Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

8 Alasan Wisata Raja Ampat Papua Wajib Jadi Tujuan Liburan 2019

by lhmdi on 24 November, 2017

Raja Ampat Papua - CekAja.com

Keindahan Raja Ampat Papua tidak pernah habis dibicarakan. Sekumpulan pulau-pulau cantik di semenanjung Papua Barat ini dikenal sebagai surga dunia di Indonesia timur.

Beberapa pelancong memilih Raja Ampat sebagai tujuan wisata karena merupakan tempat menyelam terbaik di dunia. Demi mencapai tempat ini, setiap wisatawan membutuhkan waktu hingga delapan jam jika berangkat dari Jakarta.

Waktu tersebut masih ditambah dengan perjalanan menggunakan kapal feri menuju pulau Waiego yang nantinya akan menuju ke daerah Waisai, tempat ibu kota Raja Ampat. Perjalanan jauh ini nantinya akan terbayar jika sudah melihat pesona-pesona cantik yang dipaparkan oleh keindahan alam yang bisa dinikmati.

Meski begitu, wisata di Raja Ampat ini tidak hanya menawarkan keindahan pulau-pulau atau pantai-pantainya saja. Masih terdapat hal-hal menarik lainnya yang bisa kita temukan selama menjelajahi daerah ini.

Bagi yang belum pernah atau sedang bersiap-bersiap menelusuri wisata ini, bersiap-siap saja menemukan sisi lain dari keindahan yang bisa dirasakan.

Widget TRV Insurance

1. Melihat burung Cendrawasih menari

Tempatnya memiliki beberapa pulau cantik yang sudah dieksplorasi oleh para traveler. Di beberapa pulau ini terdapat beberapa desa wisata yang memang sengaja dibuat untuk memanjakan wisatawan.

Selain keindahan alam, beberapa wisatawan bisa menyaksikan burung-burung Cendrawasih menari untuk menikmati habitatnya. Cendrawasih yang menari ini merupakan burung jantan yang sedang mencoba menarik perhatian Cendrawasih betina.

Bagi wisatawan yang tidak ingin melewatkan momen untuk melihat Cendrawasih jantan menari-nari di beberapa desa wisata bisa langsung menunggunya dari jam 07.00 hingga 09.00 pagi atau menjelang sore hari diantara pukul 16.00 hingga pukul 17.00.

2. Menelisik catatan-catatan sejarah purba

Setiap tempat wisata pastinya memiliki catatan sejarah dari masa lalunya. Hal yang sama juga terjadi untuk wisata di kawasan Raja Ampat. Beberapa ulasan wisata banyak menceritakan bahwa ditemukan lukisan telapak di dalam gua karst di kampung harapan jaya pulau Misool.

Sisa-sisa sejarah masa lalu dapat kita lihat dan nikmati di perairan Teluk Kabul. Di tempat ini wisatawan bisa melihat sisa-sisa artefak berupa batu pensil. Gambar yang terdapat di alam gua tersebut terlihat seperti manusia, serta kapal laut dan binatang seperti cicak hingga kadal.

3. Mengenal 12 suku adat Raja Ampat

Menjelejahi setiap pulau memang tidak akan pernah selesai dalam waktu singkat. Begitu juga dengan suku adat Papua. Sebagai catatan pemerintah Provinsi Papua beberapa waktu lalu menampilkan profil raga suku ada di Papua, khususnya Raja Ampat Papua Barat.

Informasi yang diberikan oleh pemerintah Provinsi Papau menyebutkan terdapat beberapa suku seperti Wawiyai (Wauyai), Kawe, Laganyan, Ambel, Batanta, Tepin, Suku Fiat, Domu, Waili dan Butlih, Moi (Moi-Maya), Matbat, Misool, Biga, Biak.

Jadi, buat wisatawan yang memang benar-benar meluangkan waktunya untuk menikmati liburan di sini, jangan sia-siakan waktu untuk mempelajari berbagai macam suku-suku yang terdapat di setiap lokasi.

4. Mempelajari tradisi masyarakat Raja Ampat

Karena berada di lingkungan laut dan terdiri dari pulau-pulau, maka masyarakat yang sekitar berprofesi sebagai nelayan dengan menyelam atau menggunakan tombak.

Cara yang unik tentunya untuk menangkap ikan, dan sulit dilakukan oleh masyarakat awam, bahkan seseorang yang berprofesi sebagai nelayan. Jika kita berkunjung, cara unik yang berangkat dari kebiasan masyarakat ini tentunya bisa menjadi salah satu objek wisata tersendiri.

5. Mengenal kekayaan biota bawah laut

Setiap wisawatan yang datang ke Raja Ampat pastinya punya satu tujuan yang sama untuk menyelami keindahan bawah laut. Benar saja, karena di tempat ini terdapat sekitar 75% atau 540 spesies koral yang tersimpan di bawah laut dunia.

Jadi, sembari menyelam setiap pengunjung akan disuguhi pemandangan menarik dari terumbu-terumbu karang yang tersimpan di setiap kawasan laut. Hati-hati, jangan sampai dirusak!

6. Siapkan energi untuk menjelajahi pula tanpa penghuni

Gambaran umum dari setiap wisatawan yang sudah berkunjung ke tempat ini adalah menjelajahi setidaknya empat pulau besar yang terdapat di sekitar Raja Ampat. Yaitu Pulau Misool, Pulau Waigeo, Pulau Batanta, dan Pulau Salawati.

Namun, eksplorasi yang dilakukan oleh wisatawan bisa juga dilakukan ke ratusan pulau kecil dan cantik di sekitar tempat ini. Apalagi wisatawan yang gemar bertualang di pulau tidak berpenghuni.

Gugusan pulau Misool adalah salah satu destinasi favorit pulau tanpa penghuni. Karena di pulau ini ternyata masih terdapat 610 pulau kecil yang tidak dihuni oleh satu manusia pun, sehingga tentu saja membuat keindahan dan suasana alaminya masih tetap terjaga dengan baik hingga kini.

7. Danau penuh ubur-ubur di pulau Misool

Semakin bervariasinya keindahan laut di Indonesia, semakin indah pula pengalaman seorang wisatawan untuk menjelajahi keindahannya.

Apalagi jika sebelumnya ubur-ubur yang biasanya dikenal memiliki sengatan yang berbahaya bagi manusia yang menyentuhnya. Namun, semua itu akan berganti seketika kita wisatawan berkunjung ke pulau Misool.

Di pulau ini terdapat satu danau yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, yaitu danau Ubur-Ubur Lenmakana. Di danau ini terdapat ribuan ubur-ubur tidak beracun dan setiap wisatawan bisa berenang di sekitarnya tanpa harus khawatir tersengat racung.

Namun, jangan pula menyentuh ubur-ubur ini. Hal ini dikarenakan ubur-ubur tersebut tidak beracun, maka antibodi mereka untuk bersentuhan dengan manusian pun berkurang.

8. Menyantap cacing laut goreng

Tidak hanya keindahan alam yang terpancar dari pesona setiap tempat di Raja Ampat Papua. Setiap wisatawan pun bisa menikmati sajian kuliner berupa cacing laut yang digoreng dan memiliki rasa gurih.

Cacing-cacing laut ini biasanya ditemukan oleh nelayan sekitar dan kemudian disajikan bagi setiap wisatawan yang ingin mencoba kuliner khas masyarakat sekitar.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami