selain itu, jurusan DKV Binus juga mengusung nilai-nilai lokal berbasis teknologi komunikasi, yang mampu menciptakan karya seni visual. Di mana karya seni tersebut mampu berkontribusi dengan berbagai industri kreatif, masyarakat, dan Indonesia. 

Untuk jalur minat program studinya, tersedia dua peminatan di DKV Binus, di antaranya adalah New Media dan Creative Advertising. Lokasi kampus DKV Binus sendiri adalah di Jl. K. H. Syahdan, No.9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta.

3. Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara - Universitas Terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta

Universitas Multimedia Nusantara atau biasa disingkat UMN ini, juga masuk dalam daftar universitas terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta. Kampus yang terletak di perbatasan Jakarta-Tangerang ini, sangat cocok untuk dijadikan pilihan, buat kamu yang ingin mengasah kreativitasmu. 

Untuk peminatan atau konsentrasi program studi di DKV UMN, terdapat dua peminatan yakni Visual Brand Design, yang memfokuskan pada pemikiran konseptual di bidang informasi dan komunikasi teknologi, serta brand design. 

Sedangkan Interaction Design, lebih fokus di desain interaksi meliputi game dan media interaktivitas screen (digital) 2D dan 3D, maupun non-screen (konvensional). 

Untuk alamat UMN sendiri adalah di Jl. Scientia Boulevard, Gading, Kec. Serpong, Tangerang.

4. Institute Kesenian Jakarta

Institute Kesenian Jakarta - Universitas Terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta

Universitas terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta yang sudah terkenal dari dulu adalah Institute Kesenian Jakarta (IKJ). Jurusan DKV di IKJ ini dibuat agar para lulusan bisa menjadi profesional dalam bidang desain grafis, ilustrator atau spesialis multimedia. 

Adapun program DKV di IKJ ini menawarkan tiga peminatan, yakni peminatan Desain Grafis yang memfokuskan dalam menjelajah proses kreatif, teori komunikasi, dan desain. Para lulusan juga diharapkan bisa merancang dan mengelola proyek desain yang rumit.

Lalu ada peminatan Desain Ilustrator, yang memfokuskan pada eksplorasi, pengembangan, hingga eksperimen dengan teknologi pencitraan digital, yang mencerminkan keragaman praktik kontemporer.

Peminatan yang terakhir adalah Desain Multimedia, dimana para lulusan diharapkan bisa memiliki keterampilan untuk menjadi profesional multimedia melalui proses belajar yang lengkap. Mulai dari belajar prinsip multimedia, proses perencanaan, cara menganalisis dan menyusun konsep multimedia, sebagai komunikasi visual. Selanjutnya dilakukan proses produksi dalam bentuk media elektronik.  

Untuk lokasi, IKJ juga termasuk strategis, yakni di Komplek Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No.73, Rt/Rw 8/2, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

(Baca Juga: SMP Swasta Terbaik di Bandung dan Rincian Biaya Masuknya)

5. Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara - Universitas Terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta

Selanjutnya, ada universitas Tarumanagara (Untar) yang menjadi universitas terbaik untuk Desain Komunikasi Visual. DKV Untar juga telah terakreditasi A, oleh pemerintah melalui BAN-PT.

Di program studi ini, para mahasiswa juga diharapkan bisa terampil dalam memadukan elemen rupa, huruf, dan citra (image), sebagai bahasa visual melalui media berbasis teknologi digital, audio visual, maupun media cetak. 

Terlebih, prospek desain komunikasi visual saat ini sangat dibutuhkan, sehingga DKV Untar bisa melahirkan banyak lulusan ahli yang bisa membangun bidang tersebut di berbagai perusahaan dan lembaga. 

Untuk lokasi, DKV Untar terletak id Jl. Letjen S Parman, No.1, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi universitas terbaik untuk Desain Komunikasi Visual di Jakarta. Adapun beberapa rekomendasi tersebut merupakan golongan universitas ternama, sehingga untuk masalah biaya tentunya lebih tinggi. 

Namun, demi menggapai cita-cita, tidak ada salahnya bukan, memilih universitas terbaik meski mahal? Karena, untuk soal biaya, terlebih tabunganmu belum mencapai target, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya melalui pinjaman dana pendidikan untuk kuliah, di CekAja.com. 

Ada banyak pilihan produk pinjaman dana pendidikan untuk kuliah, yang bisa kamu pilih untuk membantumu membayar uang kuliah per semester. Pinjaman dana pendidikan kuliah yang tersedia di CekAja.com juga bisa dipinjam dan dicicil sesuai kebutuhan hingga kemampuan finansial mu.

Uang kuliah lancar, masa depan pun terjamin. Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman dana pendidikan untuk kuliah hanya di CekAja.com!